Cara Menghilangkan Tanda Lahir dengan Metode Laser

Cara Menghilangkan Tanda Lahir dengan Metode Laser

Cara Menghilangkan Tanda Lahir – Tanda lahir dapat muncul dan dimiliki oleh siapa saja. Umumnya, hal ini terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Namun dalam beberapa kasus, kemunculan tanda lahir juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain. Misalnya seperti kelainan pada pembuluh darah, ataupun penumpukan pigmen pada kulit.

Beberapa orang yang memiliki tanda lahir, sering merasa risih dan menganggap bahwa tanda tersebut harus dihilangkan. Hal ini biasanya terjadi karena warna, ukuran, atau posisi tanda lahir yang berada di area yang terbuka. Saat hal ini terjadi, sangat wajar apabila orang tersebut berupaya untuk menghilangkannya.

Dalam upaya penghilangan tanda lahir, tindakan tidaklah bisa dilakukan dengan sembarangan. Jika kalian ingin menghilangkan tanda lahir, tindakan harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan, dan jenis tanda lahir. Nah, sebelum mengetahui cara menghilangkan tanda lahir yang tepat, mari kita simak pembahasan tentang jenis-jenis tanda lahir berikut ini:

Jenis-jenis Tanda Lahir

Jenis-jenis tanda lahir bisa dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu tanda lahir vaskuler dan tanda lahir pigmen. Untuk lebih mengetahui tentang kedua jenis tanda lahir tersebut, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

jenis-jenis tanda lahir

Baca juga:

Mengenal Peran & Jenis Masalah yang Dapat Ditangani Dokter Kulit

Klinik Kecantikan Terbaik & Terlengkap di Jakarta Barat!

Jenis vaskuler

Tanda lahir vaskular muncul karena gangguan atau kelainan pada pembuluh darah yang ada di bawah kulit. Berikut adalah beberapa jenis tanda lahir vaskuler yang paling umum ditemukan:

Hemangioma

Hemangioma adalah tanda lahir dalam bentuk bintik-bintik yang umumnya merah cerah menyerupai stroberi. Namun, tanda lahir tersebut juga bisa berwarna biru atau ungu. Tanda lahir jenis ini tidak mengubah tekstur kulit. Artinya, tekstur kulit tetap sama dengan tekstur kulit normal.

Tanda lahir hemangioma dapat muncul di bagian tubuh mana pun dan umumnya tidak berbahaya. Namun, hemangioma perlu segera diperiksa oleh dokter jika tanda lahir ini muncul di wajah, di sekitar mata, atau semakin besar. Konsultasikan juga tentang cara menghilangkan tanda lahir apabila kalian ke dokter, yaa!

Macula

Tanda lahir makula ditandai oleh munculnya bintik-bintik kemerahan pada kulit. Tanda kelahiran ini umumnya ditemukan di dahi, kelopak mata, dan bagian belakang leher. Sama seperti kebanyakan tanda lahir, bintik-bintik makula dapat memudar sendiri, tetapi juga dapat permanen.

Port-wine stain

Tanda lahir dari noda port-wine staind ditandai dengan penampilan bintik-bintik seperti warna anggur. Jenis tanda lahir ini, biasanya berwarna merah muda atau sedikit keunguan.

Secara umum, tanda lahir ini hanya muncul di satu bagian tubuh. Namun demikian, itu tidak mengesampingkan kemungkinan jika tanda lahir ini juga muncul di bagian tubuh lainnya.

Tanda lahir dari port-wine stain berada di sekitar mata, sering dikaitkan dengan masalah penglihatan. Jika dirasa terlalu mengganggu, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Jenis pigmen

Sebelum lanjut ke pembahasan cara menghilangkan tanda lahir, mari kita lanjut pada jenis tanda lahir yang berikutnya, yaitu tanda lahir pigmen. Tanda lahir pigmen muncul karena gangguan pada pigmen kulit. Pigmen adalah zat alami yang menentukan warna kulit tubuh. Tanda lahir pigmen dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

Café au lait (noda kopi susu)

Tanda lahir Café Au Lait menyerupai bintik-bintik kulit cokelat muda seperti kopi susu, Jenis tanda lahir ini biasanya berbentuk oval. Tanpa penanganan berarti, tanda lahir ini akan terus menetap pada kulit.

Tanda lahir Café Au Lait bukanlah hal yang berbahaya. Namun, jika jumlahnya lebih dari 6, tanda lahir ini perlu diperiksa oleh dokter. Pasalnya, tanda lahir ini bisa menjadi sebuah  tumor di jaringan saraf.

Tahi lalat

Tanda lahir berupa tahi lalat, umumnya berukuran kecil dan berwarna coklat atau kehitaman. Bentuknya bisa datar atau sedikit menonjol dan terkadang ditumbuhi rambut. Tahi lalat yang timbul sejak lahir pada umumnya tidak berbahaya. Namun, terkadang tahi lalat juga bisa menyerupai kanker kulit.

Tahi lalat yang perlu dicurigai sebagai indikasi kanker kulit adalah bentuk yang tidak teratur, tahi lalat yang baru tumbuh dengan warna seragam, dan memiliki ukuran lebih dari 6 milimeter dan semakin bertambah besar.

Bercak Mongol (Mongolian Spot)

Tanda lahir ini dapat dikenali dengan warna biru keabu-abuan (menyerupai memar). Biasanya, tanda lahir ini muncul di bagian punggung dan bokong. Walaupun begitu, jenis tanda lahir ini juga dapat muncul di bagian lain dari tubuh. Bintik-bintik Mongol umumnya akan memudar sendiri tanpa penanganan.

Baca juga: 

Tempat Perawatan Wajah Terbaik di Jakarta Barat

Cari Dokter Kulit di Mangga Besar? Beautylogica Tempatnya!

Cara Menghilangkan Tanda Lahir dengan Metode Laser

Cara Menghilangkan Tanda Lahir dengan Metode Laser dengan Aman

Metode laser merupakan sebuah tindakan yang kini kian populer dalam perawatan estetika. Selain untuk perawatan wajah, metode ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan tanda lahir. Jenis tanda lahir yang dapat dihilangkan dengan metode ini adalah bercak mongol, atau yang biasa disebut dengan tompel.

Metode laser untuk menghilangkan tanda lahir, menggunakan jenis sinar yang bernama Laser Q-Switched Nd Yag. Jenis tindakan ini dilakukan oleh dokter estetika, ataupun dokter kulit. Untuk bisa mendapatkan perawatan ini, kalian bisa datang ke klinik kecantikan. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut:

Laser Q Switched Nd Yag

Dalam dunia perawatan estetika, perawatan laser memang sudah cukup terkenal. Bukan hanya terbukti cukup efektif, namun perawatan laser juga banyak memiliki manfaat. Misalnya, seperti membantu proses peremajaan kulit, mengatasi masalah pori-pori wajah, dan masih banyak lagi.

Kini perkembangan ilmu tentang perawatan kecantikan sudah kian canggih. Metode laser yang dulu hanya digunakan untuk perawatan estetika, kini juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan tanda lahir yang cukup efektif. Penghilangan tanda lahir dengan laser, umumnya dilakukan pada tanda lahir berjenis mongolian spot, atau yang lebih dikenal dengan istilah tompel.

Hal ini tentu menjadi sebuah kabar yang sangat baik. Mengingat beberapa orang sangat ingin menghilangkan tanda lahir yang ada pada tubuhnya. Di Beautylogica Clinic, jenis perawatan ini dikenal dengan nama Laser Glowing Treatment. Untuk menghilangkan tanda lahir dengan metode laser, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait.

About Ridwan

One thought on “Cara Menghilangkan Tanda Lahir dengan Metode Laser”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *