Harga Operasi Implan Payudara Terlalu Mahal? Kenali Dulu Prosedur hingga Risikonya

Harga Operasi Implan Payudara Mahal

Harga Operasi Implan PayudaraOperasi implan payudara kini menjadi sebuah hal yang lumrah untuk dibicarakan. Pasalnya, di Indonesia sendiri, sudah banyak para perempuan yang melakukan tindakan semacam ini.

Pada dasarnya, operasi implan payudara dilakukan untuk upaya mempercantik penampilan. Dengan menambah ukuran payudara, perempuan akan tampil dengan lebih menarik, serta lebih percaya diri dengan bentuk tubuhnya.

Namun, selain dibicarakan karena hasilnya, operasi implan payudara juga sering dibicarakan karena harganya yang cukup mahal. Untuk itu, di sini kami akan berbagi informasi tentang kenapa sih harga operasi implan payudara itu bisa mahal, simak pembahasannya berikut ini:

Mengenal Operasi Implan Payudara

Operasi implan payudara, dikenal dengan nama Breast Augmentation. Jenis operasi ini, tergolong pada tindakan bedah plastik. Tujuan utama dari operasi ini tentu saja untuk alasan estetika. Dimana area tindakan yaitu payudara, akan dibuat ukuran yang lebih besar dengan cara menanamkan sebuah implan buatan.

Pada dasarnya, orang lebih kenal operasi memperbesar payudara dengan menggunakan implan. Namun perlu kamu ketahui, untuk memperbesar payudara bisa dilakukan juga dengan cara lain, yaitu dengan perpindahan lemak.

Kedua jenis operasi payudara tersebut masuk ke dalam tindakan bedah plastik. Artinya, tindakan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Jika kamu ingin melakukan operasi ini, maka kamu harus ditangani langsung oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik.

Baca juga: Breast Augmentation: Pengertian, Prosedur, dan Biaya yang Dibutuhkan

Mengapa Harga Operasi Implan Payudara itu Mahal?

Operasi payudara memang dikenal dengan biayanya yang tidak murah. Hal ini membuat banyak perempuan, berpikir dua kali sebelum benar-benar melakukannya. Lalu sebenarnya apasih yang membuat operasi implan payudara ini terlalu mahal.

Harga Operasi Implan Payudara Mahal Kenali Dulu Prosedur & RIsikonya

Berikut adalah beberapa alasan mengapa harga operasi implan payudara itu mahal:

  1. Prosedur yang Rumit

Operasi implan payudara adalah sebuah tindakan bedah plastik yang memerlukan keahlian khusus. Untuk itu, diperlukan dokter dengan standar kompetensi tinggi, serta pengalaman yang mumpuni. Pasalnya, dalam prosedur bedah estetik ini, tubuh akan dimasukkan benda asing dengan teknik penyayatan.

Ketika prosedur tidak dilakukan dengan benar, bukan tidak mungkin pasien akan menerima hasil yang kurang maksimal. Bahkan dalam beberapa kasus, sering juga ditemui kegagalan akibat prosedur tindakan yang salah.

  1. Tingkat Risiko yang Tinggi

Sebagai tindakan bedah, tentu operasi implan payudara memiliki risiko yang membayanginya. Hal ini pun berkaitan pula dengan prosedur tindakan dari operasi payudara itu sendiri. Risiko yang ditimbulkan bisa dibilang tinggi. Pasalnya, area tindakan yang akan dilakukan operasi adalah bagian tubuh yang sangat penting.

  1. Hanya Dilakukan oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik

Karena merupakan sebuah tindakan bedah estetik, operasi payudara tentu harus dilakukan oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik. Karena jika tidak, prosedur operasi ini tidak akan berjalan dengan semestinya. Kita semua tahu bahwa penanganan dari dokter spesialis tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, wajar apabila harga operasi implan payudara tidaklah murah.

Bagaimana Prosedur dari Operasi Implan Payudara?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, operasi payudara haruslah ditangani langsung oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik. Prosedur yang dijalankan pun harus memenuhi standar keamanan yang berlaku. Berikut adalah gambaran umum terkait prosedur dari operasi implan payudara:

  1. Anestesi

Tahap pertama sebelum dalam operasi implan payudara adalah proses pemberian anestesi. Proses ini sendiri, bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri akibat tindakan bedah yang akan dilakukan. Selain itu, dengan pemberian anestesi, hal ini juga akan membuat pasien menjadi lebih nyaman ketika tindakan dilakukan.

  1. Insisi

Insisi atau penyayatan adalah tindakan selanjutnya setelah proses anestesi dilakukan. Proses insisi bisa dilakukan di beberapa area, salah satu contohnya adalah lipatan bawah payudara, dan lipatan samping. Proses insisi dilakukan untuk jalur pemasangan implan nantinya.

Baca juga: Ciri-ciri Payudara Kendur, dan Treatment untuk Mengatasinya

Harga Operasi Implan Payudara

  1. Pemasangan Implan

Proses selanjutnya adalah pemasangan implan. Pemilihan implan dalam prosedur operasi payudara tidaklah bisa dilakukan sembarangan. Hal ini harus dikonsultasikan lebih dalam dengan dokter terkait. Pasalnya, pemilihan implan harus disesuaikan dengan ekspektasi, maupun faktor penentu-penentu lain yang berkaitan dengan medis.

  1. Menutup Sayatan

Proses terakhir dalam prosedur operasi implan payudara adalah menutup bekas sayatan. Proses ini dilakukan dengan cara dijahit. Proses ini sangat penting dan membutuhkan keahlian khusus dari dokter yang terkait. Pasalnya, jika jahitan tidak dilakukan dengan sempurna, bekas luka mungkin saja akan gagal tertutup dengan rapat, ataupun meninggalkan bekas yang kurang enak untuk dipandang.

Apa Saja Risiko dari Operasi Implan Payudara?

Selain mengetahui harga operasi implan payudara, kamu juga harus mengetahui risiko-risikonya. Kamu juga perlu kamu mengetahui, setiap tindakan medis pasti selalu memiliki risiko dan efek samping yang mungkin dapat muncul. Untuk operasi implan payudara, berikut adalah beberapa risiko yang mungkin saja dapat terjadi:

  • Muncul rasa nyeri pada area tindakan
  • Perubahan sensasi pada puting
  • Payudara menjadi kendur
  • Muncul luka jaringan parut
  • Pendarahan
  • Bentuk payudara menjadi asimetris
  • Kerusakan implan (bocor atau pecah)

Beberapa risiko yang telah disebutkan di atas sangat mungkin untuk terjadi. Untuk itu, pemilihan dokter akan sangat menentukan hasil, dan keamanan dari prosedur operasi ini. Apabila kamu ingin melakukan operasi implan payudara, sebaiknya harus selektif dan kenali terlebih dahulu rekam jejak dokter/klinik kecantikan yang kamu tuju.

Baca juga: Cara Memperbesar Payudara dengan Metode Medis yang Benar

Cara Memilih Klinik Kecantikan Terbaik untuk Operasi Implan Payudara

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, kamu perlu memilih dokter dan klinik kecantikan yang terbaik pula. Pemilihan pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Berikut ini ada beberapa kriteria yang dapat kamu jadikan acuan untuk memilih klinik kecantikan terbaik:

  1. Ketahui Rekam Jejak Dokter

Mengenal dokter yang akan menangani operasi payudaramu adalah hal yang sangat penting, Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara melihat profil, atau testimoni dari orang yang ditangani oleh dokter tersebut. Kamu juga bisa bertanya pada orang yang pernah melakukan tindakan prosedur dengan dokter tersebut.

Dengan mengenali dokter, kamu tentu akan lebih merasa aman, dan nyaman ketika prosedur berjalan. Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa penanganan di setiap tempat antara satu dokter dengan dokter yang lain bisa saja memberikan harga operasi implan payudara yang berbeda.

  1. Perhatikan Lokasi Praktik

Lokasi praktik juga menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan tempat operasi payudara. Ketika lokasi praktik nyaman dan berkelas, tentu akan mencerminkan tindakan prosedur yang profesional. Salah satu rekomendasi terbaik untuk rujukan adalah Beautylogica Clinic.

  1. Pelayanan

Selain kedua faktor di atas, pelayanan menjadi salah satu faktor terbaik untuk menilai sebuah klinik. Dengan pelayanan yang bagus, tentu kamu akan mendapatkan rasa nyaman, serta lebih profesional. Untuk menilai pelayanan, dapat kamu lakukan dengan berbagai cara, misalnya saat berkonsultasi, saat melakukan booking order, ataupun pelayanan sebelum tindakan dilakukan.

Nah, bagi kalian yang ingin menjalani bedah estetik ini, sebaiknya memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas. Apabila butuh peninjauan lebih langsung, kamu bisa melakukan konsultasi lebih mendalam. Konsultasikan juga harga operasi implan payudara agar mendapatkan harga kisaran terbaik di tempat yang kamu tuju.

Ridwan
About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *