Cara Menghilangkan Kerutan Wajah

Cara Menghilangkan Kerutan Wajah – Kerutan adalah hal normal yang terjadi pada proses penuaan. Saat usia bertambah, elastisitas pada kulit akan berkurang. Hal inilah yang membuat kulit lambat laun akan kehilangan kekencangannya, dan akhirnya timbul kerutan-kerutan.

Sebagian orang mungkin merasa kesal dengan permasalahan ini. Oleh sebab itu, permasalahan kerutan seringkali dianggap sebagai sebuah ancaman. Pasalnya, kerutan akan sangat berpengaruh terhadap penampilan. Terutama kerutan yang muncul pada area wajah.

Kerutan di wajah dapat membuat seseorang tampak lebih tua. Meskipun disebabkan karena faktor usia, beberapa orang juga mengalami masalah ini di usia yang terbilang muda. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahasnya secara lebih lanjut. Mulai dari penyebab, langkah pencegahan, hingga cara menghilangkan kerutan wajah.

Apa itu Kerutan?

Kerutan adalah garis-garis yang timbul di atas permukaan kulit. Garis-garis kerutan, paling sering muncul di area-area yang mudah terpapar sinar matahari.  Misalnya seperti wajah, leher, lengan, dan tangan. Kerutan atau keriput terbagi menjadi dua kategori. Pertama adalah kerutan halus dan kedua adalah kerutan yang dalam.

Baca juga:

Penyebab Kerutan di Wajah

Pada dasarnya, kerutan di wajah disebabkan oleh menipisnya lapisan dermis pada kulit. Dengan kondisi tersebut, struktur dan elastisitas kulit akan mengalami banyak perubahan. Selain itu, saat usia seseorang bertambah, tubuhnya akan lebih sulit untuk mempertahankan kelembapan dan minyak alami tubuh.

Hal inilah yang nantinya membuat kulit terlihat kering, dan berisiko terhadap munculnya kerutan. Selain beberapa kondisi di atas, ada cukup banyak faktor lain yang dapat meningkatkan risiko munculnya kerutan, seperti:

Faktor Usia

Usia adalah faktor yang berperan cukup besar dalam perubahan tubuh, termasuk kerutan pada wajah. Dilansir dari laman clevelandclinic.org, saat usiamu memasuki 30-an, tubuh akan kehilangan 1% kolagen di tiap tahunnya. Hal inilah yang membuat kulit rentan mengalami kerutan. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera ketahui cara menghilangkan kerutan wajah dengan tepat.

Kontraksi Otot Wajah

Kontraksi otot wajah terjadi pada saat seseorang tersenyum, mengernyitkan kening, menyipitkan mata, dan ekspresi wajah lainnya. Apabila dilakukan secara berulang dan dalam waktu yang lama, hal ini dapat menyebabkan garis halus dan kerutan pada wajah.

Paparan Sinar Matahari

Terlalu sering terkena paparan sinar matahari, dapat membuat kulit mengalami penuaan dini dengan lebih cepat. Pasalnya, hal ini dapat merusak kolagen sehingga dapat menurunkan tingkat elastisitas kulit. Kondisi inilah yang membuat garis halus dan kerutan pada wajah muncul.

Merokok

Kebanyakan para perokok, tidak mengetahui bahwa kebiasaan tersebut sangat berbahaya pada kulit. Pasalnya, zat-zat dan asap yang ada di dalam merokok, dapat mengurangi produksi kolagen pada kulit. Hal inilah yang membuat penuaan dini pada kulit lebih cepat terjadi. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan kusam.

Selain beberapa hal di atas, faktor lain seperti keturunan dan jenis kulit juga menjadi penyebab munculnya keriput di wajah. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu merawat kulit dengan baik, agar elastisitas dan kesehatan kulit tetap terjaga.

Cara Mencegah Kerutan Wajah

Selain cara menghilangkan kerutan wajah, kamu juga wajib untuk mengetahui upaya pencegahannya. Hal ini menjadi informasi yang sangat penting, sebab bagaimana pun mencegah tetap lebih baik dari pada mengobati.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah datangnya kerutan dini pada wajah, seperti:

  • Hindari paparan sinar matahari yang terlalu lama.
  • Rutin gunakan pelembap kulit.
  • Cukupi asupan cairan bagi tubuh.
  • Konsumsi bahan makanan sehat dan kaya mineral.
  • Hindari kebiasaan merokok.
  • Cukupi waktu istirahat dan hindari kebiasaan begadang.
  • Lakukan perawatan kulit secara rutin, baik dengan skincare atau

Untuk langkah yang lebih efektif, kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit atau dokter estetika. Dengan begitu, kamu akan lebih mengetahui lebih detail tentang jenis kulitmu, serta perawatan apa yang cocok untuk diterapkan.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Kerutan Wajah

Upaya untuk menghilangkan kerutan sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya seperti penggunaan obat retinoid topikal, krim kerutan, dan beberapa bahan alami tertentu. Namun untuk hasil yang lebih optimal, biasanya dibutuhkan penanganan lebih serius agar kerutan dapat benar-benar hilang.

Menurut salah satu dokter estetika dari Beautylogica, upaya penanganan kerutan akan lebih efektif jika dilakukan dengan prosedur kecantikan. Ada beberapa jenis perawatan dan tindakan operasi yang dapat direkomendasikan dalam hal ini, seperti:

Derma Peeling

Derma Peeling adalah sebuah perawatan yang dilakukan dengan peeling berbahan dasar kimia. Cara kerja dari perawatan ini adalah untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit. Dengan begitu, kerutan halus akan tersamarkan dan hilang dari permukaan kulit.

Microdiamond Dermabrations

Microdiamond Dermabrations berguna untuk menghilangkan lapisan kulit yang halus. Cara kerjanya adalah dengan batu kristal khusus yang berukuran kecil. Dengan alat tersebut, sel kulit mati dan kerutan halus pada lapisan kulit dapat dihilangkan.

Derma Skin Booster

Derma Skin Booster bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati. Dalam tindakan prosedurnya, perawatan ini dilakukan dengan alat capsugen dan serum khusus. Selain sebagai cara menghilangkan kerutan wajah yang halus, perawatan ini juga dapat berguna untuk mencerahkan, membersihkan, serta menghaluskan kulit.

Botox

Botox adalah perawatan injeksi yang dilakukan dengan obat bernama Botulinum Toxin. Perawatan yang satu ini memang sudah terbukti ampuh dalam mengatasi kerutan. Dengan obat yang digunakan, Botox mampu merelaksasi otot dan saraf, sehingga kerutan di wajah dapat hilang dengan seketika. Perawatan ini cocok untuk mengatasi masalah kerutan dengan tingkat sedang.

Filler

Filler dilakukan dengan teknik injeks menggunakan zat yang bernama Hyaluronic Acid. Cara kerja dari perawatan ini adalah dengan mengisi volume pada area yang dianggap kurang. Dengan cara kerja ini, Filler sangat efektif untuk mengisi bagian wajah yang mengalami kerutan.

Face Lift

Apabila tingkat kerutan terbilang parah, maka Face Lift adalah tindakan yang paling tepat untuk dilakukan. Face Lift sendiri adalah sebuah tindakan bedah plastik yang berguna untuk mengencangkan kulit.

Cara kerjanya adalah dengan mengangkat area kulit yang mengalami kerutan dan kendur, dan membuang jaringan berlebih agar kulit tampak lebih kencang. Operasi ini harus ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah plastik.

Sekian artikel tentang cara menghilangkan kerutan di wajah. Bagi kamu yang ingin mengatasi masalah kerutan, segeralah konsultasi ke Beautylogica Clinic. Untuk info dan reservasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.