Ciri-ciri Fungal Acne dan Perawatan untuk Mengatasinya

ciri-ciri fungal acne

Ciri-ciri Fungal Acne – Apakah kamu salah satu orang yang mengalami bruntusan seperti jerawat dan susah untuk dihilangkan? Jika iya, mungkin itu adalah fungal acne. Bagi sebagian orang, fungal acne adalah permasalahan kulit yang sering luput dari perhatian. Pasalnya, bentuk dari fungal acne memang sangat mirip dengan bruntusan. Hal tersebut membuat kebanyakan orang salah dalam cara mengatasi salah satu permasalahan kulit ini.

Bagi orang yang mengalami fungal acne pada wajahnya, tentu akan merasa kurang percaya diri. Sebab, fungal acne benar-benar dapat merusak penampilan. Hadirnya fungal acne akan membuat tekstur wajah menjadi tidak rata. Belum lagi jumlahnya yang lumayan banyak, hal ini membuat kulit wajah kurang enak untuk dipandang.

Pada artikel kali ini, klinik kecantikan Beautylogica akan membahas informasi seputar fungal acne. Bagaimana ciri-ciri fungal acne, penyebab, hingga cara mengatasinya dengan benar. Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, simak ulasannya di bawah ini!

Apa itu Fungal Acne?

Sebenarnya, fungal acne bukanlah termasuk pada kategori atau jenis jerawat. Penggunaan nama fungal acne, sebenarnya untuk mewakili sebuah jenis ragi yang terdapat dalam tubuh manusia. Nama ragi tersebut adalah Pityrosporum Folliculitis / Malassezia Folliculitis. Jenis ragi atau jamur ini, biasanya tumbuh di dalam kulit manusia.

Jika pada jerawat biasa penyebabnya adalah bakteri, produksi minyak berlebih, dan tersumbatnya pori-pori, maka fungal acne disebabkan oleh produksi jamur yang berlebih pada kulit manusia. Jadi ini merupakan sebuah hal yang berbeda. Oleh sebab itu, fungal acne tidaklah benar-benar bisa disebut dengan jerawat. Apalagi cara penanganannya dari fungal acne atau jerawat jamur, sudah pasti jelas berbeda pula.

Ciri-ciri Fungal Acne

ciri-ciri fungal acne dan penyebabnya

ciri-ciri fungal acne dan penyebabnya

Karena bentuknya hampir mirip dengan jerawat dan bruntusan, kadang membuat orang jadi salah dalam cara mengatasinya. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk kesehatan kulit. Pasalnya, dengan penanganan yang salah, kondisi fungal acne dapat semakin parah.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tentang bagaimana ciri-cirinya. Sebab dengan mengetahui ciri-ciri fungal acne, kamu bisa lebih mempersiapkan diri untuk melakukan perawatan yang tepat. Berikut adalah ciri-cirinya:

  1. Fungal acne terkadang tak muncul ke permukaan wajah seperti jerawat pada umumnya. Tak cuma itu, fungal acne akan membuat kulit menjadi sangat gatal dan cenderung akan menimbulkan sensasi seperti rasa terbakar.
  2. Fungal acne tidak akan bisa teratasi denga produk perawatan untuk mengatasi jerawat. Dalam beberapa kasus, kondisi fungal acne malah akan semakin parah ketika dilakukan treatment dengan produk perawatan jerawat.
  3. Jerawat pada umumnya muncul dengan ukuran yang berbeda-beda. Namun, dalam kasus jerawat jamur atau fungal acne, penampilannya mayoritas seragam. Biasanya, ukuran dari benjolan fungal acne berukuran sekitar 1 mm.

Pada dasarnya, ciri-ciri fungal acne sangat mirip dengan radang pada kulit. Selain itu, bintik menyerupai jerawat ini juga memiliki bentuk yang sangat mirip dengan jerawat nanah. Ditambah lagi, kemunculannya pada kulit akan menimbulkan rasa yang sangat gatal.

Umumnya, fungal acne  lebih sering muncul pada area hidung, dahi, dan dagu. Selain itu, area dada bahu dan punggung juga memiliki risiko tinggi mengalami jerawat jamur semacam ini. Oleh sebab itu, kamu harus selalu menjaga agar kulitmu tetap kering dan bersih. Dengan kulit yang bersih, jamur penyebab fungal acne yang ada di dalam tubuhmu akan menjadi tidak aktif.

Baca juga: Perawatan Wajah Berjerawat Rekomendasi dari Dokter Kulit

Apakah Permasalahan Kulit ini Berbahaya?

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki jamur yang bersarang di dalam kulitnya. Hal ini tentu akan membuat setiap orang berpotensi untuk mengalami fungal acne. Namun, jerawat atau ragi ini juga memiliki sifat yang dapat menular. Jadi, kamu harus tetap berhati-hati dan ketahui ciri-ciri fungal acne. Jika ada orang sekitarmu yang mengalami permasalahan semacam ini, melakukan tindakan untuk berjaga jarak adalah sebuah langkah yang bijak.

Pada orang yang gaya hidupnya kurang higienis, kemungkinan besar akan terkena fungal acne. Hal ini disebabkan oleh jamur dalam tubuh yang tidak terkontrol dengan baik. Selain itu, kondisi kulit yang kotor dan rasa gatal yang digaruk juga memperparah masalah kulit semacam ini.

Bagaimana Cara Menghilangkan Fungal Acne?

Penanganan pada fungal acne tidaklah bisa dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, jika tidak dilakukan dengan benar, permasalahan kulit semacam ini akan semakin parah. Pada kasus fungal acne yang sudah parah, mungkin orang tersebut akan disuruh meminum pil anti jamur.

Dengan meminum pil anti jamur, pengobatan akan dilakukan hingga jauh ke dalam folikel rambut. Biasanya, pemberian resep pil anti jamur diberikan untuk orang yang tidak bisa menghilangkan fungal acne lebih dari sebulan. Dengan obat dan dosis yang tepat, perawatan ini tentu akan lebih aman dan efektif.

Jika kondisi dari fungal acne masih tidak terlalu parah, biasanya pasien akan disarankan untuk menggunakan produk perawatan. Penggunaan produk perawatan pun tidak bisa dipilih dengan sembarangan. Umumnya, dokter akan memberikan rekomendasi produk yang mengandung kandungan sulfur dan anti jamur.

Pada kasus fungal acne yang masih ringan, biasanya pasien hanya akan disarankan untuk rutin dalam mencuci tubuh. Oleh sebab itu, ketika kamu sudah mengalami ciri-ciri fungal acne, sebaiknya segera tingkatkan kebersihan pada tubuhmu. Hal ini penting untuk pencegahan munculnya fungal acne, apalagi jika kemunculannya ada pada wajah.

Jenis Perawatan untuk Mengatasi Fungal Acne

Salah satu langkah penanganan yang tepat untuk mengatasi fungal acne adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Dengan mengunjungi klinik kecantikan terbaik, kamu dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit.

Penanganan langsung yang dilakukan oleh dokter spesialis, tentu akan membuat perawatan lebih aman. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui tentang permasalahan kulit secara lebih mendetail. Salah satu klinik yang bisa kamu jadikan tempat perawatan terbaik adalah Beautylogica Clinic. Dengan menceritakan ciri-ciri fungal acne yang kamu alami, dokter akan langsung memberikan rekomendasi treatment terbaik untuk solusi permasalahanmu.

Klinik kecantikan yang telah berdiri sejak tahun 2017 ini, telah dipercaya dalam menangani segala hal yang berbau kecantikan. Dengan lebih dari 50 jenis treatment yang tersedia, fungal acne yang sedang kamu alami pun bukan menjadi hal yang sulit untuk ditangani. Mau tahu jenis perawatan apa yang cocok untuk mengatasi fungal acne? Simak penjelasannya di bawah ini:

Silk Peel

Silk Peel merupakan sebuah perawatan kulit wajah yang dilakukan dengan menggunakan serum khusus dan alat kristal mikro. Pada umumnya, perawatan ini dikenal untuk mengatasi permasalahan kulit kusam dan flek halus. Namun, dengan serum yang disesuaikan dengan permasalahan kulit. perawatan ini juga mampu untuk digunakan pada masalah jerawat.

Dalam prosedurnya, perawatan Silk Peel dimulai dengan tindakan pembersihan wajah. Setelah itu, wajah akan diberikan serum khusus sesuai dengan permasalahan kulit yang sedang dialami. Berikutnya, alat kristal mikro akan diaplikasikan juga secara merata pada area wajah.

Penggunaan alat ini sangat aman dan juga nyaman. Saat alat digunakan, pasien akan merasakan sensasi seperti disedot-sedot. Tindakan prosedur ini juga sangat efektif untuk membersihkan kulit dari sel mati. Dalam satu kali perawatan, biasanya Silk peel hanya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit. Dengan konsultasi yang jelas ke dokter, ciri-ciri fungal acne kamu sudah tentu akan teratasi dengan lebih mudah dan instan.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *