Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok dengan Treatment yang Tepat

Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok dengan Treatment yang Tepat

Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok – Rambut kering dan rontok nampaknya masih jadi permasalahan bagi banyak orang. Hal ini wajar saja, mengingat kondisi iklim yang dimiliki Indonesia adalah tropis. Iklim yang tropis, cenderung selalu memberikan kondisi cuaca yang panas. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa rambut jadi mudah kering dan rontok.

Kondisi rambut yang kering dan rontok, pasti akan menimbulkan berbagai masalah lainnya. Dilihat dari kacamata kecantikan, tentu hal ini sangat merugikan pemiliknya. Sebab, rambut yang kering dan rontok sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Dengan rambut kering dan rontok, pasti orang tersebut akan tampil dengan kurang percaya diri. Oleh karena itu, perawatan dan penanganan yang tepat harus selalu dilakukan agar rambut kembali sehat.

Apabila kamu termasuk salah seorang yang mengalami permasalahan rambut ini, maka kamu sedang mengunjungi artikel yang tepat. Di kesempatan kali ini, klinik kecantikan Beautylogica akan berbagi informasi seputar permasalahan rambut. Mulai dari penyebab, mencegah, hingga cara merawat rambut kering dan rontok. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak ulasannya berikut ini!

Penyebab Rambut Kering dan Rontok

Dua permasalahan rambut ini memang sangat sering dikeluhkan oleh para Beauties. Padahal sebenarnya, jika kamu tahu bagaimana cara merawat yang benar, permasalahan semacam ini tidak akan terjadi pada dirimu.

Rambut kering dan rontok juga memiliki penyebab yang berbeda, berikut adalah penjelasannya:

Penyebab Rambut Kering

Kondisi rambut kering tentu sangat mengganggu penampilan. Pasalnya, rambut kering akan memberikan tampilan yang kusam, kusut, dan kurang enak dipandang. Beberapa orang bahkan merasa minder karena kondisi rambutnya kering seperti ini. Untuk itu, sebaiknya kamu mengetahui faktor apa yang menyebabkannya. Berikut adalah penjelasannya:

  • Intensitas keramas yang terlalu sering
  • Kebiasaan mengeringkan rambut
  • Terlalu sering menggunakan alat styling rambut
  • Penggunaan produk perawatan rambut berbahan kimia
  • Terlalu sering terkena paparan sinar matahari

Penyebab Rambut Rontok

Sebelum mengetahui cara merawat rambut kering dan rontok, penting bagi kamu untuk mengetahui penyebab dari kedua jenis permasalahan rambut ini. Hal ini penting agar kamu bisa menyiapkan cara mengatasi rambut rontok yang tepat. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan rambut menjadi mudah rontok:

  • Penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok
  • Mengalami stres
  • Kekurangan asupan gizi
  • Pengaruh obat-obatan
  • Mengidap penyakit anemia
  • Faktor genetik atau keturunan

Cara Mencegah Rambut Kering dan Rontok

Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok dengan Treatment yang TepatOrang bilang mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Rasanya, ungkapan ini memang benar dan sebisa mungkin harus dilakukan. Pasalnya, ketika rambut sudah terlanjur mengalami kering dan rontok, kamu akan sangat sulit mengembalikan kondisinya. Berikut adalah beberapa tips cara mencegah rambut kering dan rontok menurut klinik kecantikan terbaik Beautylogica:

  1. Mencuci Rambut Secukupnya

Dari penjelasan yang telah disebutkan di atas, kita semua tahu bahwa penyebab dari rambut kering adalah terlalu sering mencuci rambut/keramas. Selain cara merawat rambut kering dan rontok, kamu juga mesti tau bagaimana upaya pencegahannya. Kamu juga perlu tahu bahwa kerontokan rambut juga bisa terjadi karena hal ini. Oleh sebab itu, cucilah rambut secukupnya agar rambut tetap dalam kondisi sehat.

Secara alami, kulit kepala akan mengeluarkan minyak yang berguna untuk memberikan kelembaban pada rambut. Jika kamu terlalu sering mencuci rambut, maka minyak alami ini akan hilang. Hal inilah yang membuat rambut menjadi mudah kering dan rontok. Jika ini sudah terjadi, sebaiknya kamu segera lakukan perawatan agar rambut kembali dalam kondisi sehat.

  1. Jangan Terlalu Sering Menguncir Rambut

Ketika kamu menguncir, rambut akan terbatasi ruang geraknya. Hal ini juga menjadi salah satu faktor rambut tidak tumbuh dengan baik. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi kebiasaan menguncir. Jika ingin menguncir, paling tidak lakukanlah dengan lebih lembut, jangan sampai rambut terlalu tertarik agar tidak membuatnya cepat rontok.

  1. Beri Rambut Proteksi Lebih Ketika Beraktivitas di Luar Ruangan

Ketika kamu berkativitas di luar ruangan, pasti intensitas terkena paparan sinar matahari jadi lebih sering. Belum lagi berbagai polusi juga pasti akan hinggap pada rambut kamu. Kedua hal ini akan membuat kutikula pada rambut menjadi pecah. Ketika ini terjadi, maka rambut akan menjadi lebih mudah kering, rapuh, dan rontok.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pelindung kepala jika ingin beraktivitas di luar ruangan. Kalaupun sudah terlanjur, sebaiknya kamu melakukan cara merawat rambut kering dan rontok yang tepat. Jika memang belum terjadi, sebaiknya gunakan topi, payung, atau semacamnya. Kamu juga bisa menggunakan produk perawatan yang dapat menutrisi rambut dengan baik.

  1. Cukupi Konsumsi Air Putih dan Vitamin

Rambut yang kering dan rontok merupakan pertanda bahwa tubuh kekurangan cairan atau gizi. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu cukupi asupan air dan vitamin bagi tubuh. Sebagian besar orang menganggap perawatan dari luar sangatlah penting. Padahal, perawatan dari dalam tubuh juga tidak kalah pentingnya. Minumlah paling tidak delapan gelas sehari dan cukupi asupan gizi dengan memakan buah dan sayuran.  Dengan rutin melakukan kebiasaan ini, rambut kamu tentu akan lebih terjaga kesehatannya.

Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok

Cara merawat rambut kering dan rontok haruslah dilakukan dengan treatment yang tepat. Jika kamu asal dalam memilih jenis perawatan, bukan tidak mungkin hal ini akan memperburuk kondisi rambut kamu. Oleh sebab itu, lakukanlah konsultasi gratis dokter agar perawatan bisa lebih maksimal.

Di Beautylogica Clinic sendiri, ada sebuah perawatan yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering dan rontok. Berikut adalah penjelasannya:

Hair Laser PDT

Hair Laser PDT merupakan sebuah treatment rambut yang dilakukan dengan menggunakan sinar laser. Terapi sinar laser merah ini dikenal juga dengan nama Photo Dynamic Therapy. Sinar laser yang digunakan pada treatment ini memiliki panjang gelombang sekitar 640 Nm. Selain untuk mengatasi rambut kering dan rontok, perawatan ini juga memiliki beberapa manfaat lain, seperti:

  • Merangsang pertumbuhan rambut baru
  • Menguatkan akar rambut
  • Memperbaiki tekstur dari rambut
  • Melancarkan aliran darah pada kulit kepala

Prosedur Hair Laser PDT

Salah satu treatment Hair Care di Beautylogica Clinic ini sudah terbukti aman dan ampuh untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Dengan ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan teknologi medis yang canggih, perawatan ini akan memberikan hasil yang maksimal bagi kesehatan rambut kamu.

Prosedur dari perawatan ini dimulai dengan membersihkan rambut dengan sampo dan kondisioner khusus terlebih dahulu. Lalu pasien akan dipijit agar aliran darah pada area kepala menjadi lancar. Selanjutnya rambut akan dikeringkan dan barulah proses penyinaran laser akan dimulai. Proses penyinaran laser ini tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 20 menit saja. Cara merawat rambut kering dan rontok dengan Hair Laser PDT, dapat lebih maksimal jika dilakukan pengulangan secara rutin dalam dua minggu sekali.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *