Cara Mengukur Payudara dengan Tepat & Akurat

Cara Mengukur Payudara dengan Akurat

Cara mengukur payudara merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diketahui wanita. Mengapa? Sebab dengan mengetahui ukuran payudara secara akurat, kalian dapat menentukan dan memilih bra yang tepat untuk digunakan.

Pemilihan bra yang tepat untuk payudara memiliki banyak manfaat yang bisa didapat. Selain untuk alasan estetika, ukuran bra yang tepat juga berguna untuk menghindari rasa sakit terhadap leher, punggung, serta pundak. Jadi demi kenyamanan dan kesehatan, hal ini sangat wajib untuk kalian ketahui.

Namun ternyata, hingga kini masih banyak wanita yang bingung tentang bagaimana cara mengukur payudara yang tepat. Saat menentukan ukuran payudara sendiri saja masih bingung, pasti pemilihan bra pun menjadi tidak akurat. Oleh karena itu, kami akan coba berbagi tips tentang bagaimana cara mengukur payudara dengan tepat dan akurat. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini!

Sekilas Informasi Mengenai Payudara

Payudara wanita terdiri dari jaringan lemak, jaringan ikat, otot dan saluran susu. Karena terdiri dari jaringan lemak, ukuran payudara sangat dipengaruhi oleh berat badan pemiliknya. Jadi semakin banyak berat badan yang dimiliki seseorang, maka ukuran payudara pun akan semakin besar.

Perkembangan payudara seorang wanita, dimulai saat mereka memasuki masa puber. Pertumbuhan awal, ditandai dengan puting yang mulai menonjol pada saat usia 8-12 tahun. Setelah itu, payudara akan terus tumbuh hingga seorang perempuan memasuki usia dewasa.

Mengetahui tentang bagaimana cara mengukur payudara, juga sangat penting bagi kalian yang memiliki anak perempuan. Pasalnya, hal ini cukup baik untuk edukasi dan memberikan fasilitas terhadap anak perempuan yang memasuki masa puber.

Baca juga: Daftar Kandungan dan Makanan untuk Memperbesar Payudara

Cara Mengukur Payudara dan Bra yang Akurat

Cara Mengukur Payudara dan Bra dengan Tepat

Berbicara mengenai payudara dan bra, tahukah kalian bahwa seorang wanita dapat berganti hingga enam kali ukuran bra? Hal ini menunjukkan bahwa ukuran payudara dapat berubah-ubah selama wanita hidup. Perubahan ukuran payudara dapat terjadi karena berbagai hal, seperti usia, berat badan, kehamilan, bahkan hingga tingkat gravitasi.

Kembali ke topik awal tentang bagaimana cara mengukur payudara dan bra, sebenarnya ada berbagai metode untuk melakukannya, yaitu:

1. Cara Mengukur dengan Ukuran Cup Payudara

Cara pertama yang dapat digunakan untuk mengukur payudara adalah dengan melihat ukuran cup. Cara menentukannya pun cukup mudah. Ketika kalian sudah mengetahui ukuran lingkar dada dan panjang tali bra, maka kurangilah kedua angka tersebut. Setelah sudah ketemu, angka yang tertera adalah referensi bagi ukuran cup kalian. Contohnya, ketika lingkar dada kalian adalah 51 inci dan tali bra kalian 46 inci, maka rekomendasi cup yang paling tepat adalah 5 (DD). Dengan kata lain, kalian dapat membeli bra dengan ukuran 46DD.

Lakukan pengukuran dengan mengurangi ukuran lingkar dada dengan panjang tali bra. Misalkan ukuran dada kalian adalah 51 inci dan ukuran tali bra adalah 46 inci, maka ukuran cup kalian adalah 5 (DD). Dengan kata lain, disarankan untuk membeli bra dengan ukuran 46DD.

2. Cara Mengukur dengan Tali Bra

Cara mengukur payudara yang tepat, dapat dilakukan dengan cara mengukurnya dengan tali bra. Berikut adalah cara mengukurnya:

  • Tarik pita meteran di sekitar area dada, hingga tepat di area bawah ketiak.
  • Kencangkan meteran tersebut, namun jangan sampai terasa sesak di dada.
  • Ketika menemukan angka ganjil, maka bulatkanlah angka yang tertera.

3. Cara Mengukur dengan Ukuran Lingkar Dada

Untuk mengetahui ukuran payudara ideal, kalian perlu tahu bagaimana cara pengukuran payudara. Cara paling umum untuk mengukur ukuran payudara adalah dengan melihat ukuran lingkar dada. Caranya pun cukup mudah. Lingkarkan meteran pada dada kalian, dan taruh pada posisi dada yang paling menonjol. Lalu, lihatlah angka yang tertera dari pertemuan pita meteran.

Panduan Mengetahui Ukuran Bra Lokal dan Luar

Menentukan ukuran bra merupakan hal yang susah-susah gampang. Sebab, tersedia berbagai ukuran yang ditandai dengan kode huruf dan angka. Selain itu, terdapat perbedaan juga terhadap ukuran bra buatan lokal ataupun luar.

Cara mengukur payudara juga dapat digunakan untuk menentukan ukuran bra. Kalian pun harus mengerti tentang jenis dan perbedaan bra. Bra buatan lokal, biasa menggunakan satuan sentimeter (CM) untuk menentukan ukurannya. Bedanya dengan bra buatan luar, satuan yang digunakan biasanya menggunakan inci (INCH). Untuk mengetahui lebih detail tentang kedua hal tersebut, mari simak referensi berikut ini:

Cara Mengukur Payudara dan Bra

Baca juga: Ukuran Payudara Ideal Menurut Dokter & Cara Mendapatkannya

1. Ukuran Lingkar Dada

Berikut аdаlаh раnduаn ukurаn lіngkаr dаdа:

XXS = 60 сm = 28 іnсі

XS = 65 = 30

S = 70 = 32

M = 75 = 34

L = 80 = 36

XL = 85 = 38

XXL = 90 = 40

3XL = 95 = 42

4XL = 100 = 44

5XL = 105 = 46.

2. Ukuran Cup Bra

Cara mengukur payudara juga dapat dilakukan dengan melihat ukuran cup bra. Berikut аdаlаh раnduаn ukurаn cup brа:

10-11 сm = AA

12-13 = A

14-15 = B

16-17 = C

18-19 = D

20-21 = E

22-23 = F

24-25 = G

26-27 = H

28-29 = I

30-31 = J

32-33 = K.

Agar kalian dapat memilih bra dengan tepat, maka ketahui terlebih dahulu tentang cara mengukur payudara yang akurat. Dengan begitu, kalian bisa menentukan bra yang sesuai dan nyaman untuk digunakan. Pemilihan bra yang tepat, dapat memberikan fungsi yang optimal bagi payudara.

Selain baik untuk estetika, bra berfungsi sebagai penopang payudara agar tetap sehat dan terhindar berbagai penyakit. Bagi kalian yang ingin berkonsultasi tentang kesehatan dan penampilan payudara, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *