Cara Menghilangkan Kutil dengan Mudah dan Cepat Tanpa Bekas

Cara Menghilangkan Kutil dengan Mudah dan Cepat Tanpa Bekas

Cara Menghilangkan Kutil – Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang mulus? Kami rasa semua orang tentu menginginkan hal tersebut, khususnya wanita. Karena dengan kulit yang mulus, pasti seseorang akan tampil dengan lebih menarik, dan tentunya lebih percaya diri. Beda halnya dengan orang yang memiliki permasalahan pada kulitnya. Pasti, orang tersebut akan merasakan risih terhadap penampilannya sendiri.

Namun, untuk mendapatkan kulit yang mulus tentu ada formulanya. Salah satu upaya untuk mendapatkan kulit yang mulus adalah dengan rutin melakukan perawatan. Dengan melakukan perawatan dengan rutin, kulit tentu akan menjadi lebih sehat dan mulus. Perawatan kulit memang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya, walaupun sudah melakukan perawatan, kulit tetap saja bisa menjadi rusak.

Salah satu permasalahan yang dapat membuat kulit terlihat tidak mulus adalah kutil. Apakah kamu salah satu orang yang mengalami permasalahan ini? Jika iya, maka ini artikel yang tepat untuk kamu! Di sini, kami akan membahas tentang bagaimana cara menghilangkan kutil dengan mudah dan cepat. Namun sebelum masuk pada pembahasan tersebut, ketahui terlebih dahulu yuk segala hal yang berkaitan dengan kutil.

Apa itu Kutil?

Kutil adalah sebuah infeksi yang terjadi pada kulit dan memiliki bentuk benjolan kecil. Pada umumnya, kutil memiliki tekstur kasar, berwarna pucat kecokelatan. Kadang, kutil juga akan menimbulkan rasa gatal dan sakit saat disentuh.

Permasalahan kulit semacam ini, dapat menyerang siapa saja. Apalagi orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah. Biasanya, kutil sering muncul dipermukaan kulit pada area siku, jari tangan atau kaki, hingga area sekitar kuku. Kemunculan kutil tidak bisa diprediksi dan dapat menyerang segala usia. Bahkan anak-anak dan remaja pun dapat mengalami permasalahan kulit semacam ini

Apa Penyebab Tumbuhnya Kutil?

Cara Menghilangkan Kutil dengan Mudah dan Cepat Tanpa Bekas di Klinik KecantikanKemunculan kutil pada permukaan kulit, disebabkan oleh virus yang bernama human papilloma (HPV). Pada umumnya, virus ini memicu pertumbuhan sel ekstra pada kulit. Pertumbuhan sel ekstra ini akan membuat lapisan kulit terluar menjadi lebih kasar, tebal, dan padat.

Anak-anak dan remaja, lebih sering mengalami permasalahan kutil. Sebab, pada usia-usia tersebut, sistem kekebalan pada tubuh masih tidak terlalu baik. Hal inilah yang dapat memicu munculnya kutil pada permukaan kulit. Jika kamu atau keluargamu tengah mengalami permasalahan semacam ini, segeralah cari tahu tentang cara menghilangkan kutil yang tepat.

Munculnya kutil pada anak-anak dan remaja, lebih sering terjadi ketimbang pada orang yang telah memasuki usia dewasa. Pasalnya, sistem kekebalan pada anak dan remaja belum membangun banyak pertahanan untuk menangkal virus HPV.

Walaupun kemungkinan munculnya kutil pada orang dewasa terbilang kecil, namun tetap saja potensi untuk kemunculannya tetap ada. Khususnya bagi orang yang menghidap penyakit HIV dan sedang mengkonsumsi obat biologis. Pada kasus ini, munculnya kutil disebabkan karena tubuh mereka tidak lagi dapat melawan virus.

Apakah Kutil itu Berbahaya?

Pada dasarnya, kutil tidak menimbulkan efek berbahaya pada kulit. Namun jika dilihat dengan kacamata estetika, kutil tentu akan sangat merusak penampilan. Kulit kamu yang tadinya mulus, menjadi rusak dan teksturnya tidak rata. Hal inilah yang membuat banyak orang ingin mengetahui cara menghilangkan kutil.

Walaupun tidak menimbulkan efek berbahaya, kabar buruknya kutil memiliki potensi untuk menular. Potensi menular pada kutil ini tidak hanya antar orang ke orang, namun bisa juga dari area satu ke area yang lainnya. Maksudnya, jika kamu memiliki kutil pada area tangan, kutil dapat muncul juga pada area lain pada tubuhmu,

Penularan kutil pada area satu ke area lainnya, biasanya terjadi akibat sentuhan. Contohnya ketika kamu menggaruk kutil yang ada di kaki, lalu tangan tersebut kamu gunakan untuk menggaruk area lain pada tubuh, tangan ini akan membawa virus dan membuat area yang digaruk berpotensi besar untuk munculnya kutil. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari sentuhan terhadap kutil.

Potensi penularan kutil juga dapat terjadi akibat kontak fisik terhadap orang yang juga memiliki kutil. Penularan ini juga dapat terjadi karena penggunaan alat-alat pribadi yang bergantian. Oleh karenanya, kamu harus lebih berhati-hati, dan usahakan tidak berkontak fisik dengan orang yang memiliki kutil pada permukaan kulitnya.

Bagaimana Cara Mencegah Kemunculan Kutil?

Sebelum mengetahui tentang cara menghilangkan kutil, sebaiknya kamu juga harus tau tentang cara pencegahannya. Upaya pencegahan kutil sebenarnya dapat dilakukan dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih memproteksi diri dan menghindarkan diri dari infeksi virus HPV. Cara lainnya adalah dengan memperhatikan efek-efek pemicu yang dapat memunculkan kutil. Berikut adalah upaya pencegahannya:

  • Hindari penggunaan barang pribadi secara bergantian
  • Hindari menggaruk kutil
  • Hindari kontak fisik dengan orang yang memiliki kutil
  • Jaga kebersihan kulit dan rajin mencuci tangan

Karena virus kutil dapat menyebar akibat sentuhan, jadi sebaiknya kamu harus ekstra hati-hati. Sebisa mungkin, selalu jaga kebersihan dan hindari sentuhan atau kontak fisik terhadap kutil. Di sisi lain, kamu juga harus memberikan asupan bagi tubuh dengan gizi yang baik. Hal ini bertujuan agar sistem kekebalan tubuhmu tetap kuat dan dapat menangkal virus HPV.

Bagaimana Cara Menghilangkan Kutil?

Bagi orang yang memiliki kutil pada permukaan kulitnya, pasti akan sangat merasa risih. Sebab, kutil akan sangat terlihat menonjol dan warnanya pun akan sangat kontras. Upaya untuk menghilangkan kutil dapat kamu lakukan dengan cara medis di klinik kecantikan. Dengan penanganan medis, kutil yang ada di permukaan kulitmu dapat hilang dengan lebih cepat dan mudah. Mau tahu bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini:

Electrocauter

Cara Menghilangkan Kutil dengan Mudah dan Cepat Tanpa Bekas amanElectrocauter adalah sebuah perawatan bedah minor yang dilakukan dengan memanfaatkan energi panas dan gelombang listrik. Selain sebagai cara menghilangkan kutil, perawatan ini dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat, syringoma, hingga lesi kulit. Dalam tindakan prosedurnya, jenis perawatan ini dilakukan oleh dokter dengan spesialisasi kulit, estetika, ataupun bedah plastik.

Bagaimana Prosedur Cara Menghilangkan Kutil dengan Electrocauter?

Prosedur dari Electrocauter harus dilakukan oleh dokter-dokter yang berpengalaman. Sebab, penanganannya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Bagi kamu yang ingin melakukan perawatan ini, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih klinik kecantikan dan dokter, Pilihlah klinik kecantikan terbaik agar prosedur tetap aman dan hasilnya memuaskan. Berikut adalah beberapa tindakan prosedur jika melakukan Electrocauter:

  • Konsultasi dengan dokter
  • Pasien akan dipotret untuk arsip befor-after
  • Pasien akan diberikan anestesi pada area tindakan
  • Area tindakan akan disinfeksi dengan alkohol swab
  • Tindakan cauter akan dimulai pada area tindakan
  • Ketika proses telah selesai, area tindakan akan dibersihkan
  • Area tindakan juga akan diberikan antibiotik topikal

Tips-tips Setelah Melakukan Perawatan Electrocauter / Cara Menghilangkan Kutil

Setelah tindakan prosedur selesai dilakukan, pasien juga diharapkan berkonsultasi dengan dokter terkait. Biasanya, dokter akan memberikan beberapa tips. Seperti:

  • Apabila memiliki riwayat keloid, gunakan salep khusus keloid
  • Pasien harus menggunakan pelembab dan antibiotik selama satu minggu sebanyak 2x sehari
  • Gunakan sunblock pada pagi dan siang hari

Pada umumnya, area tindakan yang menghitam akan hilang dalam kurun waktu 2 minggu. Jadi kamu tidak perlu khawatir selama proses penyembuhan. Ketika cara menghilangkan kutil dilakukan dengan benar, tentu kulitmu akan kembali menjadi mulus dan menarik.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *