Bedah Plastik Payudara: Jenis, Prosedur, Hingga Risiko yang Ditimbulkan

Bedah Plastik Payudara dengan Dokter Spesialis Bedah Plastik

Jenis Bedah Plastik Payudara – Operasi payudara menjadi salah satu bedah plastik yang hangat diperbincangkan. Pasalnya, jenis bedah kosmetik ini telah banyak dilakukan oleh para public figure.

Pada beberapa tahun lalu, operasi payudara memang menimbulkan beberapa konflik. Bahkan hingga kini, tindakan bedah kosmetik ini pun masih dianggap tabu oleh beberapa kalangan.

Namun, dokter spesialis bedah plastik meyakinkan bahwa, operasi kosmetik adalah sebuah tindakan yang aman. Tujuan utama dari tindakan ini adalah untuk merekonstruksi bagian tubuh, agar bisa tampil dengan lebih percaya diri.

Mengenal Tentang Bedah Plastik Payudara

Di dalam dunia bedah kosmetik, operasi payudara terdiri dari berbagai jenis. Tujuannya pun berbeda-beda. Namun pada dasarnya, operasi payudara adalah sebuah upaya untuk memperbaiki penampilan payudara.

Khusus untuk operasi kosmetik, tentu hanya dokter spesialis bedah plastik yang diperbolehkan menangani hal ini. Kamu bisa melakukan operasi ini di rumah sakit ataupun klinik kecantikan tertentu, salah satunya adalah Beautylogica Clinic.

Jenis-jenis Bedah Plastik Payudara

Di Beautylogica Clinic, setidaknya ada dua jenis operasi payudara yang tersedia. Untuk mengetahui lebih jelas, simak ulasan berikut ini:

  1. Breast Augmentation with Implant (Operasi Memperbesar Payudara dengan Implan)

Operasi Memperbesar PayudaraBreast Augmentation adalah jenis bedah plastik payudara yang bertujuan untuk memperbesar ukuran dari payudara. Dalam upaya memperbesar ukuran payudara, bedah plastik ini dilakukan dengan menanam sebuah implan ke dalam jaringan payudara.

Prosedur ini hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik. Dalam tindakan prosedurnya, implan akan dimasukkan lewat sebuah sayatan yang berada di lipatan bawah payudara, ataupun bagian samping payudara. Hal ini bertujuan agar bekas luka operasi, tidak terlalu terlihat.

Jenis implan yang digunakan dalam prosedur Breast Augmentation, tersedia dalam berbagai macam pilihan. Umumya, yang membedakan antara implan satu dengan yang lainnya adalah bahan dasar pembuatannya. Menggunakan implan payudara juga tidak bisa dipilih dengan sembarangan. Agar lebih cocok dan aman untuk struktur tubuh, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter yang terkait.

Setelah proses penanaman implan selesai, luka sayatan akan dirapatkan kembali dengan cara dijahit. Dalam tahap ini, proses penjahitan akan sangat menentukan hasil perawatan. Pasalnya, jahitan yang tidak rapi akan membuat luka mudah terlihat. Untuk itu, sangat diperlukan dokter bedah plastik yang handal.

Baca juga: Breast Augmentation: Pengertian, Prosedur, dan Biaya yang Dibutuhkan

  1. Breast Augmentation with Fat Transfer (Operasi Memperbesar Payudara dengan Lemak)

Breast Augmentation Indonesia

Breast Augmentation dilakukan dengan cara mentransfer lemak ke dalam payudara. Jenis bedah plastik payudara ini sangat cocok dilakukan untuk wanita yang tidak ingin benda asing masuk ke dalam tubuhnya. Prosedur operasi ini, dapat membuat payudara menjadi lebih besar dengan cara perpindahan lemak. Operasi pembesaran payudara dengan perpindahan lemak, dapat memberi efek yang lebih natural dan aman untuk tubuh. 

Area yang biasanya dijadikan donor untuk prosedur ini adalah perut atau paha.  Pada tindakan prosedurnya, payudara akan dibuat sayatan dengan ukuran kecil. Sayatan ini berfungsi untuk jalur pemasukkan lemak nantinya. Sebelum melakukan tindakan prosedur, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, agar dilakukan pengecekan fisik secara lebih lanjut.

  1. Breast Reduction (Operasi Mengecilkan Payudara)

Breast Reduction Surgery IndonesiaBerbeda dengan kedua jenis operasi bedah payudara sebelumnya, Breast Reduction bertujuan untuk mengecilkan ukuran payudara. Operasi pengecilan payudara ini, sangat cocok dilakukan bagi mereka yang merasa ukuran payudaranya terlalu besar.

Prosedur dari Breast Reduction dilakukan dengan membuang jaringan berlebih pada payudara. Dengan pembuangan jaringan, payudara akan nampak lebih ideal, serta memiliki ukuran yang lebih enak untuk dipandang.

  1. Breast Lifting (Operasi Mengencangkan Payudara)

Breast Lift SurgerySeiring bertambahnya usia, payudara kendur menjadi salah satu masalah yang paling sering dialami oleh perempuan. Untuk itu, berbagai upaya pun dilakukan, salah satu caranya adalah dengan jenis bedah plastik payudara, yaitu Breast Lifting Surgery.

Pada prosedur ini, jaringan payudara berlebih akan dibuang, lalu payudara akan dibentuk kembali. Dengan melakukan prosedur ini, dokter akan mengangkat payudara agar terlihat lebih kencang. Setelah dirasa bentuk payudara sudah lebih kencang, maka proses selanjutnya adalah penjahitan.

  1. Areola Reduction (Operasi Mengecilkan Areola)

Jenis Bedah Plastik untuk Mengecilkan Lingkaran Hitam PayudaraAreola adalah area kehitaman yang mengitari puting payudara. Pada beberapa kasus, tidak jarang ditemukan bahwa wanita kurang percaya diri dengan ukuran payudarannya. Kebanyakan dari mereka mengeluh akan ukuran areola yang terlalu besar.

Keluhan semacam ini dapat diatasi dengan prosedur Areola Reduction. Jenis bedah plastik ini, dilakukan dengan cara membuat sayatan pada area areola, dan jaringan berlebih akan dibuang. Setelah dirasa cukup, lalu dokter akan merapatkan kembali dengan cara dijahit.

  1. Nipple Reduction (Operasi Mengecilkan Puting Payudara)

Jenis bedah plastik payudara untuk putingSalah satu keluhan yang sering dialami oleh wanita adalah ukuran putingnya yang terlalu besar. Tindakan operasi yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah Nipple Reduction. Pada tindakan prosedurnya, dokter akan membuat sayatan pada area puting dan sekitar areola. Setelah itu, jaringan berlebih pada puting akan dihilangkan. Pada proses terakhir, dokter akan merapatkan kembali area tersebut dengan cara dijahit. Dengan melakukan jenis bedah plastik payudara ini, kamu akan lebih percaya diri dengan ukuran puting yang kamu miliki.

Baca juga: Macam-macam Bentuk Payudara, & Tips Bra yang Cocok untuk Digunakan

Risiko dan Efek Samping Bedah Plastik Payudara

Setiap tindakan bedah, pasti memiliki risiko prosedur yang mungkin saja dapat terjadi, termasuk operasi pada area payudara. Bagi kamu yang ingin melakukan tindakan ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis risiko dan efek sampingnya. Berikut adalah beberapa risiko dan efek samping dari operasi payudara:

  • Kemerahan
  • Timbul rasa nyeri pada area tindakan
  • Implan rusak atau pecah
  • Sensasi berbeda pada puting
  • Pendarahan
  • Kegagalan prosedur
  • Bentuk payudara asimetris
  • Luka jahitan rusak atau terbuka

Sebagian besar risiko sebenarnya dapat dihindari jika prosedur dilakukan dengan benar. Untuk itu, pemilihan dokter serta klinik kecantikan sangatlah penting. Usahakan untuk memilih tempat yang benar-benar memiliki kredibilitas dan kualitas yang tinggi, agar setiap prosedur bisa dilakukan dengan aman, dan memberikan hasil yang maksimal.

Tips Memilih Klinik Kecantikan untuk Operasi Payudara

Untuk melakukan jenis bedah plastik payudara, kamu bisa berkunjung ke klinik kecantikan tertentu yang memang menyediakan jasa ini. Namun kamu tidak boleh sembarangan ketika memilih. Usahakan untuk lebih selektif, dan teliti sebelum memilih klinik kecantikan untuk operasi plastik.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum memilih klinik kecantikan untuk operasi payudara:

  • Lihat testimoni hasil operasi
  • Konsultasi secara mendalam dengan dokter
  • Perhatikan lokasi dan tempat praktik
  • Kenali dan ketahui hasil tindakan dokter
  • Perhatikan pelayanan di klinik tersebut

Dengan memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas, tentu akan membuatmu lebih aman ketika prosedur dilakukan. Selain itu, kamu juga harus memastikan tentang hasil before after prosedur pada klinik tersebut. Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk menanyakan hal ini.

Salah satu klinik kecantikan terbaik dan terlengkap yang bisa kamu kunjungi adalah Beautylogica Clinic. Di sini, kamu bisa mendapatkan pelayanan yang baik, serta dokter-dokter bedah plastik yang berpengalaman. Jadi, jenis bedah plastik payudara yang ingin kamu lakukan jadi lebih aman, dan hasilnya pun memuaskan.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *