Kenapa Kulit Wajah Kering? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kenapa Kulit Wajah Kering Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Kenapa Kulit Wajah Kering? Pertanyaan semacam ini nampaknya sedang ramai diperbincangkan. Pasalnya, banyak orang yang sedang mengalami kondisi kulit kering pada wajahnya. Sebenarnya, hal ini sangat wajar terjadi. Sebab, iklim yang ada di Indonesia adalah tropis, dan cenderung memiliki cuaca yang panas. Apalagi saat ini kita sedang memasuki penghujung tahun dan masa pergantian musim.

Permasalahan kulit wajah kering sangat erat kaitannya dengan iklim dan pergantian musim. Namun sebenarnya, faktor penyebab keringnya wajah tidaklah hanya sebatas itu. Ada beberapa faktor lain yang membuat wajah kering menjadi semakin rentan terjadi.

Nah, pada artikel kali ini, klinik kecantikan Beautylogica akan berbagi tips dan informasi seputar masalah kulit kering. Mulai dari penyebabnya, cara pencegahannya, hingga bagaimana cara mengatasinya dengan tepat. Untuk itu, simak artikel ini hingga selesai, yaa!

Kenapa Kulit Wajah Kering? Apa Penyebabnya?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu faktor penyebab wajah kering adalah iklim dan cuaca. Namun, hal tersebut bukanlah satu-satunya faktor penyebab dari kulit kering. Pada dasarnya, keringnya wajah dapat terjadi karena lapisan terluar pada kulit tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Nah, berikut adalah beberapa faktor yang membuat wajah kondisinya menjadi kering:

  1. Terlalu Sering Mandi Air Hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat memang sangat menyenangkan dan membuat nyaman. Namun apabila terlalu sering atau terlalu lama, kebiasaan seperti ini dapat membuat kulit menjadi kering, lho! Sebab, air panas dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami pada kulit.

  1. Penggunaan Sabun yang Salah

Penggunaan sabun yang salah, menjadi salah satu faktor yang membuat wajah menjadi kering. Pasalnya, sabun mengandung bahan kimia yang jika tidak cocok, dapat menghilangkan kelembapan pada kulitmu. Bahkan jika dibiarkan, penggunaan sabun yang salah dapat membuat wajah menjadi rusak.

  1. Kekurangan Cairan

Kenapa kulit wajah kering? Salah satu jawabannya adalah tubuh yang kekurangan cairan. Tubuh manusia terdiri dari 60 – 70 persen cairan di dalamnya. Cairan dalam tubuh membantu setiap organ agar dapat berjalan dengan baik dan terjaga kesehatannya.

Kenapa Kulit Wajah Kering Dan Bagaimana Cara Mengatasinya dengan tepat Oleh sebab itu, sangat penting bagi kalian untuk mencukupi asupan cairan bagi tubuh. Jika tidak tercukupi, bukan tidak mungkin tubuhmu akan mengalami disfungsi organ dan permasalahan lainnya, salah satunya adalah kulit wajah kering.

  1. Penggunaan Obat-obatan

Penyebab lain mengapa wajah menjadi kering adalah karena penggunaan obat-obatan tertentu. Salah satu contohnya adalah ketika wajah sedang menggunakan obat untuk jerawat. Hal ini membuat lapisan kulit terluar menjadi terkelupas, dan akhirnya menjadi kering. Oleh sebab itu, konsultasi dengan dokter sangat dibutuhkan agar kesehatan kulitmu kembali seperti semula.

Bagaimana Cara Mencegah Kulit Wajah agar Tidak Kering?

Orang yang bertanya tentang kenapa kulit wajah kering mungkin akan sangat bingung dengan kondisi kulitnya. Hal ini wajar, sebab kulit yang kering akan sangat merusak penampilan. Upaya untuk mencegah wajah agar tidak kering sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu melakukan hal-hal yang simpel dan mudah untuk dilakukan. Berikut adalah tips-tipsnya:

  1. Gunakan Pelembab

Saat kamu beraktivitas di luar ruangan, usahakan untuk selalu memberi proteksi lebih pada kulit. Salah satu caranya adalah dengan memberi pelembab atau bisa juga dengan tabir surya. Hal ini sangat penting untuk mencegah kulit menjadi kering dan kusam.

  1. Hati-hati dalam Memilih Produk Perawatan

Keringnya wajah dapat terjadi karena penggunaan produk perawatan yang salah, misalnya seperti sabun, makeup, dll. Untuk itu, kenali jenis kulit dan kandungan di dalam produk yang ingin kamu gunakan. Hal ini penting untuk menjaga agar kulitmu tidak menjadi iritasi ataupun rusak karena produk tersebut. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter dan tanyakan kenapa kulit wajah kering terjadi pada kulitmu.

  1. Kurangi Kebiasaan Mandi Air Panas

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyebab wajah kering yang sering terjadi adalah karena terlalu sering mandi air panas. Untuk itu, sebisa mungkin kurangi kebiasaan tersebut, dan jika memang ingin mandi air panas, usahakan jangan terlalu lama.

Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering

Upaya untuk mengembalikan kelembapan wajah sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya seperti memanfaatkan bahan-bahan alami, dan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Kedua metode tersebut memiliki efek yang berbeda pada tiap orangnya. Ada yang dapat langsung memberikan hasil, ada pula yang kurang efektif.

Kenapa kulit wajah kering? Hal tersebut dapat terjadi karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Oleh sebab itu, pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter menjadi sebuah hal yang sangat penting. Berikut ini kamu akan rekomendasikan tentang salah satu jenis perawatan yang ada di Beautylogica Clinic. Perawatan ini sudah terbukti ampuh dalam memperbaiki wajah kering, dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Berikut adalah penjelasannya:

Oxy Infusion

Oxy Infusion adalah sebuah perawatan kulit yang dilakukan dengan menggunakan serum khusus dan alat oksigen bertekanan tinggi. Dalam tindakan prosedurnya, serum akan dioleskan pada wajah, lalu wajah akan ditembakkan dengan alat oksigen tadi. Proses ini dilakukan agar penyerapan serum dapat lebih maksimal masuk ke dalam kulit.

Dengan penyerapan serum yang maksimal, permasalahan wajah kering tentu akan lebih mudah teratasi. Pasalnya, wajah akan ternutrisi dengan serum yang dioleskan tadi. Selain untuk mengatasi wajah kering, perawatan ini juga sudah terbukti efektif mencerahkan wajah. Jadi bagi kamu yang heran tentang kenapa kulit wajah kering, kamu dapat melakukan perawatan ini untuk mengembalikan kondisi kesehatan wajahmu!

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *