Implan Payudara: Jenis-jenis, Daya Tahan, & Efek Samping

Implan payudara – Setiap wanita pasti ingin memiliki  bentuk tubuh yang sempurna. Oleh sebab itu, mereka selalu merawat dan memerhatikan bagian-bagian tubuhnya. Mulai dari wajah, tubuh, kulit, dan lain sebagainya.

Salah satu bagian tubuh wanita yang selalu mendapat perhatian lebih adalah payudara. Sebab, payudara memiliki peranan yang cukup besar bagi penampilan seorang wanita. Bahkan, ketika bentuk dan ukuran payudara wanita tidak ideal, hal tersebut bisa berdampak pada rasa kepercayaan diri mereka.

Untuk memperindah tampilan payudara, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Nah, penggunaan implan payudara adalah salah satunya. Dengan penggunaan implan, seorang wanita bisa mengencangkan, sekaligus memperbesar ukuran payudaranya.

Namun, apakah penggunaan implan di payudara itu aman? Adakah efek sampingnya? Dan bagaimana daya tahan dari implan tersebut? Pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan menjawab beberapa pertanyaan tersebut, jika dilihat dari kacamata medis. Ingin tahu bagaimana informasi lengkapnya? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Jenis-jenis Implan Payudara

Implan yang digunakan khusus untuk payudara, terdiri dari berbagai jenis dan ukuran. Oleh sebab itu, sebelum melakukan tindakan, pasien diwajibkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkait. Hal ini berguna agar dokter bisa melakukan pengecekan fisik, serta mencocokan jenis dan ukuran implan yang akan digunakan. Berikut adalah beberapa jenis implan yang sering digunakan dalam operasi memperbesar payudara:

Baca juga:

Jenis Implan Menurut Bahan Dasar Pembuatannya

Ada dua jenis implan menurut bahan pembuatannya, yaitu:

Saline

Implan saline terdiri dari larutan garam steril yang dibungkus dengan kulit silikon. Lapisan silikon yang digunakan, memiliki tekstur yang halus. Implan jenis ini biasanya digunakan untuk wanita berusia 18 tahun ke atas. Penggunaan implan jenis saline juga sangat aman, dan telah disetujui oleh FDA. Bahkan ketika pecah, cairan dari jenis implan ini tidak akan membahayakan tubuh.

Silikon

Implan silikon terdiri dari gel dan terbungkus dari kulit silikon. Biasanya, jenis implan ini digunakan oleh wanita yang telah berusia 22 tahun atau lebih. Selain dapat digunakan untuk memperbesar ukuran payudara, implan ini juga dapat digunakan untuk operasi revisi. Implan silikon cenderung lebih konstan, sehingga bentuknya lebih terjaga.

Jenis Implan Payudara Menurut Bentuknya

Selain dari bahan dasar pembuatannya, implan untuk payudara juga dapat dibedakan dari bentuknya,yaitu:

Implan Teardrop

Implan teardrop memiliki bentuk yang menyerupai tetesan air mata. Dengan implan ini, seorang wanita dapat menambah ukuran payudara, serta mengisi volume pada bagian payudara yang kurang. Biasanya, implan jenis ini akan disarankan,  bagi mereka yang punya masalah payudara kendur atau turun.  Selain itu, masalah payudara kanan dan kiri berjauhan, serta puting terlalu turun juga disarankan memakai implan payudara ini. Dengan bentuk yang menyerupai tetesan air mata, implan teardrop juga terlihat lebih natural.

Implan Round

Implan round memiliki bentuk yang menyerupai bulatan. Karena bentuknya tersebut, jenis implan ini dapat mengisi payudara dengan sempurna.  Bahkan, bagian atas dari payudara pun akan terlihat lebih menarik dengan penggunaan implan ini. Oleh sebab itu, implan round menjadi salah satu implan yang paling banyak digunakan.

Apakah Implan Payudara Aman untuk Digunakan?

Pada dasarnya, implan sangatlah aman untuk digunakan. Bahkan, di Indonesia sendiri pun sudah banyak yang melakukan prosedur ini. Jadi, keamanan dari implant tentu sudah tidaklah bisa diragukan kembali.

Namun, bagaimana jika dilihat dari kacamata medis? Menurut dokter spesialis bedah plastik dari Beautylogica, implan juga sangat aman untuk digunakan. Sebab, cangkang silikon yang digunakan, punya daya tahan yang begitu kuat.

Selain itu, cairan yang mengisi cangkang silikon tersebut, juga sudah dipastikan aman. Bahkan, ada teknologi terbaru yang membuat jika implan pecah, maka cairan yang ada di dalamnya tidak akan menyebar ke area-area lain dalam payudara.

Meskipun penggunaannya aman, namun para calon pasien harus tetap berhati-hati. Oleh karena itu, pilihlah klinik kecantikan yang kredibel, agar setiap prosedur bisa dilakukan dengan aman. Dengan begitu, implan yang diberikan pun juga akan lebih berkualitas.

Untuk daya tahannya sendiri, implan payudara bisa digunakan dalam 10 -15 tahun. Sangat lama bukan? Nah, ketika sudah mendekati waktu tersebut, pasien disarankan untuk menggantinya dengan implan yang baru. Dengan begitu, bentuk payudara akan tetap sempurna, dan terlihat lebih menarik.

Baca juga:

Efek samping implan payudara

Adakah Efek Samping dari Operasi Implan Payudara?

Setiap  tindakan medis pasti memiliki risiko dan efek samping, termasuk operasi memperbesar ukuran payudara. Nah, berikut adalah beberapa contoh efek samping dari penggunaan implan:

  • Timbul rasa tidak nyaman dan sakit pada area payudara
  • Perubahan sensasi dan rasa tidak nyaman pada puting payudara
  • Muncul luka jaringan parut di sekitar area yang ditanamkan implan
  • Infeksi dan pendarahan
  • Bentuk atau ukuran payudara menjadi asimetris
  • Implan mengalami kebocoran

Dalam beberapa kasus, bahkan muncul berita bahwa penggunaan implan dapat pecah ketika kita naik pesawat. Namun sebenarnya, pernyataan tersebut tidaklah tepat dan hanya mitos belaka. Nyatanya, implan akan tetap aman ketika kita naik pesawat, karena bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya, memiliki kualitas yang sangat tinggi.

Klinik Kecantikan untuk Operasi Implan Payudara

Beautylogica Clinic adalah klinik kecantikan terbaik yang dapat kamu kunjungi, untuk melakukan operasi payudara. Di sini, kami menghadirkan dokter bedah plastik dengan standar kompetensi tinggi, serta telah teruji pengalamannya.

Selain menghadirkan praktisi medis yang berkualitas, kami pun menghadirkan jenis-jenis implan yang lengkap dan berkualitas. Oleh karena itu, kamu tak perlu takut terhadap daya tahan, keamanan, dan kualitas dari prosedur operasi yang dilakukan di Beautylogica.

Untuk melakukan operasi payudara, kamu bisa mengunjungi Beautylogica Clinic di cabang Mangga Besar, Pejaten, dan Bandung. Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.