Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Treatment Estetika

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Treatment Estetika

Cara Menghilangkan Flek Hitam – Dalam dunia medis, flek hitam dikenal dengan istilah Ephelis. Permasalahan kulit ini, disebabkan oleh kumpulan pigmen alami yang berisi melanosome. Masalah flek hitam dapat dialami oleh siapa saja. Namun, orang yang memiliki kulit berwarna cerah, biasanya lebih rentan mengalami hal ini.

Flek hitam dapat muncul pada beberapa area di tubuh, seperti wajah, lengan, dada, leher, dan bahu. Walaupun dianggap tidak berbahaya bagi kesehatan, namun kemunculan flek hitam sangat mengganggu penampilan. Pasalnya, flek hitam dapat meninggalkan bekas yang sangat kontras dengan kulit. Oleh sebab itu, banyak orang yang merasa bahwa masalah kulit ini haruslah diatasi.

Gejala Kemunculan Flek Hitam

Gejala kemunculan flek hitam, biasanya ditandai dengan munculnya bercak atau titik noda berwarna gelap pada permukaan kulit. Kondisi seperti akan semakin parah jika kulit terkena paparan sinar matahari dengan intensitas yang terlalu sering.

Sebaliknya, ketika intensitas sinar matahari yang kulit terima berkurang, flek hitam pun lama kelamaan akan memudar. Oleh sebab itu, menghindari dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari, merupakan salah satu cara menghilangkan flek hitam secara alami yang dapat kalian lakukan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, flek hitam umumnya tidak membahayakan kesehatan. Namun dalam beberapa kasus, flek hitam juga merupakan indikasi suatu penyakit yang serius, yaitu xeroderma pigmentosum dan neurofibromatosis.

Baca juga:

Bagaimana Flek Hitam dapat Muncul?

Penyebab Flek Hitam

Kemunculan flek hitam, sangat erat hubungannya dengan produksi melanin di dalam kulit. Melanin sendiri adalah sebuah pigmen alami yang menentukan warna kulit manusia. Ketika seorang manusia memiliki banyak melanin dalam tubuhnya, maka kulit orang tersebut akan semakin gelap.

Salah satu faktor yang menyebabkan produksi melanin bertambah adalah sinar matahari / ultraviolet. Jadi ketika kulit terkena paparan sinar matahari terlalu sering, maka semakin banyak pula melanin yang diproduksi oleh tubuh.

Saat kondisi seperti ini dibiarkan, maka kulit akan menjadi lebih gelap. Untuk kasus flek hitam, biasanya melanin akan berfokus pada beberapa area tertentu. Lama-kelamaan, pigmen alami ini akan mengalami penumpukan. Penumpukan itulah yang nantinya menimbulkan bercak, yang saat ini kita kenal dengan istilah flek hitam.

Diagnosis Flek Hitam

Untuk melakukan cara menghilangkan flek hitam yang efektif, pertama-tama kalian harus mendiagnosis masalah tersebut secara tepat. Hal ini bisa kalian dapatkan dengan berkonsultasi dengan dokter kulit, ataupun dokter estetika yang ada di klinik kecantikan.

Pada saat berkonsultasi, biasanya dokter akan menanyakan tentang gejala, riwayat kesehatan, ataupun aktivitas luar ruangan yang biasa pasien lakukan. Setelah itu, dokter juga akan melakukan pengecekan fisik terhadap flek hitam yang dimiliki oleh pasien.

Umumnya, dokter akan melihat flek hitam dari segi bentuk, ukuran, tekstur, serta area di mana flek hitam tersebut berada. Untuk memastikan apakah flek hitam tersebut berbahaya atau tidak, mungkin dokter juga akan melakukan biopsi pada jaringan kulit.

Cara Menghilangkan Flek Hitam

Upaya untuk menghilangkan flek hitam, dapat dilakukan dengan memanfaatkan krim tertentu ataupun treatment estetika. Kedua metode ini merupakan cara yang cukup mudah untuk dilakukan. Untuk pembahasan lebih lanjut, mari simak penjelasan berikut ini:

Baca juga:

Cara Mengobati Flek Hitam dengan Krim

Penggunaan krim untuk mengatasi permasalahan kulit memang sudah dilakukan sejak lama. Sebab, penggunaan krim memang dianggap sebagai cara yang cukup efektif. Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya, penggunaan krim khusus dapat mengatasi beragam masalah tertentu pada kulit.

Untuk mengobati masalah flek hitam pada kulit, berikut adalah beberapa krim yang direkomendasikan:

1. Krim Pemutih

Krim pemutih memiliki kandungan khusus yang dapat berguna untuk menekan produksi melanin, serta mencerahkan kulit yang gelap. Kandungan tersebut ialah hydroquinone. Krim pemutih sangat mudah untuk didapatkan dan juga diaplikasikan. Sebagian besar orang, menganggap bahwa cara ini merupakan metode yang mudah dan cukup efektif.

2. Krim Retinoid

Cara menghilangkan flek hitam berikutnya adalah dengan menggunakan krim retinoid. Krim jenis ini bisa didapatkan dari resep yang diperoleh dari dokter. Krim retinoid sendiri memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi untuk mencerahkan dan mengatasi flek hitam.

3. Tabir Surya

Dari penjelasan sebelumnya, kita semua tahu bahwa penyebab utama dari flek hitam adalah paparan sinar matahari. Untuk itu, tabir surya sangat tepat digunakan untuk mengatasi dan mencegah munculnya flek hitam pada kulit. Bagi kita yang tinggal di negara dengan iklim tropis, disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih.

Baca juga:

Menghilangkan Flek Hitam dengan Treatment Estetika

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Perawatan Estetika

Setelah mengetahui beberapa krim yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam, ada cara lain yang juga tak kalah ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang dimaksud adalah dengan melakukan treatment estetika.

Untuk melakukan perawatan estetika, kalian bisa berkunjung ke klinik kecantikan yang menyediakan jasa perawatan kulit. Metode ini terbilang sangat aman dan juga efektif. Pasalnya, tindakan prosedurnya dilakukan langsung oleh dokter kulit ataupun dokter estetika.

Berikut adalah jenis perawatan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam:

1. Perawatan Laser

Perawatan kulit dengan metode laser, sudah menjadi sebuah treatment terfavorit bagi para penggemar dunia estetika. Pasalnya, perawatan ini dapat memberikan hasil yang signifikan, dan juga dalam waktu yang cukup instan.

Dalam upaya menghilangkan flek hitam, sinar laser akan diarahkan pada kulit yang bermasalah dengan intensitas tertentu. Gelombang sinar laser yang dipancarkan, mampu membuat kulit menjadi lebih cerah, dan menyamarkan flek-flek hitam pada kulit.

Selain dapat mengatasi flek hitam, perawatan ini juga mampu digunakan untuk mengatasi masalah jerawat, serta mengontrol minyak pada kulit. Perawatan laser juga digemari karena minim terhadap risiko dan efek samping.

Salah satu klinik kecantikan yang menyediakan jasa perawatan ini adalah Beautylogica Clinic. Di sini, terapi laser untuk cara menghilangkan flek hitam dikenal dengan nama Laser Glowing Treatment. Dalam satu kali sesi prosedur, perawatan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 20-40 menit.

2. Perawatan Chemical Peeling

Perawatan estetika berikutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam adalah Chemical Peeling. Mungkin sebagian dari kalian masih bingung dengan apa yang dimaksud Chemical Peeling. Chemical Peeling adalah cairan kimia yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit yang bermasalah, serta membantu regenerasi sel kulit baru.

Cara kerja dari perawatan ini adalah dengan pengelupasan kulit. Selain di wajah, perawatan chemical peeling dapat dilakukan di hampir setiap bagian tubuh manusia. Perawatan dengan chemical peeling juga memiliki cukup banyak manfaat.

Selain untuk mengatasi flek hitam, perawatan ini juga mampu digunakan untuk mencerahkan, menghaluskan, serta mengencangkan kulit. Tak cukup sampai di situ, chemical peeling juga dapat berguna untuk menyamarkan garis halus dan keriput pada kulit. Di Beautylogica Clinic, treatment ini dikenal dengan nama Derma Peeling.

Cara menghilangkan flek hitam memang tersedia dalam berbagai metode. Agar bisa mendapatkan hasil yang optimal, kalian harus mendapatkan diagnosis yang tepat, serta menyesuaikan dengan jenis kulit yang kalian miliki. Untuk itu, sangat penting melakukan konsultasi dengan dokter kulit ataupun dokter estetika yang berpengalaman. Bagi yang ingin berkonsultasi, silahkan hubungi Beautylogica Clinic di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *