Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Cara Menghilangkan Jerawat Batu – Kemunculan jerawat batu adalah salah satu permasalahan kulit yang paling menyebalkan. Pasalnya, jenis jerawat ini menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Selain itu, tampilan jerawat batu juga sangat mencolok, sehingga membuat keindahan wajah menjadi berkurang.

Jerawat batu dapat dialami oleh siapa saja. Oleh sebab itu, kamu harus selalu berhati-hati dalam merawat wajah, agar terhindar dari permasalahan ini. Sebab jika tidak, jerawat batu dapat muncul dan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

Apa itu Jerawat Batu?

Dalam bahasa medis, jerawat batu dikenal juga dengan istilah jerawat kistik. Jerawat jenis ini memiliki ciri lebih besar dari jerawat pada umumnya, dan mempunyai tekstur yang lebih keras. Jerawat batu umumnya memiliki warna kemerahan, dan menimbulkan rasa sakit.

Jerawat batu (kistik) lebih susah diatasi daripada jerawat pada umumnya. Oleh sebab itu, cara menghilangkan jerawat batu harus dilakukan secara khusus. Biasanya, untuk mengatasi jerawat batu dibutuhkan tindakan medis, dan dilakukan langsung oleh dokter kulit atau estetika.

Baca juga:

Penyebab Jerawat Batu

Penyebab Jerawat Batu

Jerawat batu terbentuk jauh di dalam kulit. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori akibat penumpukan sel kulit mati. Selain itu, jerawat batu juga dapat muncul karena adanya bakteri yang terperangkap di dalam kulit. Bakteri inilah yang menginfeksi kulit, dan membuat benjolan besar berisi nanah akhirnya muncul.

Kondisi seperti ini sebenarnya harus segera diatasi. Sebab jika tidak, kulit akan sangat rentan mengalami peradangan. Jika hal ini telah terjadi, maka pori-pori akan rentan pecah dan menimbulkan peradangan yang lebih banyak.

Penyebab jerawat batu juga dapat dipicu karena beberapa hal, yaitu:

  • Kelebihan minyak (sebum).
  • Wajah menyimpan banyak kotoran dan sel kulit mati.
  • Peningkatan hormon endrogen.
  • Faktor genetik atau keturunan.
  • Orang yang menderita keringat berlebih.
  • Penggunaan produk kosmetik yang tidak tepat.
  • Wanita yang sedang berada di masa kehamilan.
  • Seseorang yang memasuki masa menopause.
  • Sedang mengalami menstruasi.

Ciri-ciri dan Gejala Jerawat Batu

Sebelum mengetahui tentang cara menghilangkan jerawat batu, kamu juga wajib untuk mengetahui ciri-ciri dan gejala dari permasalahan kulit yang satu ini. Ciri jerawat batu sebenarnya sangat mudah untuk dikenali. Jerawat jenis ini, bisa diidentifikasi dengan benjolan besar yang menyerupai bisul, dan memiliki warna kemerahan.

Benjolan dari jerawat batu juga memiliki puncak berwarna keputihan. Hal inilah yang menandakan bahwa jerawat batu mengandung nanah di dalamnya. Jika jerawat ini pecah, maka nanah akan keluar dan menimbulkan rasa sakit yang sangat tidak nyaman.

Jerawat batu sebenarnya lebih sering muncul di area wajah. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa jerawat ini juga dapat muncul pada area lain. Selain wajah, jerawat batu juga bisa muncul di bagian belakang telinga, dada, ataupun punggung. Jadi jika kamu ingin terhindar dari masalah jerawat yang satu ini, sebaiknya jaga kebersihan kulitmu dengan lebih ekstra.

Jika jerawat batu sudah muncul pada kulit, maka keberadaannya sangat sulit untuk dihilangkan. Bahkan, jerawat ini dapat bertahan hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Parahnya lagi, jerawat jenis ini juga menimbulkan bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan. Biasanya, bekas jerawat yang muncul berwarna kehitaman, ataupun berupa luka bopeng.

Baca juga:

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Batu?

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Untuk menghilangkan jerawat batu, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Namun sebelum kamu melakukan tindakan, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait. Hal ini sangat wajib. Sebab dengan berkonsultasi, dokter dapat melakukan pengecekan fisik terhadap jerawat, serta mengetahui jenis kulit yang kamu miliki.

Pengecekan fisik bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Sebab dengan mengetahui jenis kulit pasiennya, dokter dapat merekomendasikan perawatan yang tepat, dan sesuai dengan kebutuhan kulit si pasien.

Berikut adalah beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi jerawat batu:

Obat Oles

Obat oles merupakan cara menghilangkan jerawat batu yang cukup efektif. Biasanya, obat oles yang digunakan ialah yang mengandung retinoid (vitamin A), asam salisilat, dan dapsone. Kandungan ini digunakan untuk menghilangkan jerawat yang sudah parah, ataupun untuk upaya pencegahan. Jika kamu ingin menerapkan cara ini, obat oles bisa sangat mudah untuk ditemukan. Jenis obat ini juga tersedia dalam berbagai bentuk, misalnya seperti gel, losion, dan krim.

Obat Minum

Obat minum juga dapat dipilih sebagai salah satu cara untuk mengatasi jerawat batu. Cara ini dilakukan dengan meminum antibiotik. Konsumsi antibiotik, dapat berguna untuk mengurangi pertumbuhan bakteri yang menjadi salah satu penyebab dari jerawat. Namun perlu diperhatikan, antibiotik yang akan diminum haruslah sesuai dengan jenis permasalahan kulit, atau jerawat yang sedang dialami.

Selain menggunakan obat oles dan obat minum, cara menghilangkan jerawat batu juga dapat dilakukan dengan terapi khusus. Misalnya seperti terapi cahaya, perawatan ekstraksi, ataupun perawatan peeling. Dengan beberapa perawatan tersebut, bakteri penyebab jerawat dapat dicegah pertumbuhannya, dan sekaligus dihilangkan. Jadi jerawat batu yang telah muncul, dapat diredakan dengan lebih cepat.

Suntik Kortikosteroid

Cara yang tak kalah ampuh untuk menghilangkan jerawat batu adalah dengan melakukan suntik kortikosteroid. Dalam bahasa sehari-hari, suntik kortikosteroid dikenal juga dengan istilah suntik jerawat. Fungsi utama dari perawatan ini adalah untuk meredakan peradangan pada jerawat. Dengan begitu, benjolan dan rasa sakit yang muncul akibat jerawat, dapat diredakan dengan lebih cepat dan efektif. Sebagai informasi tambahan, suntik kortikosteroid juga dapat digunakan untuk menghilangkan keloid, lho!

Cara menghilangkan jerawat batu dengan suntik kortikosteroid, tidaklah bisa dilakukan dengan sembarangan. Dibutuhkan praktisi medis yang handal, agar suntikan yang dilakukan bisa aman dan juga efektif. Bagi kamu yang ingin melakukan perawatan ini, silahkan langsung kunjungi Beautylogica Clinic. Sebab di sini, kamu akan ditangani langsung oleh dokter-dokter ternama, dan telah ahli di bidangnya. Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *