Cara Mengobati Jerawat dengan Mudah dan Murah

Jerawat batu di hidung

cara mengobati jerawatCara Mengobati JerawatJerawat adalah sebuah penyakit kulit yang keberadaannya sangat mengganggu. Jerawat dapat muncul pada area-area tubuh tertentu, namun paling sering terjadi di area wajah dan punggung. Ketika jerawat muncul, tentu kita akan merasa sangat risih. Entah karena penampakannya, maupun karena rasa sakitnya. Jerawat dapat berdampak buruk juga bagi penampilan seseorang. Ketika jerawat tidak ditangani dengan benar, maka bukan tidak mungkin jerawat ini akan menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Penanganan jerawat haruslah benar dan sesuai dengan jenis kulit. Bila ditangani dengan tidak tepat, maka jerawat bisa semakin parah dan menimbulkan luka yang tidak bisa hilang pada kulit wajah. Pada artikel kali ini, kami akan coba membahas segala macam tentang penyebab dan cara mengatasi jerawat. Maka dari itu, simak artikel ini sampai habis ya Beauties.

Penyebab Jerawat di Wajah

Sebelum masuk pada pembahasan cara mengobati jerawat, sebaiknya kita kenali dulu penyebab terjadinya jerawat, khususnya pada area wajah. Berikut adalah empat kondisi yang dapat menyebabkan jerawat, yaitu:

  • Produksi sebum berlebih

Sebum adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous untuk mencegah kulit kering.

  • Penyumbatan folikel rambut

Jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh campuran sel-sel kulit mati dan sebum.

  • Bakteri

Ini jenis bakteri Propionibacterium acnes dapat berkembang dan folikel rambut menyumbat dan menyebabkan peradangan.

  • Hormon

Kegiatan kelebihan androgen dapat menyebabkan jerawat.

Folikel tersumbat bisa bengkak dan membentuk putih atau komedo komedo hitam ketika terkena dunia luar. Kondisi seperti tidak boleh dianggap remeh, karena bisa berkembang menjadi pustula, papula, nodul, atau kista bahkan, jika terkontaminasi dengan bakteri kulit. Ketahui cara mengobati jerawat untuk langkah antisipasi.

Faktor Risiko Jerawat

Seseorang yang sering mengalami jerawat tentu harus paham bentul gejala dan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami jerawat, di antaranya:

  • Perubahan hormonal. 80% kasus jerawat pada wanita terjadi karena perubahan hormonal pada waktu tertentu, seperti sebelum menstruasi, tiga bulan pertama kehamilan, atau sebagai akibat dari PCOS.
  • Masa pubertas. Pada masa pubertas, testosteron aktivitas hormon akan meningkat. Akibatnya, kelenjar minyak memproduksi sebum dalam jumlah lebih dari yang dibutuhkan kulit.
  • Seseorang dari keluarga bermasalah dengan risiko yang lebih tinggi dari jerawat jerawat.
  • Gesekan kulit dengan objek, misalnya, jerawat di wajah karena terlalu sering memakai penutup kepala, jerawat di leher akibat penggunaan pakaian yang terlalu ketat di kerah, atau jerawat di punggung akibat penggunaan sering ransel.
  • Meskipun stres tidak menyebabkan jerawat, tetapi dapat memperburuk kondisi jerawat yang ada.
  • Konsumsi obat-obatan, seperti penggunaan lithium, kortikosteroid, antikonvulsan atau obat.
  • Penggunaan kosmetik.

Treatment untuk Mengatasi Masalah Jerawat di Wajah

Cara mengobati jerawat dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu alami dan medis. Namun Anda perlu perhatikan, apabila Anda ingin mengobatinya sendiri, pastikanlah cari tahu dulu jenis kulit dan cara mengatasi yang tepat. Cara yang paling aman adalah melakukan konsultasi dengan dokter kulit. Berikut adalah sedikit pembahasan tentang cara mengatasi jerawat di wajah:

  1. Menghilangkan Jerawat dengan Cara Alami

Cara Mengobati Jerawat dengan MaduAda beberapa bahan alami yang sebenarnya bisa juga digunakan untuk menghilangkan jerawat. Penggunaan bahan alami juga dinilai lebih aman untuk dilakukan bagi sebagian orang. Hal tersebut tentu saja karena bahan-bahan alami tidak memiliki zat kimia yang berpotensi untuk merusak kuit. Berikut adalah beberapa daftar bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat:

  • Putih telur

Putih telur tidak hanya dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan kulit dan kontrol produksi minyak di kulit. Untuk mengobati jerawat dengan putih telur, Anda hanya perlu mengoleskan/ menjadikannya sebagai masker  ke daerah dengan jerawat, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih.

  • Madu

Cara mengobati jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan masker madu. Madu dapat menjaga bakteri baik di kulit dan juga dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Menggunakan madu sebagai masker untuk jerawat sangat mudah untuk dilakukan. Pertama-tama, campurkan 3 sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis. Kemudian dimasukkan ke dalam microwave selama 30 detik dan diamkan sebentar. Setelah tidak terlalu panas, oleskan masker pada wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

  • Mentimun

Selain dapat mengatasi mata bengkak, ketimun juga dapat membantu mengurangi peradangan jerawat, dan memberikan efek pendinginan pada kulit. Dengan mentimun, cara mengobati jerawat bisa menjadi lebih efektif.

Agar pengobatan yang dilakukan hasilnya maksimal, terapkan juga pola hidup dengan makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, dan hindari stres.

Selain bahan-bahan alami yang sudah disebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan bahan lain, seperti kentang dan bawang putih untuk mengobati jerawat. Tapi pastikan bahan yang digunakan dalam keadaan bersih.

  1. Menghilangkan Jerawat dengan Cara Medis

Cara Mengobati Jerawat dengan Face PDTDengan cara medis, ada beberapa jenis treatment yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Salah satunya adalah dengan melakukan treatment Face PDT di klinik kecantikan. Mari simak penjelasan tentan treatment tersebut di bawah ini:

Apa itu Face PDT?

Face PDT adalah sebuah perawatan wajah yang menggunakan efek  energi panas dari pancaran alat medis khusus. Pada dasarnya, jenis perawatan ini bertujuan untuk meremajakan kulit dan mengurangi jerawat. Face PDT dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga dapat meminimalkan peradangan pada jerawat. Hal ini juga bisa membuat iritasi pada kulit menjadi berkurang.

Keuntungan dari Face PDT

  • Mengurangi jerawat, kemerahan, dan iritasi pada wajah
  • Membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga dapat meminimalkan peradangan pada jerawat yang timbul
  • Memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi garis-garis halus
  • Meremajakan kulit

Prosedur Kerja

Pada tahap awal, wajah pasien dibersihkan terlebih dahulu dan kemudian dokter akan memilih warna sinar laser PDT untuk disesuaikan dengan kebutuhan kulit pasien. Kemudian pasien diberikan pelembab wajah dan tabir surya secara merata. Dalam prosedur pengerjaannya, Face PDT hanya membutuhkan waktu 20-30 menit.

Amankan Jenis Perawatan ini?

Face PDT sangat aman untuk dilakukan. Namun perlu diketahui, dalam tiap prosedurnya harus ditangani oleh dokter yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Dokter juga biasanya akan menyarankan pasien untuk menggunakan pelembab dan sunblock secara merata. Hindari paparan sinar matahari secara langsung juga merupakan anjuran yang disarankan apabila Anda telah melakukan perawatan ini.

Waktu Pengulangan

Dalam melakukan perawatan ini, Anda biasanya akan disarankan untuk melakukan pengulangan treatment selama beberapa kali. Hal tersebut berguna untuk memaksimalkan cara mengobati jerawat yang sedang Anda lakukan. Normalnya, pengulangan akan dilakukan setelah satu minggu Anda melakukan perawatan pertama.

Promo Face PDT di Beautylogica Clinic

Face PDT adalah sebuah jenis perawatan wajah yang sangat digemari oleh para kalangan wanita. Hal tersebut karena memang hasil darii treatment ini sangat baik untuk wajah. Saat ini, Beautylogica Clinic sedang mengadakan berbagai macam promo treatment kecantikan, salah satunya adalah Face PDT. Hanya dengan membayar Rp. 999.000, Anda bisa mendapatkan perawatan wajah ini sebanyak 5x! Benar-benar menarik bukan? Ini adalah sebuah upaya kami untuk menerapkan “Beauty for Everyone”, dan cantik itu tak perlu mahal. Segera datang ke Beautylogica Clinic untuk mendapatkan promo menarik ini. Kapan lagi Anda menemukan treatment dan cara mengobati jerawat yang ampuh dengan harga semurah ini.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *