Jenis Treatment yang Cocok untuk Remaja dengan Masalah Kulit Wajah Berjerawat

Jenis Treatment yang Cocok untuk Remaja

Jenis Treatment yang Cocok untuk RemajaKetika memasuki usia remaja, mungkin sebagian besar orang awalnya merasa kaget. Penyebabnya adalah banyak perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Pergantian dari masa anak-anak ke masa remaja ini memang banyak menuai perubahan. Dari tampilan fisik, hingga ke pola berpikir. Namun, salah satu yang paling menyebalkan adalah munculnya banyak jerawat pada kulit wajah.

Kemunculan jerawat pada kulit wajah ini, biasanya disebabkan oleh perubahan hormon ketika memasuki fase remaja. Hal ini memang alamiah dan sangat wajar terjadi. Perubahan hormon ini memang banyak berdampak pada fisik seorang remaja. Selain berjerawat, salah satu penyebab dari tumbuhnya payudara adalah juga karena hormon.

Bagi Anda yang sedang berada di fase ini, atau mungkin anak atau kenalan Anda, sebisa mungkin carilah cara untuk mengatasi permasalahan jerawat pada remaja ini. Karena jika tidak ditangani dengan benar, maka jerawat yang muncul pada remaja ini akan menimbulkan bekas luka hingga dewasa nanti. Maka dari itu, kenali jenis treatment yang cocok untuk remaja agar masalah yang sedang dialami dapat teratasi dengan mudah.

Apa Penyebab dari Jerawat pada Remaja

Pada masa pubertas, ada peningkatan hormon seks yang disebut androgen. Kelebihan hormon penyebab kelenjar minyak menjadi terlalu aktif, diperbesar, dan menghasilkan terlalu banyak minyak, atau sebum. Sebum berlebih membuat kulit tersumbat dan kemudian terinfeksi dan meradang yang memicu benjolan kecil dengan titik merah dan pusat putih. Selain hormonal, faktor eksternal seperti kosmetik atau handuk kotor juga bisa menjadi jerawat pemicu. Selain itu, stres dapat memicu jerawat. Itu sebabnya, jerawat biasanya muncul pada hari pertama sekolah atau selama ujian.

Apa Gejala umum dari Jerawat?

Gejala jerawat bervariasi tergantung pada kondisi kulit dan tingkat keparahan. Gejala dapat dilihat di daerah T-Zone yang biasanya berminyak seperti yang ada pada area wajah, daerah punggung, leher atau dada. Ketika gejala sudah terlihat, maka segera cari tahu jenis treatment yang cocok untuk remaja.

Gejala pada jerawat diantaranya adalah pori-pori tersumbat yang menciptakan munculnya jerawat, komedo, dan whiteheads. Gejala-gejala ini lebih mudah diobati daripada ketika sudah muncul benjolan merah, benjolan nanah, jerawat atau kista. Ternyata, munculnya jerawat juga dapat terjadi karena efek makanan yang kita konsumsi. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya jerawat yang muncul pada wajah:

  1. Konsumsi Susu yang Terlalu Banyak

penelitian telah menemukan hubungan antara susu dan tingkat keparahan jerawat pada remaja. Dua penelitian juga menemukan bahwa orang dewasa muda yang secara teratur mengkonsumsi susu atau es krim empat kali lebih mungkin untuk menderita jerawat. Namun, penelitian yang dilakukan sejauh ini belum berkualitas tinggi. Penelitian sampai saat ini telah difokuskan terutama pada remaja dan dewasa muda dan hanya menunjukkan korelasi antara susu dan jerawat, bukan hubungan sebab akibat. Tidak jelas bagaimana susu dapat berkontribusi untuk pembentukan jerawat, tetapi ada beberapa teori yang disajikan. Susu dikenal untuk meningkatkan kadar insulin, terlepas dari efeknya pada gula darah, yang dapat memperburuk tingkat keparahan jerawat. Susu sapi juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak IGF-1, yang telah dikaitkan dengan perkembangan jerawat. Ketika kira-kira sudah akan timbul jerawat segera cari tahu jenis treatment yang cocok untuk remaja agar masalah tersebut tidak berkelanjutan. Sementara ada spekulasi tentang mengapa minum susu dapat memperburuk jerawat, tidak jelas apakah susu memainkan peran langsung. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ada nomor tertentu atau jenis susu yang dapat memperburuk jerawat.

Jenis Treatment yang Cocok untuk Pubertas

  1. Makanan Cepat Saji

Jerawat berhubungan dengan makan makanan cepat saji yang kaya kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda dan milkshake, adalah jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko jerawat. Salah satu studi terhadap lebih dari 5.000 remaja Cina dan dewasa muda menemukan bahwa diet tinggi lemak dikaitkan dengan 43 persen peningkatan risiko jerawat. Makan makanan cepat saji secara teratur meningkatkan risiko sebesar 17 persen. Sebuah studi terpisah lebih dari 2300 orang Turki menemukan bahwa sering makan burger atau sosis dikaitkan dengan peningkatan 24 persen dalam risiko mengembangkan jerawat. Tidak jelas mengapa makan makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko mengembangkan jerawat, tetapi beberapa peneliti menyarankan bahwa hal itu dapat mempengaruhi ekspresi gen dan tingkat hormon alter dengan cara yang mempromosikan perkembangan jerawat. Namun, penting untuk dicatat bahwa sebagian besar penelitian tentang makanan cepat saji dan jerawat telah menggunakan data yang dilaporkan sendiri. Jenis penelitian menunjukkan hanya pola diet dan risiko jerawat dan tidak membuktikan bahwa makanan cepat saji menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan dan perlu mengetahui juga jenis treatment yang cocok untuk remaja untuk langkah antisipasi.

  1. Makanan Kaya Omega-6

Fatty Diet yang mengandung sejumlah besar asam lemak omega-6, telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat peradangan dan jerawat. Hal ini mungkin karena diet seperti ini banyak mengandung jagung dan minyak kedelai, yang kaya akan omega-6, dan beberapa makanan yang mengandung omega-3 lemak, seperti ikan dan kenari. Ketidakseimbangan omega-6 dan omega-3 itu mendorong tubuh untuk kondisi peradangan, yang dapat memperburuk tingkat keparahan jerawat. Sebaliknya, suplementasi dengan omega-3 asam lemak dapat mengurangi peradangan dan telah terbukti mengurangi tingkat keparahan jerawat. Sementara hubungan antara omega-6 dan jerawat menjanjikan, tidak ada percobaan terkontrol acak tentang topik ini, dan penelitian lebih lanjut diperlukan.

Jenis Treatment yang Cocok untuk Remaja di Klinik Kecantikan

Perawatan jerawat untuk remaja tidak bisa dilakukan sembarangan. Oleh karena itu, lakukanlah konsultasi dengan dokter yang memang ahli dalam menangani masalah ini. Tanyakan pada dokter tentang jenis treatment yang cocok untuk remaja agar tidak salah memilih jenis perawatan. Di klinik kecantikan Beautylogica sendiri, ada sebuah jenis perawatan yang sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan jerawat, yaitu Face PDT.

treatment menghilangkan jerawat

Apa itu Face PDT?

Face PDT adalah sebuah perawatan wajah yang menggunakan efek  energi panas dari pancaran alat medis khusus. Pada dasarnya, jenis perawatan ini bertujuan untuk meremajakan kulit dan mengurangi jerawat. Face PDT dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga dapat meminimalkan peradangan pada jerawat. Hal ini juga bisa membuat iritasi pada kulit menjadi berkurang.

Keuntungan dari Face PDT

  • Mengurangi jerawat, kemerahan, dan iritasi pada wajah
  • Membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga dapat meminimalkan peradangan pada jerawat yang timbul
  • Memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi garis-garis halus
  • Meremajakan kulit

Prosedur Kerja

Pada tahap awal, wajah pasien dibersihkan terlebih dahulu dan kemudian dokter akan memilih warna sinar laser PDT untuk disesuaikan dengan kebutuhan kulit pasien. Kemudian pasien diberikan pelembab wajah dan tabir surya secara merata. Dalam prosedur pengerjaannya, Face PDT hanya membutuhkan waktu 20-30 menit.

Amankan Jenis Perawatan ini?

Face PDT sangat aman untuk dilakukan. Namun perlu diketahui, dalam tiap prosedurnya harus ditangani oleh dokter yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Dokter juga biasanya akan menyarankan pasien untuk menggunakan pelembab dan sunblock secara merata. Hindari paparan sinar matahari secara langsung juga merupakan anjuran yang disarankan apabila Anda telah melakukan perawatan ini.

Waktu Pengulangan

Dalam melakukan perawatan ini, Anda biasanya akan disarankan untuk melakukan pengulangan treatment selama beberapa kali. Hal tersebut berguna untuk memaksimalkan cara mengobati jerawat yang sedang Anda lakukan. Normalnya, pengulangan akan dilakukan setelah satu minggu Anda melakukan perawatan pertama. Selamat mencoba jenis treatment yang cocok untuk remaja !

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *