Jerawat di Dagu

Jerawat di Dagu – Kemunculan jerawat menjadi salah satu momok yang paling menakutkan bagi wajah. Sebab, apabila jerawat muncul di saat yang tak tepat, permasalahan ini dapat sangat merusak penampilan, dan mood bagi penderitanya.

Salah satu area yang paling rentan mengalami jerawat adalah dagu. Bahkan, sangat banyak orang yang memiliki keluhan semacam ini. Oleh karena itu, kami akan membahas lebih lanjut seputar permasalahan jerawat di dagu. Mulai dari penyebab, cara pencegahan, hingga bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab Jerawat di Dagu

Jerawat yang muncul di dagu umumnya merupakan hasil dari fluktuasi hormon. Kondisi seperti ini, biasanya terjadi pada saat seseorang memasuki masa pubertas, ataupun memasuki siklus menstruasi.

Namun, permasalahan jerawat di bagian dagu, sebenarnya dapat dialami oleh siapa pun dan usia berapa pun. Sebab selain karena hormon, permasalahan ini juga dapat terjadi akibat minyak alami pada kulit.

Produksi minyak berlebih, dapat memicu terjadinya penumpukan kotoran dan bakteri pada pori-pori. Hal inilah yang membuat jerawat dapat muncul pada dagu.

Baca juga:

Adakah Langkah untuk Mencegahnya?

Jerawat di Dagu - Penyebab, Pencegahan, & Cara Mengatasi

Area dagu memang sangat rentan mengalami jerawat. Sebab selain karena fluktuasi hormon, area dagu juga sangat rentan terhadap penumpukan kotoran.

Lalu adakah cara mencegah munculnya jerawat di dagu? Menurut dokter kecantikan dari Beautylogica Clinic, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat di area dagu.

Berikut adalah beberapa tipsnya:

  • Cuci muka dua kali sehari, terutama setelah berkeringat, ataupun beraktivitas di luar ruangan.
  • Agar rambut tetap bersih, rutin keramas sebanyak dua kali seminggu.
  • Tata rambut agar tidak mengenai bagian-bagian wajah.
  • Hindari produk perawatan kulit yang dapat menyumbat pori-pori.
  • Hindari stres agar tak terjadi fluktuasi hormon.
  • Konsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi.
  • Gunakan tabir surya bebas minyak.
  • Hindari sentuhan ke area wajah (dagu) pada saat tangan kotor.
  • Jangan lupa membersihkan makeup setelah selesai beraktivitas.
  • Pastikan bantal dan seprai yang digunakan dalam kondisi bersih.

Beberapa tips di atas, dapat kamu lakukan untuk langkah-langkah pencegahan. Jika memang permasalahan ini sudah terlalu sering dan parah, konsultasi dengan dokter adalah solusi terbaik yang dapat dilakukan.

Bagaimana Cara untuk Mengatasinya?

Jerawat di Dagu - Penyebab, Pencegahan, dan Cara Mengatasi

Upaya untuk menghilangkan jerawat, sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun perlu diperhatikan, tidak semua perawatan dapat memberikan hasil yang sama pada setiap orang.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui jenis dan karakteristik kulitmu. Hal ini berguna untuk menentukan langkah penanganan yang tepat, dan dapat memberikan hasil secara optimal.

Tips Alami Mengatasi Jerawat di Dagu

Dalam kondisi ringan,  permasalahan ini sebenarnya juga dapat diatasi dengan beberapa cara alami. Namun, pastikan setiap langkah yang akan kamu terapkan benar. Hal ini berguna untuk keamanan proses perawatan, dan hasil dari perawatan yang nantinya akan kamu lakukan.

Berikut adalah beberapa tips alami dalam mengatasi jerawat di area dagu:

  • Mencuci Wajah

Rutin bersihkan wajah dengan memakai pembersih yang lembut. Fokuskan pada area garis rahang hingga menuju ke bagian dagu.

  • Gunakan Es Batu

Untuk mengurangi kemerahan dan meminimalisir rasa sakit, kompreslah area dagu yang berjerawat dengan es batu. Lapisi es batu dengan kain lembut, dan kompres kurang lebih selama lima menit.

  • Hindari Sentuhan pada Wajah

Salah satu penyebab dari jerawat di area dagu adalah kotoran. Oleh karena itu, hindari sentuhan atau gesekan pada area wajah, terutama pada saat tangan sedang kotor. Setidaknya, pastikan tanganmu bersih sebelum melakukan sentuhan pada wajah.

Baca juga:

Perawatan untuk Mengatasi Jerawat di Dagu

Treatment untuk Atasi Jerawat di Dagu

Apabila kasus jerawat lebih parah dan membandel, kamu butuh penanganan langsung oleh dokter kulit ataupun dokter estetika. Dengan begitu, dokter dapat melakukan pengecekan fisik terhadap area yang bermasalah, dan merekomendasikan jenis perawatan yang tepat.

Ada beberapa perawatan yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi ini, yaitu:

  1. Terapi Laser dan Cahaya

Untuk mendapatkan perawatan ini, kamu bisa berkunjung ke klinik kecantikan, dan ditangani langsung oleh dokter estetika. Kedua jenis perawatan ini, mampu mengatasi penyebab jerawat, sekaligus mengatasi permasalahan jerawat yang ada di dagu.

Di klinik kecantikan Beautylogica, perawatan ini bernama Laser Glowing Treatment dan Face Photorejuvenation. Kedua perawatan ini dilakukan dengan teknologi canggih, dan sangat minim terhadap efek samping.

Cara kerja dari kedua perawatan tersebut juga hampir mirip. Dengan teknologi yang digunakan, perawatan tersebut dapat menghantarkan energi, yang nantinya dapat diserap oleh sel-sel tubuh. Hal inilah yang dapat mengatasi permasalahan jerawat pada dagu.

  1. Chemical Peeling

Perawatan lain yang juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat di dagu adalah Chemical Peeling. Perawatan yang satu ini dilakukan dengan larutan kimia khusus, yang telah diformulasi untuk mengatasi berbagai permasalahan pada wajah.

Cara kerja dari perawatan ini adalah dengan mengangkat sel kulit mati, sehingga regenerasi kulit dapat menjadi lebih lancar. Larutan kimia ini juga dapat berguna untuk membersihkan bakter penyebab jerawat, yang sering muncul pada area-area wajah.

Di Beautylogica Clinic, perawatan ini dapat kamu temukan dengan nama Derma Peeling. Dalam satu kali sesi perawatan, Derma Peeling hanya membutuhkan waktu sekitar 30 – 45 menit. Untuk hasil optimal, perawatan peeling juga dapat dilakukan secara berkala.

Nah, sekian artikel seputar jerawat di dagu. Bagi kamu yang ingin berkonsultasi ataupun melakukan perawatan di atas, kamu bisa langsung berkunjung ke Beautylogica Clinic. Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.