Infus Vitamin C: Prosedur, Manfaat, & Biaya

Infus Vitamin C: Prosedur, Manfaat, & Biaya

Infus Vitamin C – Semenjak pandemi Covid-19 menyerang, sebagian besar masyarakat mulai peduli terhadap sistem kekebalan tubuh mereka. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh sangat memengaruhi kekuatan tubuh kita terhadap virus covid-19.

Saat sistem kekebalan atau imun tubuh kita kuat, maka risiko terjangkit virus akan menjadi semakin kecil. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas imun mereka.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Misalnya dengan rutin berjemur di pagi hari, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, serta melakukan olahraga secara rutin.

Cara-cara tersebut adalah metode yang paling dianjurkan karena penerapannya paling mudah, dan memiliki dampak yang cukup baik bagi tubuh. Namun, tahukah kalian bahwa ada cara lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan imun tubuh dengan lebih cepat?

Cara yang dimaksud adalah dengan melakukan infus Vitamin C. Nah, pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan berbagi informasi secara lengkap mengenai metode tersebut. Mulai dari prosedur, manfaat, hingga berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan infus vitamin. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak pembahasannya berikut ini:

Apa itu Infus Vitamin C?

Infus Vitamin C adalah sebuah metode pengobatan yang dilakukan dengan teknik intravena dengan memasukkan vitamin C ke dalam tubuh. Biasanya, metode pengobatan ini diberikan bagi orang yang kekurangan vitamin C, atau membutukan asupan vitamin C dalam jumlah yang besar.

Perlu kalian ketahui, tubuh manusia tidaklah bisa memproduksi vitamin C secara mendiri. Untuk itu, tubuh memerlukan asupan tambahan agar asupan vitamin C dapat terpenuhi. Ada beberapa bahan makanan yang dapat memenuhi asupan vitamin C dalam tubuh, misalnya seperti buah jeruk, mangga, nanas, bayam, brokoli, dan paprika.

Kapan Tubuh Memerlukan Infus Vitamin C?

Ada beberapa indikasi yang menandakan tubuh memerlukan infus vitamin c. Biasanya, hal ini terjadi akibat adanya gangguan medis. Beberapa kondisi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Gangguan terhadap daya tahan tubuh yang menyebabkan kerusakan di beberapa jaringan. Hal ini dikenal juga istilah defisiensi vitamin C.
  • Gangguan terhadap penyerapan zat besi. Jika dibiarkan, hal ini dapat memicu terjadinya kondisi anemia defisiensi besi.
  • Kondisi kelainan genetik yang menyebabkan terganggunya metabolisme asam amino tirosin. Hal ini biasanya ditandai dengan tingginya kadar tirosin dalam darah. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah

Jika kalian mengalami salah satu gejala dari kondisi di atas, infus vitamin sangatlah dianjurkan. Sebab jika dibiarkan terlalu lama, kondisi tersebut dapat menjadi semakin parah. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh.

Baca juga: 

Prosedur Infus Vitamin C

Prosedur suntik imun

Prosedur infus vitamin sebenarnya sama seperti metode infus pada umumnya. Ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh dokter atau perawat dalam melakukan pengobatan ini, yaitu:

  • Pemasangan tourniquet pada lengan atas. Pemasangan ini berfungsi untuk menekan dan menghentikan aliran darah, sehingga pembuluh darah menjadi semakin membesar.
  • Pembersihan area kulit dengan kapas dan alkohol.
  • Jarum infus akan dimasukkan ke dalam pembuluh darah.
  • Pelepasan tourniquet dan menyambungkan jarum ke selang infus yang berisi vitamin C.
  • Setelah cairan infus habis, area kulit yang disuntik akan ditekan menggunakan kapas beralkohol dan jarum sekaligus selang akan ditarik perlahan.
  • Area yang disuntik akan ditutup dengan menggunakan perban.

Tindakan prosedur dari infus vitamin biasanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Namun, estimasi tersebut juga dapat berubah. Sebab metode infus yang dilakukan, akan menyesuaikan kondisi tubuh pasien, serta jumlah dosis yang akan diberikan.

Manfaat Infus Vitamin C untuk Tubuh

Infus vitamin memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh. Itulah mengapa pengobatan ini banyak diminati oleh masyarakat. Selain karena prosedurnya cepat dan mudah, infus vitamin juga dapat memberikan manfaat yang cukup optimal.

Berikut adalah beberapa manfaat infus vitamin C bagi tubuh:

  • Meningkatkan imun tubuh.
  • Membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh.
  • Menghasilkan protein yang berguna untuk pembentukan otot, kulit, dan ligamen.
  • Memberikan nutrisi bagi tubuh agar terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Sebagai informasi tambahan, tubuh manusia dewasa memerlukan asupan vitamin C sebanyak 40 mg perhari. Jika asupan tersebut tidak terpenuhi, maka kinerja tubuh tidak akan berjalan dengan optimal. Untuk itu, bagi mereka yang kekurangan vitamin c sangat dianjurkan untuk melakukan pengobatan ini.

Tips Melakukan Infus Vitamin C

Agar prosedur infus vitamin berjalan lancar, calon pasien diharapkan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Dalam hal ini, ada beberapa tips yang bisa calon pasien terapkan agar infus vitamin aman, dan dapat memberi hasil yang optimal. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Cukupi atau perbanyak asupan cairan bagi tubuh.
  • Usahakan untuk makan sebelum melakukan prosedur infus.
  • Hentikan kebiasaan merokok.
  • Rutin berolahraga.
  • Batasi minuman yang mengandung alkohol.
  • Perbanyak asupan buah dan sayuran untuk tubuh.

Bagi kalian yang ingin melakukan prosedur infus, sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan berlengan pendek. Hal ini berguna untuk memudahkan dokter atau perawat dalam melakukan tindakan prosedur infus. Selain itu, agar prosedur lebih aman, pilihlah tempat yang terpercaya untuk melakukan infus vitamin.

Baca juga: 

Kontraindikasi Infus Vitamin C

Risiko infus vitamin C

Infus vitamin memang sangat aman bagi tubuh. Namun ada beberapa kondisi di mana seseorang tidak diperbolehkan melakukan pengobatan ini, seperti:

  • Mengalami penyakit ginjal.
  • Memiliki riwayat defisiensi glukosa.
  • Memiliki kondisi
  • Sedang mengonsumsi obat atau suplemen tertentu. Misalnya seperti

Jika calon pasien sedang atau pernah mengalami beberapa kondisi di atas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani. Sebab, beberapa kondisi di atas dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi tubuh apabila infus vitamin C tetap dilakukan.

Risiko Infus Vitamin C

Walaupun dapat menyehatkan, infus vitamin juga dapat memberikan risiko dan efek samping bagi tubuh. Oleh sebab itu, prosedurnya harus dilakukan oleh orang yang tepat dan berpengalaman. Berikut adalah beberapa risiko yang dapat ditimbulkan dari prosedur infus vitamin:

  • Infeksi pada area suntikan.
  • Terjadi penggumpalan darah.
  • Kerusakan pembuluh darah.
  • Emboli atau kondisi udara yang memasuki pembuluh darah.

Beberapa risiko tersebut sangat mungkin untuk terjadi. Oleh sebab itu, kalian perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum tindakan prosedur dimulai. Hal ini berguna untuk menjaga keamanan tubuh, serta menjaga hasil perawatan agar tetap optimal.

Biaya Infus Vitamin C di Klinik Kecantikan

Salah satu tempat yang menyediakan jasa infus vitamin adalah klinik kecantikan.  Untuk itu, klinik kecantikan sering menjadi rujukan bagi siapa saja yang ingin melakukan infus vitamin. Walaupun dikenal baik untuk kesehatan, faktanya infus vitamin juga sangat baik untuk sisi kecantikan kulit.

Beautylogica Clinic merupakan salah satu klinik kecantikan yang juga menyediakan jasa perawatan ini. Untuk infus penambah imun tubuh, perawatan ini memiliki nama Infus Detox. Dalam tidakan prosedurnya, infus ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu Gold dan Platinum.

Biaya dari infus vitamin C di Beautylogica terbagai menjadi dua jenis. Untuk infus dengan kelas Gold, maka biayanya dipatok dengan harga Rp. 500.000. Lalu untuk infus vitamin dengan kelas Platinum, dibanderol dengan harga sebesar Rp. 1.000.000.

Bagi kalian yang ingin melakukan infus Vitamin C, segera kunjungi Beautylogica Clinic cabang terdekat dari lokasi kalian. Untuk reservasi dan konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *