cara menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya

Cara Menghilangkan Jerawat Meradang dan Bekasnya – Keberadaan jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Tak hanya itu, jerawat juga dapat membuat penderitanya risih, akibat rasa nyeri yang ditimbulkan.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas seputar permasalahan jerawat, khususnya jerawat yang meradang. Mulai dari penyebab, cara mencegah, hingga cara mengatasi permasalahan jerawat. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak info lengkapnya di bawah ini!

Ciri Jerawat Meradang

Jerawat meradang adalah jenis jerawat yang tumbuh di bagian kulit lebih dalam dari umumnya. Jenis jerawat yang satu ini, biasanya berwarna kemerahan dan memiliki mata di bagian ujungnya.

Dalam kondisi parah, jerawat meradang juga dapat berisikan cairan yang jika jerawat dipecahkan, maka cairan tersebut dapat keluar. Jerawat meradang juga dapat menimbulkan rasa nyeri dan sakit, pada area kulit yang mengalami jerawat.

Ada beberapa ciri dari jerawat meradang, yaitu:

  • Jerawat berwarna kemerahan.
  • Menimbulkan rasa nyeri pada area kulit.
  • Menimbulkan rasa gatal.
  • Memiliki cairan yang tersimpan di dalam jerawat.
  • Dapat menimbulkan pembengkakan.
  • Memiliki mata jerawat.

Peradangan jerawat juga dapat timbul di beberapa area tubuh. Misalnya seperti wajah, leher, dada, dan punggung. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya, agar tidak menimbulkan permasalahan lain dikemudian hari.

Baca juga:

Penyebab Jerawat Meradang

Perawatan Menghilangkan Jerawat Meradang dan Bekasnya

Dilansir dari laman Dermnetnz.org, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat meradang, yaitu:

  • Produksi sebum berlebih hingga menyebabkan penyumbatan.
  • Akibat munculnya bakteri yang bernama Cutibacterium Acnes.
  • Timbulnya bakteri Propionibacterium Acnes yang menjadi penyebab peradangan.
  • Penumpukan sel kulit mati, dan berabagai macam kotoran pada pori-pori kulit.
  • Reaksi kekebalan tubuh yang berlebih, hingga menimbulkan peradangan.

Dalam kasus tertentu, peradangan jerawat juga dapat timbul akibat faktor hormon. Oleh karena itu, setiap orang seringkali memiliki penyebab yang berbeda-beda.

Jenis-jenis Jerawat Meradang

Peradangan jerawat juga terbagi menjadi beberapa jenis. Oleh karena itu, bentuk dan ciri yang terlihat berbeda-beda pada tiap orangnya. Berikut adalah beberapa jenis peradangan jerawat yang wajib kamu ketahui:

  • Papula: Jenis jerawat yang berwarna kemerahan dan tidak memiliki mata putih di atasnya.
  • Pustula: Benjolan berwarna kemerahan, dan memiliki mata putih atau kuning di atasnya.
  • Nodul: Jenis jerawat yang memiliki nanah di dalamnya, serta menimbulkan rasa sakit dan pembengkakan.
  • Kista: Jerawat yang timbul jauh di dalam kulit, dan memiliki warna yang lebih kemerahan.

Selain mengetahui cara menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya, kamu juga wajib mengetahui jenis-jenis dari jerawat ini. Hal tersebut berguna untuk langkah penanganan yang lebih efektif, serta keamanan prosedur perawatan.

Cara Mencegah Jerawat Meradang dan Bekasnya

Agar terhindar dari masalah peradangan jerawat dan bekasnya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah beberapa tips yang direkomendasikan oleh dokter kecantikan dari Beautylogica Clinic:

  • Lakukan pembersihan wajah secara optimal sebelum menggunakan skincare.
  • Hindari sentuhan, gesekan, ataupun memencet jerawat.
  • Biasakan untuk memakai sunscreen saat ini beraktivitas di luar ruangan.
  • Pilih produk makeup yang bebas dari kandungan minyak.
  • Gunakan produk skincare yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit.
  • Lakukan perawatan di klinik kecantikan secara rutin.

Upaya pencegahan jerawat, dapat efektif jika kamu mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat dan bersih. Oleh karena itu, perbaiki asupan gizi pada makanan, serta terapkan gaya hidup sehat. Baik itu rutin berolahraga, ataupun rutin menjaga kebersihan pakaian, rambut, dll.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Jerawat Meradang dan Bekasnya

Penyebab jerawat meradang dan bekasnya

Untuk menghilangkan jerawat yang meradang, kamu harus lebih berhati-hati dalam menentukan langkah. Pasalnya, jika tidak dilakukan dengan tepat, peradangan jerawat berisiko meninggalkan bekas yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Bahkan dalam beberapa kasus, bekas dari peradangan jerawat dapat meninggalkan jejak yang permanen. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan, agar langkah penanganan lebih efektif dan aman.

Di klinik kecantikan sendiri, ada beberapa rekomendasi perawatan untuk mengatasi permasalahan ini. Ingin tahu apa saja perawatannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Cortisore Injection

Cortisore Injection dikenal juga dengan istilah suntik jerawat. Perawatan yang satu ini dilakukan dengan teknik injeksi, dengan menggunakan zat yang bernama Kortikosteroid.

Ada beberapa tahapan prosedur yang harus dilalui pasien jika ingin melakukan perawatan ini, yaitu:

  • Konsultasi

Pada tahap ini dokter akan melakukan pengecekan fisik pada area kulit yang mengalami jerawat. Hal ini berguna untuk mengetahui jenis jerawat yang dimiliki oleh pasien.

  • Pembersihan

Saat jenis jerawat telah diketahui, proses selanjutnya yang dilakukan adalah pembersihan. Pada tahap ini kulit akan dibersihkan dengan menggunakan antiseptik, ataupun cairan alkohol. Tujuannya adalah untuk mematikan bakteri penyebab jerawat.

  • Penyuntikan

Setelah proses pembersihan selesai, barulah dokter dapat melakukan proses penyuntikan. Pada proses ini, Kortikosteroid akan disuntik dengan menggunakan jarum yang berukuran sangat kecil. Nantinya dokter juga akan memerhatikan tingkat kedalaman, serta tingkat keenceran yang tepat agar hasil optimal.

Ketika penyuntikkan telah selesai dilakukan, proses selanjutnya adalah pembersihan ulang. Dalam satu kali tindakan prosedur, Cortisore Injection hanya membutuhkan waktu sekitar 10-20 menit saja.

Laser Acne

Perawatan laser menjadi salah satu treatment yang kini kian populer di dunia kecantikan. Bahkan, perawatan ini juga sudah terbukti efektif, sebagai cara menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya.

Laser Acne sendiri dilakukan dengan teknologi yang bernama Laser Q Switched Nd YAG. Sinar laser ini bekerja dengan menghantarkan energi panas, yang nantinya dapat menembus hingga ke bawah lapisan kulit.

Prosedur Laser Acne juga dilakukan dengan beberapa tahapan prosedur. Pertama adalah dengan melakukan pembersihan secara menyeluruh pada area yang berjerawat. Setelah itu, dokter akan menerapkan alat laser pada permukaan kulit yang memiliki jerawat.

Perawatan yang satu ini dilakukan langsung oleh dokter kecantikan atau dokter estetika. Oleh karena itu, sebelum perawatan laser dilakukan, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter yang bersangkutan.

Baca juga:

Platelet Rich Plasma (PRP)

PRP adalah sebuah perawatan yang berfokus untuk memperbaiki permasalahan pada tekstur kulit. Oleh karena itu, setelah melakukan cara menghilangkan jerawat meradang dan bekasnya, perawatan ini sangatlah direkomendasikan.

Dilakukan dengan serum khusus dan alat yang bernama Microneedling, perawatan ini mampu mengatasi bopeng bekas jerawat, sehingga membuat kulit mulus kembali. Perlu diketahui, serum PRP yang digunakan, didapat dari ekstraksi darah pasien sendiri. Oleh karena itu, perawatan ini sangat minim terhadap efek alergi.

Growth Factor Rejuve

Growth Factor Rejuve memiliki cara kerja yang mirip dengan PRP treatment. Bedanya hanyalah pada serum yang digunakan. Pada perawatan ini, serum yang digunakan adalah growth factor khusus.

Dengan cara kerja tersebut, perawatan ini mampu mengencangkan, memperbaiki tekstur kulit, sekaligus meremajakan tekstur kulit. Dengan begitu, permasalahan bekas jerawat yang menimbulkan kerusakan tekstur, dapat ditangani lebih efektif dengan perawatan ini.

Sama seperti perawatan-perawatan sebelumnya, Growth Factor Rejuve juga ditangani langsung oleh dokter kecantikan. Oleh karena itu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, untuk mengetahui jenis bekas jerawat yang dimiliki.

Konsultasi Cara Menghilangkan Jerawat Meradang dan Bekasnya

Proses penanganan jerawat, sebaiknya harus ditangani langsung oleh orang yang ahli dan berpengalaman. Sebab, selain untuk hasil yang optimal, hal ini berguna untuk menentukan jenis perawatan yang tepat, serta prosedur perawatan yang lebih aman.

Bagi kamu yang ingin berkonsultasi dengan dokter kecantikan terbaik, Beautylogica adalah tempat terbaik yang dapat kamu kunjungi. Di sini, kamu akan mendapati beragam jenis perawatan wajah berjerawat. Mulai dari yang menggunakan teknologi canggih, hingga beragam metode lainnya.

Perawatan jerawat yang ada di Beautylogica juga memiliki harga yang cukup ekonomis. Apalagi jika dibandingkan dengan klinik-klinik lain sekelasnya. Oleh karena itu, kamu tak perlu khawatir untuk merogoh kocek terlalu dalam. Untuk buat janji dan berkonsultasi dengan dokter, segera hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.