Filler payudara dalam Kacamata Medis

Penjelasan Tentang Filler Payudara dalam Kacamata Medis

Beberapa waktu silam, dunia kecantikan dihebohkan dengan adanya kasus kematian yang disebabkan oleh filler payudara. Dengan adanya kasus ini, semakin banyak orang yang  bertanya-tanya. Apakah benar suntik filler aman untuk digunakan di area payudara?

Nah, pada artikel kali ini, kami akan menguak tentang filler payudara dalam kacamata medis. Namun sebelum itu, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu filler payudara. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Filler Payudara?

Filler adalah sebuah perawatan injeksi yang dilakukan dengan menggunakan zat Hialuronic Acid (HA). Perawatan ini berguna untuk menambah atau mengisi volume pada bagian tubuh tertentu. Dengan menambahkan volume pada bagian tertentu, hasil perawatan ini diharapkan bisa mempercantik penampilan. Dengan cara kerja tersebut, filler di area payudara diharapkan bisa menambah dan memperbesar ukuran payudara.

Filler Payudara dalam Kacamata Medis, Aman atau Tidak ya?

Perawatan filler pada dasarnya sangatlah aman. Pasalnya, zat yang digunakan sudah ada secara alami di dalam tubuh manusia. Namun, zat yang digunakan dalam perawatan filler, merupakan Hialuronic Acid tiruan yang terbuat dari bahan sintetis. Meskipun begitu, zat ini telah diformulasi secara khusus dan aman untuk digunakan.

Namun, apakah suntik filler aman untuk digunakan di area payudara? Menurut dokter spesialis bedah plastik dari Beautylogica, sebenarnya hal tersebut sangatlah tidak dianjurkan. Pasalnya, payudara memiliki sangat banyak pembuluh darah.

Dengan banyaknya pembuluh darah yang ada di payudara, ditakutkan zat filler yang disuntik, akan menimbulkan embolisme. Sebagai informasi, embolisme adalah penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh zat asing.

Apabila proses embolisme terjadi, maka hal inilah yang dapat menyebabkan kematian seketika pada seseorang. Oleh sebab itu, filler payudara sangatlah tidak dianjurkan, jika  kita melihatnya dari kacamata medis. Pernyataan seperti ini pun didukung oleh berbagai lembaga medis. Pasalnya, perawatan filler yang digunakan selain pada area wajah, hingga kini belum mendapat persetujuan dari lembaga yang berwenang seperti FDA.

Filler yang dilakukan di area payudara, juga akan lebih berbahaya jika dilakukan dengan bahan-bahan seperti silikon. Sebab, bahan silikon tertentu, tidak dapat larut atau diserap dengan baik oleh tubuh. Dengan begitu, hal ini pasti akan mengganggu sistem pembuluh darah, dan jaringan-jaringan lain yang ada di payudara.

Baca juga:

Mengenal Efek Samping dan Bahaya Filler Payudara

Bahaya filler payudara

Suntik filler yang dilakukan di area payudara, tentu memiliki banyak efek samping dan risiko. Selain terjadinya efek embolisme, zat yang digunakan dalam perawatan ini juga dapat menyebabkan beberapa efek samping lain, terutama jika dilakukan pada area payudara.

Beberapa efek samping dan risiko yang muncul bisa berupa nyeri jangka panjang, munculnya jaringan parut, hingga terjadinya infeksi. Selain itu, risiko yang lebih parah juga dapat mengakibatkan cedera serius, kerusakan jaringan permanen, stoke, hingga kematian.

Dengan efek samping dan risiko-risiko tersebut, tentu filler payudara sangatlah tidak disarankan. Sebab, hal ini pun telah dibuktikan dengan adanya korban, dari praktik ilegal yang sebelumnya telah ramai menjadi perbincangan. Selain payudara, bokong juga menjadi salah satu bagian tubuh yang tidak dianjurkan, untuk dilakukan suntik dermal filler.

Tips Aman dalam Melakukan Perawatan Filler

Perawatan dan zat filler sebenarnya sangat aman untuk digunakan. Namun biasanya, perawatan ini hanya dianjurkan untuk area wajah saja. Misalnya seperti hidung, bibir, dagu, dan kantung mata. Jadi bagi kamu yang ingin melakukan perawatan ini, pastikan untuk tidak bereksperimen pada bagian tubuh lainnya, ya!

Agar perawatan filler bisa lebih aman dan memberikan hasil yang memuaskan, ada beberapa hal yang wajib untuk kamu perhatikan. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  • Lakukan perawatan filler di klinik kecantikan yang terpercaya.
  • Pastikan untuk memilih dokter yang kompeten, bersertifikasi resmi, dan telah berpengalaman.
  • Pastikan filler dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik, atau dokter estetika.
  • Perhatikan zat filler yang digunakan, dan pastikan telah berizin resmi dari BPOM.
  • Konsultasikan dengan jelas tentang ekspektasi kalian terhadap perawatan filler.
  • Ikuti setiap anjuran yang diberikan oleh dokter.

Selain filler payudara, perawatan filler untuk area wajah sebenarnya tidak memiliki risiko dan efek samping yang berbahaya. Meskipun begitu, beberapa tips di atas sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini berguna agar tindakan prosedur bisa lebih aman, dan dapat memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Baca juga:

Tips Memperbesar Payudara yang Aman dan Dianjurkan oleh Dokter

Filler memang dapat mengisi dan menambah volume pada bagian tubuh tertentu, khususnya di wajah. Namun, filler payudara tidaklah aman jika dilakukan untuk memperbesar ukuran. Oleh karena itu, prosedur perawatan ini sangatlah tidak dianjurkan.

Lalu, bagaimana cara memperbesar payudara yang aman? Menurut dokter spesialis bedah plastik dari Beautylogica, ada dua cara yang paling aman dan direkomendasikan dalam hal ini. Pertama adalah dengan Breast Augmentation atau  implan payudara, dan yang kedua adalah dengan prosedur Fat Transfer atau transfer lemak.

Kedua prosedur tersebut sudah terbukti sangat aman, dan dapat memberikan hasil yang sangat menakjubkan. Selain itu, prosedur ini juga telah mendapat persetujuan resmi dari lembaga yang berwenang seperti FDA.

Rekomendasi Klinik Kecantikan Terbaik dan Terpercaya

Untuk kamu yang berniat ingin melakukan filler payudara, sebaiknya segera urungkan niatmu. Sebab, perawatan ini sangat tidak dianjurkan dalam kacamata medis, dan dapat membahayakan kesehatan tubuh. Selain itu, hindari juga prosedur kecantikan yang dilakukan tidak dengan ahlinya.

Agar setiap perawatan dan prosedur kecantikan yang dilakukan bisa aman, kamu wajib untuk memilih klinik kecantikan yang  terbaik. Untuk itu, sebelum melakukan perawatan, pastikan untuk memperbanyak referensi seputar klinik kecantikan.

Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan sebelum memilih klinik kecantikan, seperti izin dan sertifikasi resmi dari klinik kecantikan tersebut, kompetensi dan pengalaman dokter, kelengkapan fasilitas, serta harga yang ditawarkan.

Nah, Beautylogica Clinic adalah salah satu klinik kecantikan terbaik yang dapat kamu kunjungi. Berdiri sejak tahun 2017, Beautylogica telah dipercaya untuk menangani beragam prosedur kecantikan, baik perawatan wajah dan kulit, hingga operasi plastik. Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.