Cari Tahu yuk, sebenarnya veneer gigi itu apa?

Senyum dengan gigi yang putih dan rapih pastinya akan meningkatkan rasa percaya diri kamu ketika bersosialisasi dengan orang lain. Tidak heran demi mencapai gigi yang putih dan rapih, banyak orang yang melakukan beragam prosedur perawatan gigi. Salah satu prosedur yang sedang terkenal saat ini adalah Veneer gigi. Apa itu Veneer gigi? Dan bagaimana prosedur sebenarnya?, Veneer gigi adalah prosedur medis yang bertujuan memperbaiki warna, bentuk, dan posisi gigi. Veneer gigi merupakan teknik pemutih gigi menggunakan porcelain atau komposit resin yang dipasang untuk menutupi permukaan depan gigi.

Veneer biasanya digunakan untuk memperbaiki gigi yang berubah warna, patah, rusak, tidak sejajar atau tidak rata, tidak teratur bentuknya, atau gigi yang memiliki celah. Veneer gigi dapat bertahan hingga bertahun-tahun sebelum akhirnya rusak atau terkelupas dan perlu diganti. Biasanya veneer yang terbuat menggunakan porcelain akan lebih tahan lama dan lebih mirip gigi asli jika dibandingkan dengan veneer yang menggunakan komposit resin yang lebih tipis.

Yang membedakan Veneer dengan implant gigi atau crown gigi yaitu, jika implant gigi mengganti gigi hingga ke akarnya, Crown gigi menutupi seluruh bagian mahkota gigi dan Veneer gigi menutupi bagian depan gigi. Dalam melakukan veneer gigi biasanya dibutuhkan sekitar tiga kali kunjungan, yaitu untuk konsultasi, membuat, dan pemasangan Veneer itu sendiri. Prosedur pemasangan Veneer gigi dapat dilakukan secara prep, no-prep ataupun minimal prep. Pada pemasangan Veneer gigi prep, bagian gigi yang akan dipasang veneer akan dikikis terlebih dahulu hingga mencapai lapisan bawah enamel gigi agar Veneer terpasang dengan baik. Gigi yang dikikis akan berubah bentuknya secara permanen dan seringkali prosedur ini cukup menyakitkan, sehingga harus dibantu dengan anestesi atau bius lokal. Sedangkan pemasangan Veneer gigi no-prep hanya mengubah sedikit enamel gigi dan tidak sampai mengikir bagian bawah enamel gigi, veneer gigi no-prep tidak memerlukan anestesi lokal.

Veneer tidak bisa dilakukan oleh setiap orang, beberapa orang yang sebaiknya tidak menjalani veneer gigi adalah orang yang giginya tidak sehat, orang yang enamel giginya sudah tipis sehingga tidak bisa dipasang Veneer, dan orang yang giginya sudah rapuh akibat pembusukan, patah, atau adanya tambalan gigi yang cukup besar. Prosedur veneer gigi ini merupakan prosedur ireversibel, yang artinya jika selama prosedur veneer gigi ada perubahan bentuk gigi, perubahan tersebut tidak dapat dikembalikan seperti sedia kala. Oleh sebab itu prosedur veneer gigi haruslah ditangani oleh dokter yang sudah berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai veneer gigi.

Dalam melakukan pemasangan Veneer gigi ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Langkah pertama yang dilakukan pada saat pemasangan Veneer gigi adalah meyocokkan ukuran, bentuk dan juga warna gigi asli dengan Veneer gigi yang akan dipasang. Dan apabila diperlukan, Veneer gigi akan dikikis sehingga terlihat rapih dan sesuai. Setelah cocok, dokter akan membersihkan permukaan gigi yang akan dipasangkan Veneer dengan seksama untuk memastikan permukaan gigi bersih dari bakteri dan terhindar dari kerusakan. Selanjutnya, dokter kamu akan melakukan penggerusan enamel gigi kembali, agar permukaan gigi menjadi kasar sehingga memudahkan veneer menempel di permukaan gigi dan menempel lebih lama. Veneer kemudian ditempelkan pada gigi menggunakan zat semen khusus agar menempel agar menempel dengan kuat. Untuk membantu mengeringkan zat semen lebih cepat biasanya dokter menggunakan sinar ultraviolet. Semua prosedur ini dilakukan kurang lebih sekitar 30 menit.

Veneer porselen umumnya dapat bertahan hingga 10-15 tahun sedangkan Veneer komposit dapat bertahan selama 5-7 tahun. Kalau kamu tertarik untuk melakukan Veneer kamu bisa lakukan di Beautylogica Clinic terdekat. Tidak hanya untuk kecantikan, kamu juga bisa melakukan perawatan gigi di Beautylogica Clinic. Karena tidak hanya kesehatan wajah yang harus kamu perhatikan, tetapi kesehatan mulutmu juga harus kamu perhatikan. Konsultasikan kesehatan gigimu kepada dokter yang berpengalaman di Beautylogica Clinic. Kunjungi website Beautylogica Clinic di www.beautylogica.com dan instagram di @beautylogica.clinic, atau bisa langsung hubungi di hotline Beautylogica Clinic di 0819-0500-0000.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *