Berikut Ini Cara Menghilangkan Lipatan Mata Atas dengan Prosedur Bedah Plastik Ditangani Dokter Spesialis

Cara Menghilangkan Lipatan Mata Atas

Cara Menghilangkan Lipatan Mata AtasKeluhan terhadap lipatan mata atas menjadi sebuah hal yang sedang ramai diperbincangkan. Pasalnya, dengan kondisi kelopak mata yang memiliki lipatan terlalu banyak, akan memengaruhi nilai estetika penampilan wajah. Kondisi semacam ini, juga akan menimbulkan kesan lelah, dan nampak tua bagi pemiliknya.

Kondisi lipatan mata atas yang terlalu banyak, sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa hal. Dalam kondisi yang terlalu parah, lipatan mata ini bahkan dapat mengganggu penglihatan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kalian untuk memperhatikan kesehatan, serta penampilan dari kelopak mata kalian.

Pada artikel kali ini, klinik kecantikan Beautylogica akan berbagi informasi dan tips mengenai area lipatan mata. Mulai dari apa penyebab terjadinya lipatan pada area kelopak mata, bagaimana cara mencegahnya, hingga bagaimana cara menghilangkan lipatan mata atas dengan tepat. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak penjelasannya di bawah ini:

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan di Kelopak Mata dengan Tepat

Penyebab Munculnya Lipatan pada Kelopak Mata

Pada dasarnya, munculnya lipatan mata atas disebabkan oleh elastisitas kulit yang berkurang. Ketika elastisitas kulit berkurang, tentu kondisi kulit akan menjadi lebih kendur. Kondisi inilah yang membuat lipatan mata atas muncul pada kelopak matamu.

Kurangnya sifat elastisitas yang membuat kulit menjadi kendur juga dapat dipicu oleh beberapa hal, contohnya seperti:

  • Tubuh kekurangan cairan
  • Paparan sinar matahari
  • Fisik yang kelelahan
  • Kurangnya jam tidur
  • Anemia
  • Faktor usia
  • Gangguan kelenjar minyak

Kondisi semacam ini juga sering dikaitkan dengan gejala Ptosis, yaitu turunnya kelopak mata. Selain karena faktor elastisitas kulit, kondisi ini juga disebabkan oleh berkurangnya kekuatan otot yang mengendalikan kelopak mata. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk mengerti bagaimana cara menghilangkan lipatan mata atas dengan tepat.

Apakah Kondisi ini Berbahaya?

Sebenarnya, jika kondisi atau jumlah lipatan pada mata atas masih wajar, hal ini tidaklah berbahaya. Namun jika jumlahnya sudah dirasa kurang normal, kondisi seperti ini dapat mengganggu penglihatan dan juga penampilan. Bila kamu sedang mengalami permasalahan semacam ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

Cara Mencegah Munculnya Lipatan Mata Atas

Jika dilihat dari beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas, langkah pencegahan untuk lipatan mata atas sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Beberapa langkah pencegahan yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Cukupi cairan dengan minum minimal 8 gelas perhari
  • Hindari paparan sinar matahari dan berikan proteksi lebih bagi kulit
  • Cukupi jam istirahat, dan jaga tubuh agar tetap fit.
  • Rutin mengompres mata dengan air hangat

Apabila kondisi kelopak mata yang kamu miliki masih normal, maka upaya pencegahan adalah langkah yang tepat. Namun apabila kondisi lipatan mata sudah mengganggu penampilan, apalagi penglihatan, sebaiknya segera lakukan cara menghilangkan lipatan mata atas dengan dokter spesialis.

Baca juga: Cara Menghilangkan Lipatan di Bawah Mata Dalam 1 Hari!

Cara Menghilangkan Lipatan Mata Atas dengan Prosedur Bedah Plastik

Salah satu cara untuk mengatasi lipatan mata yang paling efektif adalah dengan tindakan bedah plastik. Melalui prosedur bedah plastik, lipatan mata yang mengganggumu akan diatasi dengan lebih aman. Selain itu, prosedur bedah plastik juga akan membuat tampilan mata yang kamu miliki jadi lebih menarik, dan tampak lebih muda.

Berikut adalah jenis bedah plastik yang dapat digunakan untuk menghilangkan lipatan mata atas:

Ptosis Surgery

Ptosis Surgery adalah sebuah tindakan bedah plastik yang berfungsi untuk memperbaiki kondisi lipatan pada kelopak mata. Selain untuk alasan estetika, prosedur bedah plastik ini juga berfungsi untuk membantu penglihatan agar lebih sempurna.

Saat ini, prosedur dari Ptosis Surgery bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan teknik insisi, dan non-insisi. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

  1. Ptosis dengan Teknik Insisi

Ptosis Surgery yang dilakukan dengan teknik insisi sebenarnya termasuk pada cara tradisional. Prosedur ini, juga lebih tepat diterapkan pada orang dengan gejala ptosis yang terbilang sudah parah. Dengan teknik insisi, cara menghilangkan lipatan mata atas akan lebih efektif, dan bisa membuat tampilan mata jadi lebih segar.

Indikasi Ptosis Surgery dengan Teknik Insisi
  • Lipatan mata atas yang tebal
  • Kendurnya kelopak mata dengan kondisi yang parah
  • Kelebihan lemak pada area mata
  • Lipatan mata yang sudah mengganggu penglihatan
Prosedur Ptosis Surgery dengan Teknik Insisi

Prosedur dari Ptosis haruslah ditangani oleh dokter bedah plastik yang berpengalaman. Sebab, tindakan ini membutuhkan keahlian khusus, serta pengalaman yang mumpuni. Berikut adalah beberapa gambaran untuk prosedur Ptosis dengan teknik insisi:

  1. Dokter akan merancang garis lipatan
  2. Proses pembuatan sayatan
  3. Proses pembuangan jaringan kulit, lemak, dan otot berlebih yang tidak dibutuhkan.
  4. Memperbaiki otot pada area kelopak mata
  5. Proses penjahitan bekas sayatan.

2. Ptosis dengan Teknik Non-Insisi

Cara menghilangkan lipatan mata atas berikutnya adalah dengan Ptosis Surgery non-insisi. Berbeda dengan teknik sebelumnya, tindakan ini dilakukan tanpa menggunakan sayatan, melainkan menggunakan benang.

Baca juga: Operasi Lipatan Mata: Pengertian, Proses Hingga Hasil

Indikasi Ptosis Surgery Non-Insisi
  • Orang dengan ukuran mata yang lebih besar
  • Orang yang sulit membuka mata
  • Kelopak mata yang menutupi pupil
  • Tampilan mata yang lelah
Prosedur Ptosis Surgery dengan Teknik Non-Insisi

Seperti yang telah disebutkan di atas, prosedur dari Ptosis Surgery non-insisi tidaklah menggunakan teknik sayatan, melainkan menggunakan benang. Berikut adalah gambaran singkat dari Ptosis Surgery dengan Teknik non-insisi:

  1. Dokter akan membuat desain lipatan sesuai keinginan dan kebutuhan
  2. Garis tadi akan dibuatkan lubang mikro sebesar 1-2mm
  3. Proses penyelarasan otot dengan media benang

Dengan prosedur yang tanpa menggunakan teknik sayatan,  cara menghilangkan lipatan mata atas ini tidaklah meninggalkan bekas luka yang terlalu terlihat. Selain itu, efek kemerahan serta bengkak yang timbul setelah prosedur dilakukan juga akan lebih minim. Namun perlu diketahui, pemilihan teknik haruslah dilakukan setelah adanya konsultasi dengan dokter.

Klinik Bedah Plastik Terbaik untuk Cara Menghilangkan Lipatan Mata Atas di Jakarta

Apabila kamu ingin melakukan tindakan bedah plastik, kamu harus pergi ke tempat yang memang benar-benar profesional. Sebab, prosedur bedah plastik tidaklah bisa dilakukan dengan sembarangan. Dibutuhkan keahlian dan pengalaman yang cukup untuk mendapatkan hasil operasi yang memuaskan, serta prosedur yang aman.

Salah satu klinik kecantikan terbaik yang dapat kamu jadikan rujukan adalah Beautylogica Clinic. Di sini, kamu bisa mendapatkan penanganan langsung oleh dokter bedah plastik terbaik, serta berpengalaman. Segera lakukan konsultasi terkait cara menghilangkan lipatan mata atas, dengan menghubungi layanan hotline kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *