Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki – Siapa sih yang tidak ingin punya kulit mulus? Jika ditanya demikian, pasti mayoritas akan menjawab ingin memiliki kulit yang mulus. Namun terkadang, kondisi tidak selalu sesuai dengan keinginan kita. Ada banyak sekali risiko dan masalah yang dapat membuat kulit kita rusak.

Kulit yang mulus memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang banyak, demi merawat tubuh serta kulitnya. Namun dalam kondisi tertentu, sering kali kita dibuat pusing oleh kondisi kulit. Misalnya seperti kecelakaan, tergores, jatuh, dan hal-hal lain yang dapat menimbulkan bekas luka pada kulit.

Salah satu area yang rentan mengalami luka pada kulit adalah bagian kaki. Entah itu didapat pada saat masih kecil ataupun dewasa, bekas luka di kaki memang sangat sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, sering kali ditemukan orang tidak percaya diri dengan penampilan kulitnya. Terutama bagi mereka yang berjenis kelamin perempuan.

Bekas luka di kaki memang menjadi momok yang sangat menjengkelkan. Oleh sebab itu, di kesempatan kali ini kami akan berbagi tips, seputar cara menghilangkan bekas luka di kaki yang paling ampuh. Buat kamu yang memiliki masalah serupa, yuk simak artikel ini hingga selesai!

Ragam Cara Menghilangkan Bekas Luka

Untuk menghilangkan bekas luka di kaki, sebenarnya ada sangat banyak cara yang dapat dilakukan. Mulai dari memanfaatkan bahan-bahan alami, produk kecantikan, ataupun terapi-terapi lainnya. Bekas luka sendiri punya sangat banyak jenis dan ragam. Oleh karena itu, untuk menghilangkan bekas luka tersebut, kalian harus mengetahui terlebih dahulu jenis bekas luka yang kalian miliki.

Untuk informasi lengkap seputar cara menghilangkan bekas luka di kaki, mari simak pembahasannya berikut ini:

Cara Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Pemanfaatan bahan alami untuk menghilangkan bekas luka, sudah digunakan sejak sangat lama. Metode ini juga terbilang cukup ampuh untuk jenis-jenis bekas luka tertentu. Nah, berikut adalah daftar bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bekas luka:

Baca juga:

Bekas Luka di Kaki

Lemon

Lemon dapat membantu mencerahkan kulit, membuat luka tampak memudar. Berikut cara memanfaatkan buah kaya vitamin C ini sebagai bahan alami untuk memudarkan luka di kaki:

  • Peras jus lemon dan oleskan ke area luka.
  • Pijat dengan lembut dan diamkan selama sekitar 10 menit.
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih.
  • Ulangi setiap hari pada waktu yang sama.

Minyak Kelapa

Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki, kamu perlu menggunakan minyak cair sebagai pengganti pasta. Jika di rumah hanya tersedia dalam bentuk pasta, hangatkan sebentar hingga cair.

Berikut cara menggunakan minyak kelapa untuk memudarkan luka di kaki:

  • Oleskan minyak kelapa ke area luka.
  • Pijat selama sekitar 10 menit.
  • Biarkan minyak meresap ke dalam kulit selama sekitar 1 jam.

Madu

Manfaat madu untuk kesehatan kulit memang sangat beragam. Salah satunya adalah untuk membantu memudarkan bekas luka di kaki. Untuk menggunakan madu, begini caranya:

  • Sebelum tidur, gosok bekas luka dengan madu.
  • Tutupi area tersebut dengan perban dan biarkan semalaman.
  • Di pagi hari, bilas madu dengan air hangat.
  • Ulangi sampai luka sembuh dan bekas luka memudar.

Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas luka di kaki yang berikutnya adalah dengan tanaman lidah buaya. Bahan ini terbukti membantu meningkatkan kelembapan pada kulit yang terluka, menjaga jaringan kulit, dan mempercepat penyembuhan luka.

Jika digunakan secara rutin, tampilan bekas luka di kaki bisa memudar seiring berjalannya waktu, meski tidak sepenuhnya hilang. Lidah buaya juga aman digunakan oleh segala usia. Tanaman ini juga sangat mudah untuk ditemukan. Karena sangat mudah untuk  ditemukan, tanaman ini bisa menjadi opsi terbaik bagi kamu yang ingin menghilangkan bekas luka.

Tea Tree Oil

Tea Tree Oil ternyata tidak hanya efektif untuk menghilangkan jerawat karena memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi. Mengoleskan minyak esensial yang terbuat dari tanaman ini, dianggap dapat memicu tumbuhnya sel-sel baru di area kulit yang terluka.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Prosedur Kecantikan

Prosedur kecantikan adalah salah satu opsi terbaik, bagi kamu yang ingin menghilangkan bekas luka di kaki. Mengapa dikatakan menjadi opsi terbaik? Sebab dalam tindakan prosedurnya, metode ini akan ditangani langsung oleh praktisi medis yang berpengalaman, serta peralatan yang canggih.

Baca juga:

Operasi Menghilangkan Bekas Luka

Dalam dunia medis, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk upaya menghilangkan bekas luka, yaitu:

Scar Revision Surgery

Scar Revision adalah prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk menghilangkan bekas luka pada permukaan kulit. Prosedur Scar Revision akan memperbaiki warna dan tekstur bekas luka, agar membuatnya menjadi tersamarkan, dan rata dengan permukaan kulit di sekitarnya.

Prosedur Scar Revision Surgery

Cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan operasi, dilakukan dalam beberapa tahapan. Hal ini sangat penting untuk diketahui, terutama bagi Anda yang ingin melakukan operasi ini. Berikut adalah beberapa tahapan dari tindakan prosedurnya:

Konsultasi

Pada tahap pertama, tentunya hal yang tidak boleh dilewatkan pasien adalah konsultasi. Proses konsultasi sangat penting karena menentukan setiap prosedur, dan kelayakan pasien untuk berobat. Dalam proses ini, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan fisik, dan menanyakan riwayat kesehatan pasien.

Anestesi

Proses selanjutnya adalah pemberian anestesi di area tindakan. Pada proses ini, umumnya pasien akan diberikan anestesi lokal, dan sedasi ringan. Namun, jika bekas luka dianggap terlalu parah, proses pemberian anestesi umum bisa dilakukan. Proses anestesi bertujuan untuk meminimalkan rasa sakit, dan membuat pasien merasa nyaman selama prosedur.

Rekonstruksi

Setelah efek anestesi mulai bekerja, prosedur operasi plastik untuk menghilangkan bekas luka berlanjut ke tahap rekonstruksi. Pada tahap ini, permukaan kulit yang memiliki bekas luka akan dihilangkan. Agar cara menghilangkan bekas luka di kaki bisa optimal, dibutuhkan kulit berlebih di area sekitar luka untuk proses penjahitan.

Menutup Sayatan

Setelah permukaan kulit yang memiliki bekas luka dihilangkan, langkah selanjutnya adalah menutup area sayatan. Pada tahap ini, dokter akan menutup sayatan dengan teknik jahitan. Saat menutup sayatan bekas luka, dibutuhkan keahlian dan ketelitian khusus. Pasalnya, jika proses ini dilakukan secara asal-asalan, bukan tidak mungkin akan meninggalkan bekas baru.

Secara keseluruhan, prosedur Revisi Bekas Luka tidak membutuhkan banyak waktu. Umumnya, operasi ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam. Lamanya waktu operasi ditentukan juga ditentukan oleh tingkat kesulitan, dan luasnya area bekas luka di permukaan kulit.

Cortisore Injection

Cortisore Injection adalah perawatan yang bertujuan untuk mengurangi peradangan jerawat, bekas luka keloid, dan scar hipertrofik. Oleh sebab itu, cortisore injection sering dikenal dengan istilah suntik jerawat, atau suntik keloid. Dalam tindakan prosedurnya, cortisore injection menggunakan sebuah obat yang bernama kortikosteroid. Perawatan ini merupakan salah satu cara menghilangkan bekas luka di kaki yang paling efektif, khususnya untuk jenis bekas luka keloid.

Prosedur Cortisore Injection

Pаdа awal mulа рrоѕеdur, bіаѕаnуа dоktеr akan memeriksa jеnіѕ jerawat terlebih dahulu. Kemudian, аrеа tersebut аkаn dibersihkan dеngаn mеnggunаkаn аlkоhоl atau cairan antiseptik lainnya уаng jugа bеrfungѕі untuk mеmbunuh kuman ѕеkіtаr jеrаwаt. Lаlu, ѕеjumlаh steroid аkаn dіѕuntіkkаn раdа lеѕі mеnggunаkаn jаrum уаng sangat kесіl. Dіbutuhkаn teknik yang tераt dаlаm melakukan hаl ini, уаіtu kеdаlаmаn уаng tераt dаn pengenceran уаng sesuai.

Sеtеlаh mеlаkukаn prosedur tеrѕеbut, аrеа уаng dіѕuntіk akan kеmbаlі dibersihkan. Biasanya, mеtоdе ini аkаn mеnіmbulkаn rаѕа nуеrі dаn hilang ѕеtеlаh proses penyuntikan selesai. Setelah prosedur dilakukan pun, umumnya pasien suntik jerawat dan suntik keloid akan mengalami beberapa gejala. Misalnya seperti kemerahan, peningkatan kadar gula, dan sensasi hangat pada area tindakan.

Pasien kemudian akan disarankan untuk mengistirahatkan area tersebut selama beberapa hari setelah suntikan untuk mendapatkan efek yang maksimal. Nyeri apa pun dapat diatasi dengan mengoleskan es atau mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas. Jadi kamu tak perlu khawatir soal cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan metode ini.

Umumnya, dokter juga akan menyarankan pasien untuk memantau area tindakan untuk mencari tanda-tanda infeksi, seperti pembengkakan dan kemerahan yang berlangsung lebih dari beberapa hari. Agar hasil lebih maksimal, mengikuti setiap anjuran dokter merupakan sesuatu yang wajib. Dalam satu kali sesi perawatan, cortisore injection hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10-20 menit.

Bagi kamu yang tertarik dengan kedua metode ini, kamu bisa pergi berkunjung ke Beautylogica Clinic. Di sini kamu akan ditangani langsung oleh dokter dan terapis kecantikan terbaik, dan tentu saja berpengalaman. Dengan begitu, tindakan prosedur akan menjadi lebih aman, dan dapat memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.