Chemical peel adalah salah satu perawatan yang kini cukup populer. Sebab selain karena punya cukup banyak manfaat, perawatan ini juga cukup simpel untuk dilakukan. Hal inilah yang membuat perawatan ini cukup digemari oleh banyak orang.

Perawatan chemical peel juga cukup murah. Dengan manfaat yang begitu banyak, tentu perawatan ini sangat worth it untuk dicoba. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan perawatan ini, maka ini adalah tempat yang tepat buat kamu!

Pada artikel kali ini, kami akan membahas seputar chemical peel secara lebih lengkap. Mulai dari pengertian, manfaat, proses, hingga contoh hasil before after. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Chemical Peel adalah?

Apa itu Chemical Peel

Chemical peel adalah sebuah perawatan eksfoliasi yang dilakukan dengan peeling berbahan kimia. Meskipun dengan bahan kimia, namun perawatan ini sudah terbukti cukup aman. Pasalnya, cairan yang digunakan telah diformulasi secara khusus, agar tidak membahayakan bagi kulit.

Cara kerja dari perawatan ini adalah untuk mengangkat lapisan terluar pada kulit. Dengan begitu, kulit akan diganti dengan lapisan yang terbaru. Nantinya, lapisan kulit yang baru akan terlihat lebih bersih, cerah, dan halus.

Manfaat Chemical Peel

Berikut adalah beberapa manfaat dari chemical peel:

  • Mengangkat dan membersihkan sel-sel kulit mati.
  • Mencerahkan, menghaluskan, dan meratakan warna kulit.
  • Menyamarkan flek hitam pada kulit.
  • Mengatasi garis-garis halus di wajah.
  • Memperbaiki penampilan akibat bekas luka ringan.
  • Mengatasi bakteri penyebab masalah jerawat.

Karena banyaknya manfaat yang bisa didapat, wajar jika chemical peel adalah perawatan yang digemari. Namun, untuk mendapatkan hasil optimal, perawatan ini harus ditangani oleh orang-orang yang profesional.

Proses Perawatan Chemical Peel

Proses perawatan chemical peel dilakukan dengan cara yang cukup sederhana. Berikut adalah tahapan prosedurnya:

  • Pembersihan wajah secara menyeluruh.
  • Pengaplikasian cairan chemical peel pada wajah.
  • Diamkan cairan chemical selama 2-3 menit.
  • Memberikan cairan penetralisir pada wajah.
  • Proses pembersihan dengan air bersih.

Chemical peel adalah perawatan yang simpel. Tahapan prosedur di atas, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Lamanya prosedur, tergantung juga pada area yang dilakukan tindakan.

Sebagai informasi, perawatan ini dapat dilakukan di hampir seluruh bagian tubuh manusia.  Jadi agar perawatan bisa tepat dan memberikan hasil optimal, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait.

Baca juga:

Jenis-jenis Chemical Peel

Chemical Peeling adalah

Chemical peel juga terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Light Chemical Peel

Light chemical peel adalah cairan peeling dengan tingkatan paling ringan atau dangkal. Cairan peeling jenis ini, berguna untuk mengangkat sel kulit mati pada lapisan kulit terluar (epidermis). Kegunaan dari peeling ini adalah untuk mengatasi kulit kering, jerawat, garis-garis halus, dan warna kulit tidak merata.

2. Medium Chemical Peel

Medium chemical peel adalah cairan peeling yang mampu mengangkat sel kulit mati, hingga lapisan kulit bagian atas dermis. Jenis peeling ini umumnya terdiri dari asam trikloroasetat atau glikolat. Dengan peeling ini, masalah seperti warna kulit tak merata, kerutan wajah, dan bekas jerawat kehitaman dapat teratasi.

3. Deep Chemical Peel

Deep chemical peel menggunakan cairan asam karbolat atau asam trikloroasetat, yang dapat mengangkat lapisan sel kulit mati hingga lapisan bawah dermis. Jenis chemical ini merupakan tingkatan yang paling dalam. Beberapa masalah yang dapat ditangani peeling ini contohnya seperti kerusakan akibat paparan sinar matahari, pertumbuhan kelainan kulit prakanker, dll.

Risiko Chemical Peel

Meskipun terbilang aman, bukan berarti chemical peel tidak memiliki risiko. Berikut adalah beberapa risiko dari perawatan chemical peel:

  • Perubahan warna kulit.
  • Timbul bekas luka.
  • Mengalami infeksi pada area tindakan.
  • Kulit menjadi kering.
  • Timbul sensasi seperti menyengat atau panas.

Meskipun chemical peel adalah perawatan dengan cukup banyak efek samping, namun sebenarnya hal ini dapat diminimalisir. Caranya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter terkait, sehingga dapat dilakukan pengecekan fisik.

Sebelum dan Sesudah Perawatan Chemical Peel

Untuk melakukan perawatan peeling, ada beberapa hal yang wajib calon pasien perhatikan. Baik itu sebelum perawatan, maupun sesudah perawatan dilakukan. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut:

Sebelum Chemical Peel

Sebelum melakukan perawatan peeling, ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan, yaitu:

  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung.
  • Rutin menggunakan tabir surya.
  • Menghindari prosedur kecantikan seperti lulur, pijat, dan Terutama pada bagian yang ingin dipeeling.
  • Berkonsultasi dengan dokter tentang jenis peeling yang digunakan.

Sesudah Chemical Peel

Chemical peel adalah perawatan yang membutuhkan waktu pemulihan. Artinya, setelah prosedur selesai dilakukan, maka akan timbul beberapa gejala pasca prosedur.

Dalam waktu 1 jam pertama, biasanya kulit akan merasakan sensasi panas. Sensasi ini umumnya terjadi pada permukaan kulit terluar saja.

Lalu dalam 1-2 minggu pertama, pasien chemical peel umumnya akan merasakan kemerahan dan pengelupasan kulit. Setelah masa ini terlewati, barulah hasil dari perawatan peeling dapat terlihat dengan sempurna.

Hasil Before After Chemical Peel

Chemical peel adalah perawatan yang membutuhkan waktu untuk proses pemulihan. Hasil dari chemical peeling dapat terlihat setelah proses pemulihan selesai. Proses pemulihan, biasanya berbeda-beda pada tiap jenis peelingnya. Namun umumnya, proses pemulihan dari perawatan peeling adalah sekitar 1-2 minggu.

Untuk mendapat hasil peeling yang optimal, pastikan juga untuk memilih jenis peeling yang tepat. Selain itu, pilihlah klinik kecantikan terbaik yang punya dokter kecantikan terpercaya. Hal ini menjadi penting, sebab selain untuk mengoptimalkan perawatan, hal ini juga berguna untuk menjaga prosedur agar tetap aman.

Berikut adalah contoh hasil before after dari perawatan chemical peel:

Baca juga:

Hasil Chemical PeelingHasil Chemical Peeling Before AfterChemical Peel Before After

Ingin Lakukan Chemical Peel? Berikut adalah Daftar Harganya!

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, chemical peel adalah perawatan yang dapat dilakukan di hampir seluruh bagian tubuh manusia. Oleh sebab itu, harga dari perawatan ini cukup bervariasi. Berikut adalah daftar harga chemical peeling secara lengkap:

Area PeelingHarga
Face / NeckRp. 200.000
Face + NeckRp. 375.000
ArmpitRp. 200.000
Upper / Lower ArmRp. 300.000
Full ArmRp. 575.000
Front / Back BodyRp. 500.000
Upper LegRp. 500.000
Lower LegRp. 400.000
Full LegRp. 875.000
ButtocksRp. 500.000
Upper BodyRp. 1.500.000
Lower BodyRp. 1.300.000
Full BodyRp. 2.700.000

 

Klinik Kecantikan Terbaik untuk Chemical Peel

Chemical peel adalah perawatan yang cukup mudah untuk ditemukan. Meskipun begitu, kamu tak bisa melakukannya dengan sembarangan. Sebisa mungkin pilihlah klinik kecantikan terbaik, dan sudah memiliki rekam jejak yang terpercaya.

Salah satu klinik kecantikan terbaik untuk melakukan perawatan ini adalah Beautylogica Clinic. Di sini kamu akan mendapat pilihan jenis peeling yang bervariasi, dan sangat aman untuk digunakan. Bahkan, selain peeling chemical, kamupun juga dapat menemukan peeling organik di klinik kecantikan ini.

Beautylogica Clinic dapat kamu temukan di 3 kota, yaitu Jakarta, Bandung, dan Solo. Bagi kamu yang berminat melakukan perawatan ini, silahkan kunjungi cabang Beautylogica terdekat di kotamu. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.