Cara Mengurangi Keringat Berlebih yang Selalu Bikin Minder - Dokter Kulit

Cara Mengurangi Keringat Berlebih yang Selalu Bikin Minder

Cara Mengurangi Keringat Berlebih – Pernah gak sih kalian merasa minder karena keringat berlebih? Persoalan keringat memang tak bisa dianggap sepele. Sebab, tubuh yang memiliki keringat berlebih, akan sangat rentan merusak penampilan.

Saat seseorang punya masalah terhadap keringat, tentu mereka akan merasa kurang percaya diri. Bahkan dalam beberapa kasus, keringat berlebih dapat menyebabkan rasa minder bagi seseorang. Jika hal ini terjadi padamu, sebaiknya  segera atasi dengan metode-metode yang disarankan oleh dokter.

Lho, mengapa harus ke dokter? Apakah keringat berlebih itu berbahaya? Nah, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, keringat berlebih tidaklah bisa dianggap sepele. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan berikut ini!

Penyebab Tubuh Mengalami Keringat Berlebih

Sebelum membahas tentang cara mengurangi keringat berlebih, kamu juga wajib tahu tentang akar permasalahan ini. Hal ini wajib diketahui, sebab dengan mengetahui penyebabnya, kamu jadi bisa lebih cepat untuk menentukan langkah penanganan.

Lalu, sebenarnya apa sih penyebab dari keringat berlebih? Pada dasarnya, penyebab keringat berlebih adalah karena kelenjar keringat terlalu aktif. Saat tubuh mengalami keringat berlebih, kelenjar tersebut berarti memproduksi keringat terlalu banyak. Akibatnya, tubuh jadi lebih sensitif terhadap udara di sekitar, dan membuatnya jadi lebih mudah untuk bekeringat.

Keringat berlebih juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya seperti genetik atau turunan, rasa cemas, stres, dan gugup. Gejala keringat berlebih juga lebih sering dialami oleh beberapa bagian tubuh tertentu, seperti wajah, ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki.

Baca juga:

Jenis-jenis Keringat Berlebih

Jenis-jenis Keringat Berlebih

Perlu kalian ketahui, keringat berlebih juga memiliki jenis-jenis tersendiri, lho! Dalam bahasa medis, keringat berlebih dikenal juga dengan nama Hiperhidrosis. Nah, ada dua jenis Hiperhidrosis yang hingga kini telah diketahui, yaitu Hiperhidrosis Focal Primer, dan Secondary General Hiperhidrosis. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini:

Hiperhidrosis Focal Primer

Hiperhidrosis Focal Primer ditandai dengan keringat berlebih di bagian tubuh tertentu. Misalnya seperti area kepala, ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki. Kondisi ini terjadi akibat adanya gangguan pada sistem saraf. Oleh sebab itu, cara mengurangi keringat berlebih jenis ini harus dilakukan dengan metode medis.

Jenis keringat berlebih ini biasanya dialami oleh remaja dan dewasa. Namun tidak menutup kemungkinan, bahwa masalah ini juga dapat dialami oleh orang paruh baya. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera lakukan konsultasi dan pengobatan ke dokter kulit terdekat.

Secondary General Hiperhidrosis

Secondary General Hiperhidrosis, ditandai dengan keringat berlebih di seluruh bagian tubuh. Kondisi seperti ini, biasanya terjadi pada saat malam hari. Dilansir dari laman alodokter, keringat berlebih jenis ini dipengaruhi oleh beberapa kondisi medis, seperti:

  • Kanker, seperti limfoma dan leukimia
  • Penyakit Parkinson
  • Diabetes
  • Cedera tulang belakang
  • Penyakit paru-paru
  • Gangguan kecemasan
  • Kecanduan alkohol
  • Gangguan tiroid
  • Tuberkulosis
  • Menopause
  • Gagal jantung
  • Stroke

Cara Mengurangi Keringat Berlebih yang Disarankan Oleh Dokter

Untuk mengurangi dan mengatasi keringat berlebih, kamu tidak bisa melakukan cara-cara yang sembarangan. Apa lagi jika penyebab keringat berlebih dikarenakan oleh kondisi medis tertentu. Menurut dokter dari Beautylogica Clinic, ada dua cara yang paling efektif untuk mengurangi keringat berlebih, yaitu:

Baca juga:

suntik botox untuk keringat berlebih

Suntik Botox

Botox sebenarnya adalah sebuah perawatan kecantikan. Perawatan ini berguna untuk mengatasi garis halus, dan kerutan yang telah muncul pada permukaan kulit. Namun menurut ilmu medis, Botulinum Toxin yang digunakan dalam perawatan ini, juga sangat efektif untuk mengatasi keringat berlebih.

Botox bekerja dengan cara memblokir aktivitas saraf. Dengan suntikan botox, saraf akan menjadi lebih rileks daripada biasanya. Hal inilah yang membuat kelenjar keringat menjadi kurang aktif. Akibatnya, produksi keringat dapat berkurang secara drastis.

Perawatan ini merupakan cara mengurangi keringat berlebih yang terbukti sangat efektif. Dalam satu kali perawatan, botox mampu memberikan efek bahkan hingga 6-12 bulan. Jika efeknya mereda, botox pun juga sangat aman untuk dilakukan penyuntikan ulang.

Antiperspirant

Antiperspirant adalah sebuah zat kimia yang berfungsi untuk mengontrol keringat berlebih. Biasanya, antiperspirant mengandung garam alumunium di dalamnya. Jenis zat kimia ini, umumnya dapat ditemui di berbagai produk deodoran.

Pengolesan Antiperspirant pada kulit, berguna untuk menyumbat pori-pori agar keringat terhalangi. Selain menghalangi keringat, zat yang satu ini juga dapat berfungsi untuk mengontrol bau badan akibat keringat berlebih.

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

Setelah mengetahui tentang cara mengurangi keringat berlebih, kamu juga harus tahu tentang kapan harus pergi ke dokter. Ada beberapa kondisi yang dapat dijadikan acuan dalam hal ini. Misalnya seperti:

  • Keringat berlebih yang sudah membuat tidak nyaman, dan mengganggu aktivitas sehari-hari.
  • Mengalami keringat berlebih di seluruh bagian tubuh.
  • Keringat berlebih yang disertai dengan gejala insomnia, kelelahan, batuk, dan sering buang air kecil.
  • Keringat berlebih yang muncul tanpa ada pemicu yang jelas, dan terjadi selama enam bulan atau bahkan lebih.
  • Kondisi keringat berlebih yang disertai dengan demam, detak jantung yang cepat, dan terasa sesak napas.
  • Keringat berlebih yang hingga menyebabkan iritasi pada kulit, ataupun membuat kulit menjadi lebih hitam.
  • Keringat berlebih yang membuat baju atau kasur hingga menjadi basah. Biasanya, hal ini terjadi pada saat tidur di malam hari.
  • Kondisi keringat berlebih yang hanya terjadi di satu bagian tubuh saja. Misalnya seperti lipatan paha bagian kanan.

Nah, sekian artikel tentang cara mengurangi keringat berlebih. Bagi kamu yang ingin mengobati atau berkonsultasi seputar keringat berlebih, kamu bisa mengunjungi Beautylogica Clinic. Untuk reservasi dan konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *