Cara Mengurangi Rambut Rontok Paling Efektif, Simak Tips Berikut ini!

Cara Mengurangi Rambut Rontok Paling Efektif, Simak Tips Berikut ini!

Cara Mengurangi Rambut Rontok – Rambut rontok adalah sebuah permasalahan yang sangat mengganggu. Pasalnya, hal ini dapat membuat seseorang merasa risih, dan kurang percaya diri terhadap penampilannya.

Kerontokan rambut bukanlah sebuah kondisi yang dapat dibiarkan begitu saja. Sebab apabila kerontokan dibiarkan, bukan tidak mungkin kalian akan mengalami masalah yang lebih parah. Misalnya seperti penipisan rambut, hingga yang terparah adalah kebotakan.

Masalah rambut rontok dapat dialami oleh siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Untuk itu, sangat wajib bagi kalian untuk menjaga kesehatan rambut. Nah, bagi kalian yang telah mengalami kerontokan, ada baiknya mengetahui cara mengurangi rambut rontok dengan tepat. Untuk pembahasan lebih lengkap, simak penjelasannya berikut ini:

Cara Mengurangi Rambut Rontok Paling Efektif

Untuk mengurangi kerontokan rambut, sebenarnya ada sangat banyak cara yang bisa dilakukan. Pada artikel kali ini, kami akan membagi kedua cara tersebut menjadi dua kelompok. Pertama adalah cara alami, dan yang kedua adalah treatment medis.

Cara Alami untuk Mengurangi Rambut Rontok

Cara alami untuk mengurangi kerontokan rambut, dapat dilakukan dengan kebiasaan-kebiasaan tertentu, hingga memanfaatkan bahan alami. Walaupun terlihat sederhana, namun metode bisa dibilang cukup efektif untuk mengurangi kerontokan.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengurangi  kerontokan rambut yang direkomendasikan  oleh Beautylogica Clinic:

Cara Alami untuk Mengurangi Rambut Rontok

Baca juga:

Cara Mencegah Kebotakan pada Rambut Pria

Cara Menumbuhkan Rambut Pitak ala Dokter Spesialis

1. Mengurangi Intensitas Keramas

Cara mengurangi rambut rontok yang pertama adalah mengurangi intensitas keramas. Banyak orang berpikir keramas setiap hari dapat menjaga kondisi rambut tetap sehat. Bahkan, penggunaan sampo yang terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan rambut, seperti, rambut kering, dan terlihat lebih tipis.

Tidak hanya itu, mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggosoknya dengan kuat menggunakan handuk juga dapat menimbulkan kerontokan. Karena itu, lebih disarankan untuk keramas 1-3 kali seminggu dan mengeringkan rambut dengan handuk yang lebih lembut.

2. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Beberapa jenis penyakit, seperti kurangnya nutrisi dan anemia atau kurang darah, dapat menjadi penyebab kerontokan rambut. Selain itu, tekanan berlebihan juga sering menjadi pelakunya kerontokan rambut.

Karena itu, untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut, cobalah menjalani gaya hidup sehat, yaitu dengan menghilangkan stres, berolahraga secara teratur, meluangkan waktu untuk meditasi, dan cukup tidur.

3. Memanfaatkan Bahan-bahan Alami

Cara mengurangi rambut rontok berikutnya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Lidah buaya dan minyak kelapa telah lama diyakini berkhasiat dalam menangani rambut rontok dan mengobati kulit kepala. Bahkan, lidah buaya juga dipercaya untuk mengurangi ketombe dan produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

Di sisi lain, minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menyerap rambut dan menggantikan protein rambut yang hilang. Selain lidah buaya dan minyak kelapa, ada beberapa bahan alami lain yang juga dapat kalian coba untuk mengatasi rambut rontok, yaitu:

Baca juga:

Cara Merontokkan Bulu Ketiak dengan Treatment yang Baik dan Benar

Klinik Kecantikan Terbaik & Terlengkap di Jakarta Barat!

Perawatan Rambut dengan Bahan Alami
Kuning Telur

Cara mengurangi rambut rontoknya selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kuning telur. Kuning telur adalah sumber vitamin A, biotin, asam amino, dan folat yang baik untuk melembabkan rambut kering. Selain untuk melembabkan, kuning telur juga dapat berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut, dan memperkuat akar rambut.

Minyak Rosemary dan Minyak Geranium

Minyak rosemary dan geranium dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan dan memperkuat rambut. Untuk menggunakannya, oleskan minyak ini ke kulit kepala sebelum atau sesudah keramas.

Tidak hanya itu, kalian juga dapat mengkonsumsi suplemen ginseng yang diyakini meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperlancar aliran darah pada kulit kepala. Cara tersebut terbilang cukup ampuh untuk mengurangi rambut rontok.

Lemon

Kandungan vitamin C pada lemon berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Untuk menggunakannya, kalian dapat mengolahnya sebagai jus atau minyak lemon yang dioleskan ke kulit kepala setelah keramas.

4. Mencukupi Asupan Gizi

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, memenuhi asupan gizi juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Asupan gizi yang sehat dan seimbang adalah bagian dari cara mengurangi rambut rontok yang dilakukan dari dalam tubuh.

Beberapa jenis nutrisi penting untuk rambut rontok meliputi:

Zinc

Zinc merupakan zat yang berperan penting dalam pertumbuhan dan peningkatan jaringan rambut. Selain itu, zinc juga dapat digunakan untuk memelihara kelembaban alami rambut. Untuk itu, zat ini sering digunakan pada produk-produk yang berkaitan dengan perawatan rambut.

Protein dan omega-3

Konsumsi makanan yang mengandung cukup protein dan asam lemak omega-3, seperti telur dan salmon, dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat dan rambut tumbuh lebih kuat dan berkilau.

Vitamin

Ada banyak jenis vitamin yang baik untuk kesehatan rambut, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Beberapa vitamin tersebut diyakini dapat mencegah kerontokan rambut, serta memperkuat akar rambut.

Baca juga:

Rekomendasi Dokter Kecantikan di Jakarta Barat

Berikut Perawatan Menumbuhkan Rambut Paling Ampuh

Hair Treatment untuk Atasi Kerontokan Rambut

Selain menggunakan cara alami, ada metode lain yang tak kalah ampuh dalam mengatasi kerontokan rambut. Cara tersebut adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Metode ini terbilang sangat ampuh karena ditangani langsung oleh dokter yang berpengalaman di bidangnya.

Selain itu, melakukan treatment medis di klinik kecantikan juga menggunakan peralatan yang canggih. Hal ini tentu akan memudahkan pasien untuk mengatasi rambut rontoknya. Berikut adalah beberapa jenis perawatan yang dapat digunakan untuk mengurangi rambut rontok:

1. Hair PRP

Untuk kalian yang mengalami masalah rambut rontok, jenis perawatan ini sangat cocok untuk kalian lakukan. Hair PRP adalah treatment rambut yang menggunakan platelet rich plasma (PRP). Plasma ini diekstraksi dari darah pasien sendiri, dan nantinya akan dioleskan di area kulit kepala yang memiliki masalah. Dalam prosesnya, Rambut PRP ini menggunakan alat khusus yang disebut Microneedling.

2. Hair Growth Treatment

Jenis perawatan berikutnya adalah Hair Growth Treatment. Perawatan ini menggunakan alat hair stamp dan serum khusus. Serum ini mengandung protein khusus yang dapat berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut.

3. Hair PDT

Perawatan rambut berikutnya adalah Hair PDT. PDT sendiri adalah singkatan dari Photo Dynamic Therapy. Terapi rambut ini dilakukan dengan memanfaatkan energi yang dipancarkan dari alat medis khusus. Hair PDT adalah salah satu cara mengurangi rambut rontok yang cukup efektif dan direkomendasikan oleh dokter.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *