Hapus Tato dengan Laser – Cara Modern Menghilangkan Tato Permanen

Hapus Tato Laser

Hapus Tato Laser merupakan metode terbaru dalam upaya menghilangkan tato. Dengan prosedur ini, tato permanen yang sulit dihilangkan, akan lebih mudah untuk dihapus. Berbeda dengan metode tradisional, cara penghapusan tato dengan laser jauh lebih efektif dan tidak meninggalkan rasa sakit.

Biasanya, prosedur laser tato dapat ditemukan di klinik kecantikan. Dalam dunia estetika kecantikan, perawatan ini dikenal juga dengan istilah Laser Tattoo Removal. Di klinik kecantikan, perawatan ini termasuk pada prosedur estetika.

Bagaimana Cara Kerja Laser Tato?

Tindakan prosedur laser tato, menggunakan jenis laser yang bernama Laser Q-Switched Nd Yag. Laser ini nantinya akan ditembakkan pada permukaan kulit yang memiliki tato. Sinar laser yang ditembakkan, bertugas untuk memecah tinta tato, serta pigmen pada kulit.

Saat pigmen sudah dipecah, nantinya pigmen tersebut akan diserap oleh tubuh. Hal inilah yang  membuat tinta tato bisa memudar, dan lama kelamaan akan hilang. Dengan cara kerja tersebut, tentu upaya hapus tato laser akan minim terhadap rasa sakit.

Baca juga: Tempat Hapus Tato Laser yang Paling Bagus di Jakarta

Prosedur Hapus Tato dengan Laser

Laser tato

Prosedur menghilangkan tato dengan laser tidaklah membutuhkan proses anestesi. Pasalnya, prosedur laser tato tidaklah menimbulkan rasa sakit yang berlebih. Namun dalam beberapa kondisi, dokter juga dapat berkemungkinan untuk memberikan anestesi pada pasien. Hal ini biasanya terjadi akibat pertimbangan lokasi tato yang ingin dihilangkan.

Berikut adalah gambaran umum dari prosedur hapus tato dengan menggunakan laser:

  • Dokter akan memasangkan kacamata khusus pada pasien untuk melindungi mata dari laser.
  • Dokter akan memilih jenis sinar laser yang efektif untuk kulit pasien.
  • Sinar laser akan diaplikasikan pada permukaan kulit yang memiliki tato.
  • Ketika sudah selesai, dokter akan memasangkan perban pada area tindakan.

Ukuran energi laser уаng dіgunаkаn аkаn bеrgаntung раdа ukurаn tаtо. Tato kecil membutuhkan energi laser yang lеbіh kecil, sementara tato уаng lеbіh bеѕаr mеmеrlukаn еnеrgі yang lеbіh bеѕаr pula. Untuk itu, sangat penting melakukan konsultasi sebelum tindakan dilakukan.

Dalam satu kali prosedur hapus tato laser, biasanya perawatan ini dapat menangani  tato yang berukuran 10×10 cm. Apabila ukuran tato lebih besar, kemungkinan akan ada sesi pengulangan prosedur. Hal ini pun berlaku bagi mereka yang ingin menghapus tato permanen secara keseluruhan.

Alasan Mengapa Laser Tato Perlu Dilakukan

Prosedur hapus tato menggunakan laser, menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang ingin menghilangkan tato permanen. Selain minim terhadap rasa sakit, prosedur perawatan ini juga minim terhadap efek samping. Oleh sebab itu, prosedur tattoo removal kini kian banyak diketahui, dan digemari oleh masyarakat.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa laser tato diperlukan:

  • Muncul reaksi alergi terhadap tinta tato
  • Mengalami infeksi akibat pembuatan tato
  • Orang yang merasa kurang puas terhadap tato yang mereka miliki
  • Ada kepentingan tertentu dalam upaya penghilangan tato

Walaupun dapat menghilangkan tato permanen, namun prosedur ini tidak dapat memberikan hasil yang langsung instan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pasien membutuhkan beberapa kali sesi pengulangan prosedur.

Baca juga: Harga Hapus Tato Laser Jakarta dengan Hasil yang Bagus

Berapa Kali Sesi Pengulangan Prosedur Dilakukan?

Tips laser tato

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hasil hapus tato laser akan maksimal jika dilakukan pengulangan prosedur. Namun, berapa kah jumlah pengulangan prosedur yang diperlukan sampai hasilnya benar-benar maksimal?

Hal ini dapat ditentukan oleh beberapa faktor. Misalnya seperti umur tato, jenis dan warna tinta tato, serta ukuran tato. Pada beberapa kasus, bahkan lokasi tato pun dapat menentukan tingkat kesulitan dari penghapusan tato.

Jadi untuk mendapatkan jawaban yang tepat, kalian perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait. Dengan proses konsultasi, dokter pun dapat melakukan pengecekan fisik sebelum proses tindakan lebih lanjut.

Namun biasanya, proses pengulangan prosedur berlangsung hingga lebih dari lima kali sesi. Jumlah ini dapat lebih sedikit, ataupun lebih banyak. Tergantung dari beberapa faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Tips Melakukan Laser Tato

Setelah menjalankan prosedur hapus tato laser, biasanya dokter akan memberikan beberapa tips bagi para pasien.  Bagi kalian yang berencana melakukan perawatan ini, berikut adalah beberapa tips yang perlu kalian patuhi, minimal dua minggu pertama pasca prosedur dilakukan:

  • Menggunakan salep antibiotik yang telah diresepkan dokter
  • Rutin mengganti perban sehabis mengoleskan salep
  • Selalu menjaga kulit agar tetap kering dan bersih
  • Tidak menggunakan раkаіаn kеtаt dі lоkаѕі bеkаѕ tato
  • Menghindari рараrаn ѕіnаr mаtаhаrі lаngѕung pada bagian bеkаѕ tаtо
  • Menggunakan tаbіr ѕurуа ѕааt bеrреrgіаn ke luar rumаh
  • Tіdаk mеnеkаn kеrореng atau gelembung bеrіѕі саіrаn уаng tеrbеntuk pada bеkаѕ tаtо

Bagi kalian yang ingin melakukan hapus tato laser, sebaiknya perhatikan baik-baik tips di atas. Hal ini bertujuan agar prosedur bisa lebih aman, dan hasil tindakan bisa lebih optimal. Satu hal lagi, kalian juga harus melakukan konsultasi dengan rinci dengan dokter terkait.

Risiko Komplikasi

Walaupun minim terhadap risiko efek samping, bukan berarti prosedur ini terbebas dari risiko tersebut. Sama seperti pada prosedur-prosedur lainnya, laser hapus tato juga memiliki risiko komplikasi. Berikut adalah beberapa risiko komplikasi yang kemungkinan dapat muncul:

  • Tinta tato yang berwarna kemungkinan masih tersisa
  • Mengalami Hipopigmentasi atau Hiperpigmentasi
  • Area tindakan mengalami infeksi
  • Menimbulkan bekas luka yang permanen

Untuk meminimalisir risiko komplikasi, calon pasien diharapkan untuk selalu mengikuti setiap anjuran dari dokter. Selain itu, pilihlah dokter dan klinik kecantikan yang berkualitas. Hal ini demi keamanan prosedur, serta kualitas hasil prosedur.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *