Perhatikan Ciri-ciri Miss V Berjamur dan Lakukan Perawatan yang Baik dan Benar

ciri-ciri Miss V berjamur

Ciri-ciri Miss V Berjamur – Organ intim wanita adalah bagian yang harus selalu terawat dan terjaga kebersihannya. Apabila tidak terawat dengan baik, organ intim wanita akan menderita berbagai macam masalah. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh wanita adalah infeksi jamur pada area organ intim.

Infeksi jamur pada area organ intim wanita, tentu akan sangat mengganggu. Selain karena merusak penampilan Miss V, munculnya jamur juga membuat area intim tersebut rentan terkena penyakit. Pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan membahas tentang informasi seputar infeksi jamur. Mau tahu bagaimana kelanjutannya? Yuk simak penjelasannaya di bawah ini!

Infeksi Jamur pada Organ Intim Wanita

Infeksi jamur yang tumbuh pada area vagina, biasa disebut juga dengan infeksi ragi atau kandiasis. Pada dasarnya, penyebab dari infeksi jenis ini dikarenakan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur Candida. Sebenarnya, keberadaan dari ragi dan bakteri pada area vagina menandakan bahwa organ intim tersebut sedang berada dalam keadaan sehat. Namun apabila jumlahnya tidak terkontrol dan terlalu banyak, maka akan menimbulkan masalah pada vagina.

Kondisi seperti ini tergolong pada penyakit menular seksual, yang berarti dapat menular ketika hubungan seks berlangsung. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui ciri-ciri Miss V berjamur dan bagaimana cara mengobatinya. Hal ini sangat penting untuk menghentikan proses penularan.

Pada gejala ringan, infeksi jamur ini dapat mereda dalam beberapa hari saja. Namun apabila masuk pada gejala yang parah, proses mengatasi jamur pada organ intim wanita dapat berlangsung hingga beberapa minggu. Kamu bisa mengkonsultasikan permasalahan ini dengan dokter spesialis di klinik kecantikan Beautylogica agar solusi dapat ditemukan.

Selain itu pada vagina juga dapat mengalami permasalahan seperti vagina bau yang kurang enak atau bau yang terlalu menyengat. Hal ini perlu diperhatikan juga karna terkait masalah kesehatan vagina. Hal ini tentu diperhatikan lagi karna masih banyak permasalahan pada alat kelamin wanita.

Ciri-ciri Miss V Berjamur

Infeksi jamur pada area intim wanita memiliki ciri dan berbagai gejala. Ciri dan gejala ini cukup jelas terlihat. Berikut adalah beberapa ciri dan gejala dari area intim yang berjamur:

1. Bengkak pada area sekitar vagina
  2. Mengalami rasa panas saat berhubungan seks
  3. Sensasi seperti terbakar saat kencing
  4. Keputihan lebih kental dan berwarna keabuan
  5. Gatal pada area vagina
  6. Muncul kemerahan dan ruam

Apabila kamu mengalami ciri dan gejala seperti yang telah disebutkan di atas, maka baiknya periksakanlah ke dokter. Dengan konsultasi yang jelas, kamu bisa mendapatkan penanganan yang baik dan tepat tentunya.

Faktor yang Meningkatkan Risiko Miss V Berjamur

ciri-ciri Miss V berjamur dan Gatal

Setelah mengetahui ciri-ciri Miss V berjamur, ada baiknya jika kamu juga mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan risiko Miss V berjamur. Berikut adalah beberapa faktor yang meningkatkan risiko Miss V berjamur:

1. Aktivitas seks yang sembarangan

Salah satu penyebab organ intim wanita berjamur adalah aktivitas seks yang sembarangan. Biasanya, hal ini terjadi karena pasangan juga memiliki infeksi jamur pada organ kelaminnya. Pada umumnya, laki-laki yang tidak disunat lebih rentan terkena infeksi jamur pada organ kelaminnya. Oral seks pada vagina oleh laki-laki yang mengalami saryawan juga meningkatkan risiko Miss V kamu berjamur. Untuk itu, pentingnya menjaga kebersihan sebelum melakukan aktivitas seks sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, hindari juga untuk berganti-ganti pasangan agar kamu terhindar dari penyakit seks menular lainnya. Jangan lupa juga untuk kenali ciri-ciri Miss V berjamur agar kamu bisa melakukan langkah antisipasi dan pengobatan dini.

1. Pakaian dalam yang terlalu ketat

Penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat juga dapat menimbulkan risiko tumbuhnya jamur pada area vagina. Jika pakaian dalam terlalu ketat, maka ruang untuk sirkulasi udara menjadi lebih sedikit. Hal ini akan menimbulkan rasa lembab pada area organ intim kamu. Area yang lembab, dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur dengan cepat. Oleh karena itu, disarankan untuk memakai pakaian dalam yang tidak terlalu ketat, dan menggunakan bahan yang menyerap keringan, contohnya seperti bahan katun.

1. Sedang Mengandung dan Menyusui

Saat seorang perempuan sedang mengandung atau menyusui, maka kadar estrogen menjadi lebih tinggi. Kadar estrogen yang tinggi membuat glikogen menjadi lebih banyak. Hal inilah yang membuat wanita muncul ciri-ciri Miss V berjamur dan risiko infeksi menjadi lebih tinggi. Namun dengan penanganan yang tepat, infeksi jamur ini dapat diatasi dengan lebih mudah.

Permasalahan Lain pada Organ Intim Wanita

Selain infeksi jamur, organ intim wanita juga memiliki berbagai macam masalah yang sering dialami. Salah satu permasalahan yang paling sering dikeluhkan adalah kendurnya otot-otot vagina. Ketika otot vagina mengendur, tentu dampaknya akan merembet kemana-mana. Salah satunya adalah hubungan suami istri yang menjadi tidak harmonis.

Organ intim wanita yang kendur dapat disebabkan oleh beberapa hal. Dua hal yang menjadi penyebab utamanya adalah karena faktor usia dan proses persalinan. Kedua faktor tersebut adalah sebuah kejadian yang tidak bisa dicegah oleh siapapun. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui tentang bagaimana ciri-ciri Miss V normal dan cara mengencangkan kembali otot vagina.

Vaginoplasty

Salah satu cara untuk membuat vagina kembali kencang adalah dengan melakukan operasi mengecilkan Vagina. Operasi tersebut dikenal juga dengan nama lainnya, yaitu Vaginoplasty. Operasi ini adalah sebuah tindakan bedah plastik yang bertujuan untuk menyempitkan vagina agar lebih kencang. Jadi selain mengetahui ciri-ciri Miss V berjamur, mengetahui cara mengencangkan Miss V juga sangat penting bukan?

Tindakan Vaginoplasty dilakukan dengan cara membuat sayatan pada organ intim tersebut. Setelah proses sayatan selesai, maka dilanjutkan ke proses pembuangan jaringan dan pengencangan area intim wanita. Lalu setelah itu, proses penjahitan akan dimulai. Dalam satu kali tindakan Vaginoplasty, biasanya dokter membutuhkan waktu sekitar 60 menit. Sekian artikel seputar organ intim pada wanita, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Ciri-ciri Miss V berjamur, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kamu, yaa!

About dr Risa Crisanti

Bidang Bedah Plastik adalah suatu impiannya sejak tamat SMA. dr Risa Crisanti, SpBP-RE yang akrab disapa dengan dr. Risa memulai dengan memasuki sekolah Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (UNPAD) sebagai dokter umum kemudian melanjutkan sekolah spesialis Bedah Plastik di Universitas Indonesia. Beliau pernah mengikuti konfrensi luka bakar di Vienna, Austria dan training bedah plastik selama 3 bulan di Showa University Japan tahun 2015. Dokter yang memiliki hobi traveling dan kuliner ini juga sangat menyukai art yang selalu dikaitkan dengan bidang bedah plastik, menurutnya mendalami bedah plastik adalah sesuatu yang artistik dan unik yang bertujuan sebagai harmonisasi (penyempurnaan) bentuk anggota tubuh secara fisik menjadi lebih indah.