Jenis-jenis Implan Hidung & Tips Aman Dalam Memilihnya

Jenis-jenis Implan Hidung

Jenis Implan Hidung – Operasi untuk memancungkan hidung kini kian familiar di telinga masyarakat. Pasalnya, sudah banyak orang yang melakukan jenis operasi ini. Mulai dari kalangan artis, pengusaha, atau bahkan para ibu rumah tangga.

Dalam bahasa medis, operasi implan hidung dikenal dengan nama Rhinoplasty. Operasi ini termasuk pada tindakan bedah plastik. Oleh sebab itu, tindakan prosedurnya hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Rhinoplasty dapat dilakukan dengan beragam jenis implan. Penggunaan implan pada saat Rhinoplasty, biasanya ditentukan oleh kebutuhan serta struktur hidung yang dimiliki oleh pasien. Nah, pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan menjelaskan tentang implan hidung, beserta dengan jenis-jenisnya. Untuk informasi lebih lanjut, mari simak pembahasannya berikut ini:

Jenis-jenis Implan Hidung

Operasi yang dilakukan pada area hidung, sebenarnya tersedia dalam berbagai pilihan. Misalnya seperti operasi memancungkan hidung, operasi mengecilkan cuping hidung, atau bahkan operasi meninggikan tulang hidung.

Penggunan implan hidung biasanya dilakukan untuk upaya memancungkan. Fungsi dari implan hidung sendiri adalah menciptakan kontur hidung yang lebih tinggi, sehingga membuat tulang hidung terlihat lebih mancung.

Dalam proses operasi ini, tindakan dapat dilakukan dengan beberapa jenis implan. Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang implan hidung beserta dengan jenis-jenisnya:

Implan untuk Memancungkan Hidung

Baca juga:

1. Implan Tulang Rawan

Jenis implan hidung yang pertama adalah implan yang diambil dari tulang rawan. Jenis implan ini merupakan salah satu implan yang paling sering digunakan. Pasalnya, penggunaan implan tulang rawan dapat meminimalisir efek alergi, serta reaksi penolakan dari dalam tubuh. Penggunaan tulang rawan juga banyak digemari karena dapat memberikan hasil operasi yang lebih natural.

Implan tulang rawan juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Implan Tulang Rawan Iga

Belakangan ini, implan hidung yang menggunakan tulang rawan pada bagian iga kian diminati. Sebab, penggunaan tulang rawan pada bagian iga, dinilai lebih natural dan baik untuk meninggikan tulang hidung.

Namun di samping hasilnya yang cukup baik, penggunaan jenis implan hidung ini memerlukan biaya yang cukup mahal. Selain itu, tindakan prosedurnya pun cukup rumit karena memerlukan operasi pengambilan tulang iga.

  • Implan Tulang Rawan Telinga

Penggunaan tulang rawan telinga pada operasi hidung sudah dilakukan sejak lama. Tulang rawan pada bagian telinga dipilih karena mudah dibentuk untuk menyesuaikan tinggi tulang hidung. Selain itu, implan ini juga dapat dikombinasikan dengan jenis-jenis implan lain.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh jenis implan ini adalah harganya yang tidak terlalu mahal. Selain itu, tindakan prosedurnya tidaklah serumit dengan menggunakan implan iga. Sebab, proses pengambilan tulang rawan telinga jauh lebih mudah apabila dibandingkan dengan tulang iga.

2. Implan Silikon

Jenis implan hidung berikutnya adalah implan silikon. Jenis implan ini juga menjadi salah satu yang paling banyak digunakan dalam operasi hidung. Selain itu, penggunaan jenis implan ini juga sudah dilakukan sejak lama.

Implan silikon memiliki tekstur yang lebih keras. Dengan tekstur tersebut, banyak yang mengeluhkan bahwa hasil operasi terlihat kurang natural. Selain itu, penggunaan implan jenis ini juga dapat meningkatkan risiko alergi, serta reaksi penolakan dari dalam tubuh.

Kelebihan dan Kekurangan Implan Hidung Menurut Jenisnya

Implan Hidung Silikon

Baca juga:

Penggunaan implan dalam operasi hidung memang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, bagi kalian yang ingin melakukan operasi hidung, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan dari tiap jenis implan tersebut.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan implan hidung menurut jenis-jenisnya:

Implan Tulang Rawan

Pada dasarnya, setiap jenis implan hidung memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk implan tulang rawan, salah satu kelebihannya adalah hasil operasi yang lebih natural. Jadi, bentuk hidung akan terlihat lebih alami, dan teksturnya pun mirip dengan tulang hidung asli. Selain itu, operasi dengan tulang rawan pun dianggap lebih aman. Sebab, tulang rawan akan lebih minim terhadap reaksi alergi.

Walaupun begitu, implan jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah prosedurnya cukup rumit, serta harganya yang cukup mahal. Selain itu, pemilihan implan ini juga membuat kalian perlu menjalani operasi dua kali. Pertama adalah proses pengambilan tulang rawan, dan yang kedua adalah proses penanaman implan.

Implan Hidung Silikon

Kelebihan dari implan silikon adalah lebih mudah dipasang dan dilepas ketika operasi dilakukan. Sebab, penggunaan silikon tidak memerlukan operasi pengambilan tulang sebagai implan. Jadi selain lebih efisien, pemilihan implan ini juga tidak membutuhkan waktu banyak ketika prosedur dilakukan.

Lalu untuk kekurangannya, jenis implan hidung ini memiliki tekstur yang lebih keras. Hal tersebut tentunya dapat membuat hidung terlihat kurang alami. Selain itu, penggunaan implan juga dapat menimbulkan risiko terhadap reaksi alergi dan penolakan dari dalam tubuh.

Tips Memilih Implan pada Saat Operasi Hidung

Pemilihan implan hidung tidaklah bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, implan hidung akan sangat memengaruhi hasil operasi. Selain itu, jenis implan hidung juga dapat memengaruhi reaksi tubuh. Oleh karena itu, pemilihan implan harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Agar implan yang digunakan dapat lebih aman, kalian harus melakukan konsultasi lebih mendalam dengan dokter terkait. Dengan berkonsultasi, dokter akan melakukan pengecekan fisik, dan menyesuaikan dengan struktur hidung yang kalian miliki.

Agar proses operasi berjalan lancar, kalian juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Jaga kondisi fisik dan mental, serta patuhi setiap anjuran yang diberikan oleh dokter. Satu hal yang tak kalah penting adalah pilihlah dokter dan klinik kecantikan yang kredibel. Dengan begitu, prosedur dan hasil operasi pasti lebih aman dan memberikan hasil yang memuaskan.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *