Ingin Menghilangkan Bulu di Tubuhmu? Kenali Metode dan Efek Sampingnya!

Silk Peel Murah di Jakarta Pusat Terbaik dan Aman

Memiliki kulit yang mulus tanpa bulu, tidak berbintik hitam, bebas dari kerutan menjadi idaman hampir seluruh wanita di dunia. Maka tidak heran jika saat ini sudah banyak sekali jenis perawatan yang ditawarkan untuk dapat mencapai kulit yang diinginkan. Sebelum itu juga sudah banyak cara yang dilakukan para wanita untuk mendapatkan kulit mulus tanpa bulu, dari cara tradisional hingga menggunakan teknologi terbaru. Yang jadi pertanyaan adalah metode mana yang memiliki tingkat kesakitan yang minimum, hasil yang maksimal, dan lamanya bulu akan kembali tumbuh. Di sini kita akan membahas semua metode penghilang bulu dan juga efek sampingnya.

Mencabut bulu menjadi metode pertama yang dilakukan saat belum ada teknologi atau alat apapun

Ketika manusia belum menemukan metode atau alat yang ampuh untuk menghilangkan bulu, kita menggunakan metode mencabut bulu sebagai metode andalan, bahkan sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakan metode yang satu ini. Pada saat menghilangkan bulu dengan cara mencabut umumnya dilakukan pada area-area tubuh seperti ketiak dan alis. Cara melakukannya dengan mencabut bulu satu persatu sampai akarnya menggunakan pinset.

Tingkat kesakitan metode ini bisa 3-5 tergantung seberapa sering kamu menggunakan metode ini, karena ada rasa menyengat saat kamu mencoba mencabut bulu sampai akarnya. Metode ini tidak semudah seperti kedengarannya, dibutuhkan teknik yang tepat untuk melakukan pencabutan bulu menggunakan pinset. Pasalnya, jika bulu Anda patah, maka bulu itu dapat tumbuh ke dalam kulit, menyebabkan in grown hair (bulu tumbuh ke dalam).  Untuk ketahanan cara ini untuk menghilangkan bulu diperkirakan 3-8 minggu, dan terbilang cukup lama. Untuk mengurangi risiko lain seperti terkena infeksi, ada baiknya bersihkan pinset dengan alkohol sebelum dan sesudah penggunaan.

Menggunakan alat cukur juga bisa menjadi pilihan, tapi seberapa baguskah hasilnya?

Jika kamu termasuk orang yang tidak bisa menahan sakit, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bulu dengan tingkat kesakitan hanya di level 1. Dan metode ini bisa dilakukan di bagian tubuh manapun yang kamu inginkan, dengan catatan kamu harus melakukannya denga teliti dan juga hati-hati. Hal ini dikarenakan metode mencukur merupakan salah satu cara menghilangkan bulu menggunakan alat cukur yang memiliki mata pisau. Alih-alih menghilangkan bulu, kulitmu juga bisa ikut tersayat karena kurang hati-hati.

Mencukur memiliki tata caranya tersendiri, yaitu dengan basahi kulit kamu terlebih dahulu dan gunakan sabun atau busa cukur dibagian yang ingin kamu hilangkan bulunya. Sebaiknya kamu mencukur mengikuti arah bulu tumbuh, dan jangan lupa ganti pisau cukurnya secara berkala guna menghindari infeksi karena karat di pisau cukur tersebut atau menghindari pisau cukur yang tumpul. Untuk ketahanannya sendiri mencukur bisa lebih cepat tumbuh bulu kembali jika dibandingkan dengan mencabutnya, karena pada saat kamu mencukur yang terpotong hanya bagian bulu halusnya saja dan tidak sampai akar.

Sama seperti saat mencabut bulu, mencukur rambut juga memiliki efek samping. Selain kamu bisa terluka jika tidak hati-hati, kamu juga bisa terkena infeksi apabila alat cukur yang kamu gunakan tidak steril bahkan sampai berkarat. Mencukur juga bisa menyebabkan bulu tumbuh ke dalam.

Saat ini ada krim penghilang bulu yang memudahkan proses menghilangkan bulu, adakah efek sampingnya bagi kulit?

Selain dengan cara mencabut atau mencukur, krim penghilang bulu juga bisa menjadi alternatif lain untuk menghilangkan bulu pada tubuh. Krim perontok bulu atau dalam dunia medis dikenal dengan depilatori menawarkan metode menghilangkan bulu tanpa alat ataupun rasa sakit. Cara kerja krim ini adalah dengan memecah struktur protein rambut, sehingga rambut bisa keluar dan terangkat dari kulit dengan mudah saat kamu menggosokkan krimnya ke kulit. Sayangnya penggunaan krim untuk menghilangkan bulu dapat berefek iritasi pada kulit jika didiamkan terlalu lama atau jika kulit kamu termasuk kulit yang sensitif. Untuk ketahanannya sendiri berkisar 1-2 minggu.

Waxing, meskipun sakit ternyata metode ini punya penggemarnya sendiri lho

Siapa yang tidak tau waxing, metode menghilangkan bulu yang satu ini sudah dikenal akan tingkat kesakitannya yang luar biasa. Karena cara kerja waxing ini menggunakan cairan lilin yang dibalurkan ke area yang bulunya ingin dihilangkan, kemudian cairan tersebut ditutupi dengan potongan kain. Saat cairan lilin tersebut sudah mengering, kain tersebut akan di tarik dengan cepat untuk bisa mencabut bulu yang ada di area tersebut.

Untuk bisa melakukan waxing, panjang bulu yang kamu miliki paling pendek sekitar 0,5 cm dan metode ini sangat tidak disarankan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Efek samping yang akan kamu rasakan ketika melakukan waxing adalah rasa sakit yang maksimal disertai kulit yang menjadi kemerahan. Efek samping yang paling parah adalah kamu bisa mengalami infeksi setelah melakukan metode waxing ini.

Semakin canggih teknologi dibidang kecantikan, saat ini ada yang namanya IPL (Intense Pulsed Light) untuk menghilangkan bulu!

Teknologi semakin berkembang, dan saat ini ada teknologi terbaru untuk menghilangkan bulu. Yaitu menggunakan laser atau IPL (Intense Pulsed Light). Cara kerja IPL yaitu dengan memanfaatkan cahaya lampu xenon dalam intensitas yang tinggi untuk meremajakan jaringan kulit. Pada terapi IPL Hair Removal, besar gelombang yang digunakan akan disesuaikan dengan kondisi kulit dan tergantung seberapa banyak area kulit yang akan diobati.

Dalam Journal of clinical and aesthetic dermatology mengemukakan bahwa terapi IPL hair removal mampu mencegah pertumbuhan bulu 70% hingga 90%. Untuk melakukan perawatan ini biasanya dilakukan lebih dari satu kali untuk dapat menghilangkan bulu secara permanen. Dan IPL sendiri termasuk metode penghilang bulu yang realif aman, namun penggunaan metode ini harus di bawah pengawasan dokter ahli.

Nah, dari semua penjelasan di atas tentunya ada plus dan minus untuk semua treatment Hair Removal, namun yang harus kamu pertimbangkan adalah seberapa besar efek samping yang kamu rasakan dan seberapa efektif treatment tersebut. di Beautylogica Clinic kamu bisa melakukan treatment Hair Removal dengan menggunakan teknologi IPL. Kunjungi website Beautylogica Clinic di www.beautylogicaclinic.com atau instagram Beautylogica Clinic di @beautyclinic.clinic. Kalau kamu ingin segera reservasi jadwal dengan dokter bisa langsung hubungi hotline Beautylogica Clinic di 0819-0500-0000.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *