Gigi palsu

Banyak masalah pada gigi dan mulut yang meyebabkan gigi harus dicabut. Lubang besar yang sudah tidak dapat direstorasi, sisa akar, gigi dengan penurunan tulang yang sudah tidak dapat diselamatkan, gigi goyang, dan kasus lainnya. Gigi yang sudah tidak dapat diselamatkan pada akhirnya harus dicabut untuk menghindari komplikasi yang lebih lanjut. Setelah usia 12 tahun, semua gigi susu biasanya sudah tergantikan dengan gigi tetap. Gigi tetap yang sudah dicabut tidak akan tumbuh gigi pengganti nya lagi, atau biasa kita sebut ompong. Namun, sudah ada perawatan untuk menggantikan gigi yang ompong itu, yang biasa kita sebut dengan gigi palsu atau gigi tiruan.

Pentingkah menggantikan gigi yang sudah ompong dengan gigi tiruan? Banyak orang yang mengabaikan fungsi gigi tiruan dengan berbagai alasan. Banyak pasien yang hanya menggunakan gigi tiruan apabila gigi yang ompong adalah gigi depan, dengan alasan malu saat tersenyum atau bicara, sedangkan jika gigi yang ompong adalah gigi belakang maka biasanya pasien enggan menggunakan gigi tiruan dengan alasan tidak perlu karena tidak terlihat saat bicara dengan orang.  Padahal fungsi sesungguhnya dari gigi tiruan bukanlah hanya estetik saja. Gigi tiruan menggantikan fungsi seluruhnya gigi yang sudah dicabut, antara lain fungsi estetik, fungsi pengunyahan, fungsi untuk pelafalan bicara, dll. Gigi yang sudah dicabut apabila tidak digantikan dengan gigi tiruan, lama kelamaan gigi yang seharusnya bergigitan dengan gigi itu akan turun, menjadi lebih panjang, hal ini akan mengganggu pengunyahan dan tidak jarang harus dicabut juga. Selain itu, tanpa gigi tiruan, otot- otot pipi tidak mendapatkan dukungan sehingga menyebabkan wajah terlihat kempot. Fungsi pengunyahan pun akan terganggu, yang akan berakibat ke masalah sendi pengunyahan atau TMJ. Sendi bisa terasa sakit saat membuka mulut dan mengunyah. Gigi ompong juga menyebabkan gigi sebelahnya dapat bergeser, mengakibatkan jarak antar gigi yang dapat mengakibatkan gigitan yang tidak baik, sering terselip makanan, dll.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggantikan gigi yang hilang dengan gigi tiruan. Bukan hanya untuk alasan estetik saja, tapi juga untuk alasan kesehatan. Konsultasikan dengan dokter gigi anda mengenai gigi tiruan yang sesuai dengan kasus anda. Gigi tiruan yang baik dikerjakan oleh dokter gigi secara profesional, bukan di tukang gigi.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *