Jangan Dianggap Sepele, ini Bahayanya Gigi Berlubang

Tidak banyak yang sadar, bahwa kesehatan gigi adalah hal yang sangat penting layaknya kesehatan bagian tubuh lainnya. Letaknya yang tidak terlihat langsung oleh mata bisa jadi salah satu sebab mengapa banyak yang tidak memperhatikan kesehatan gigi tersebut. Padahal jika dibiarkan terus menerus, kesehatan gigi yang tidak tampak penting akan menjadi sumber dari penyakit kronis yang membahayakan nyawa sendiri. Salah satu penyakit gigi yang hampir dimiliki semua orang tetapi sering diabaikan adalah gigi berlubang.

Gigi berlubang merupakan gigi yang berbentuk lubang berwarna hitam atau cokelat gelap yang berkembang pada permukaan gigi geraham belakang ataupun geraham lainnya yang bertugas mengunyah dan menggiling makanan. Nah jika lubang pada gigi ini tidak segera diatasi, ia dapat memicu infeksi jaringan tubuh yang bisa menyebar ke jaringan tubuh yang lainnya. Lalu apa saja bahaya yang akan didapatkan kalau kita mengabaikan kesehatan gigi yang kita miliki.

Gigi berlubang bisa menjadi sarang berkumpulnya bakteri dan menyebabkan abses

Gigi berlubang merupakan tempat yang sangat strategis bagi bakteri untuk berkumpul. Ketika bakteri sudah berkumpul akan menyebabkan infeksi yang bisa menyebar ke jaringan lunak dari pulp, mulut, atau rahang. Pembentukan abses atau yang lebih sering dikenal dengan kantung nanah biasanya terjadi di sekitar gusi atau gigi dan akan menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan.

Jika sudah parah, gusi juga bisa terkena dampaknya

Kalau kamu menganggap lubang yang ada di gigi itu tidak berdampak pada gusi kamu salah besar. Penyakit gusi atau dalam istilah medis dikenal dengan gingivitis ditandai dengan adanya rasa nyeri dan peradangan pada gusi dan dapat menyebar ke seluruh gusi. Gingivitis berdampak pada gusi tampak merah dan bengkak hingga berdarah ketika dipegang atau disikat.

Gigi yang berlubang ternyata juga dapat mempengaruhi struktur rahang lho

Ketika gigi berlubang dan diabaikan, infeksi yang dimiliki akan semakin meluas tidak hanya sebatas gigi saja namun bisa menyebar ke bagian gusi bahkan dapat memengaruhi tulang rahang. Mengapa dapat memengaruhi struktur rahang, karena jika ada gigi yang tercabut atau ompong yang disebabkan pembusukan dari gigi berlubang maka secara otomatis gigi lain akan bergeser dan berpengaruh pada struktur rahang.

Siapa sangka, gigi berlubang bisa jadi penyebab stroke

Hanya karena gigi berlubang tapi bisa menyebabkan kanker? Masa sih sampai sebegitunya?. Mungkin gigi berlubang terdengar penyakit ringan jika harus disandingkan dengan gigi berlubang. Faktanya banyak penelitian yang menginfokan bahwa orang-orang yang menderita penyakit gusi lebih rentan terkena penyakit stroke iskemik, yaitu sejenis stroke yang terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah ke area otak mengalami pembekuan. Karena bakteri yang ada di gigi berlubang bisa terbawa oleh air liur dan mengalir melalui darah.

Bakteri di gigi berlubang tidak hanya bahaya bagi mulut, tetapi juga bagi jantung

Tidak hanya penyakit stroke, penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh gigi yang berlubang. Beberapa penelitian juga menunjukkan jika penyakit periodontal (penyakit gigi dan gusi), berhubungan dengan penyakit jantung. Hal ini disebabkan, gusi yang terluka akibat gigi berlubang memicu bakteri dalam mulut memasuki aliran darah yang bisa menyebabkan infeksi di otot bagian dalam jantung (infective endocarditis). Infeksi tersebut membutuhkan pengobatan lebih lanjut dengan menggunakan antibiotik.

Nah jadi bagaimana? Apakah kamu masih ingin menyepelekan gigi berlubang yang kamu miliki. Coba cek lewat kaca apakah gigi geraham kamu ada warna hitamnya. Jika iya segera jadwalkan diri kamu untuk ke dokter gigi secepatnya. Di Beautylogica Clinic kamu juga bisa melakukan perawatan gigi lho, dengan dokter yang berkualitas dan juga sangat paham bagaimana menangani keluhan gigi kamu. Segera atur jadwal kunjungan kamu ke Beautylogica Clinic terdekat. Untuk lebih jelasnya kamu bisa kunjungi website Beautylogica Clinic di www.beautylogicaclinic.com atau instagram Beautylogica Clinic  di @beautylogica.clinic dan hotline Beautylogica Clinic di nomor 0819-0500-0000.

About admin