Ukuran Payudara Ideal Menurut Dokter & Cara Mendapatkannya

Ukuran Payudara Ideal Menurut Dokter & Cara Mendapatkannya

Ukuran payudara ideal – Memiliki ukuran payudara yang ideal, tentu menjadi keinginan bagi setiap wanita. Pasalnya, ukuran payudara yang ideal dapat memberi banyak dampak positif bagi kehidupan mereka. Selain karena lebih sehat, ukuran payudara yang ideal juga dapat berguna untuk menunjang penampilan seorang wanita.

Namun, bagaimana sih cara mengetahui ukuran payudara itu ideal atau tidak? Lalu, bagaimana cara mendapatkan bentuk dan ukuran payudara yang ideal? Nah, pada artikel kali ini, kami akan berbagi tips dan informasi mengenai segala hal terkait payudara. Jadi untuk mengetahui informasi dengan lengkap, silahkan simak artikel ini sampai selesai, yaa!

Apa itu Payudara Ideal?

Payudara ideal adalah payudara yang memiliki bentuk dan ukuran yang sesuai dengan kondisi tubuh pemiliknya. Perlu kalian ketahui, payudara seorang wanita memiliki anatomi yang terdiri dari beberapa bagian. Payudara wanita, terdiri dari jaringan adiposa (jaringan lemak), saluran susu, pembuluh darah, dan jaringan otot.

Selain fungsi utamanya yaitu untuk menyusui, payudara wanita juga menjadi salah satu bagian tubuh yang memiliki daya tarik seksualitas paling tinggi. Oleh karena itu, memiliki bentuk dan ukuran payudara ideal adalah impian bagi setiap wanita.

Baca juga: Macam-macam Bentuk Payudara, & Tips Bra yang Cocok untuk Digunakan

Faktor yang Memengaruhi Bentuk dan Ukuran Payudara

Apa Faktor yang Memengaruhi Bentuk dan Ukuran Payudara?

Bentuk dan ukuran payudara wanita, dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Jadi, kalian tidak perlu merasa khawatir jika memiliki bentuk dan ukuran payudara yang berbeda. Karena memang pada dasarnya, ciri fisik dan struktur tubuh setiap manusia pasti akan berbeda-beda.

Lalu apa sih yang memengaruhi bentuk dan ukuran payudara seorang wanita? Berikut adalah beberapa faktornya:

– Genetik atau Keturunan

Selain dapat menurunkan sifat dan psikologis, faktor genetik juga dapat memengaruhi ciri fisik seseorang. Hal ini pun berlaku juga bagi bentuk dan ukuran payudara. Jadi ketika kalian memiliki anggota keluarga dengan ukuran payudara ideal, kemungkinan besar kalian pun juga akan mendapatkannya.

– Kondisi Berat Badan

Faktor lain yang juga berperan penting dalam menentukan bentuk dan ukuran payudara adalah berat badan. Sebab, jaringan lemak yang ada di dalam tubuh, dapat memengaruhi kepadatan volume payudara.

– Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik seperti olahraga juga dapat memengaruhi bentuk dan ukuran payudara. Contoh gerakan olahraga tersebut adalah push-up dan bench press. Dengan melakukan gerakan-gerakan tersebut, otot yang berada di jaringan payudara akan lebih terbentuk. Alhasil, payudara pun akan tampak lebih kencang.

– Masa Kehamilan dan Menyusui

Saat seorang wanita sedang berada dalam masa kehamilan, hormonal di dalam tubuh pasti akan mengalami perubahan. Lalu saat sedang menyusui, jaringan payudara yang ada di dalam tubuh wanita, akan dipenuhi oleh cairan ASI. Hal inilah yang membuat ukuran dan bentuk payudara dapat berubah. Jadi, sangat wajar apabila seorang wanita yang sedang dalam masa ini, tidak mendapatkan ukuran payudara ideal.

Rata-rata Ukuran Payudara yang Dimiliki Wanita Indonesia

Karena bentuk dan ukuran payudara dapat dipengaruhi oleh genetika, maka setiap ras tentu memiliki standar bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Merujuk pada data yang dimiliki oleh World Data, ditemukan bahwa rata-rata ukuran payudara wanita Indonesia adalah 127 milimeter.

Dengan kata lain, payudara yang dimiliki oleh wanita Indonesia adalah menggunakan cup A atau lebih kecil dari cup A. Dengan data tersebut, menempatkan Indonesia di urutan ke-12 dengan ukuran payudara terkecil di dunia.

Payudara Ideal Menurut Dokter

Menurut dokter spesialis bedah plastik yang ada di Beautylogica Clinic, sebenarnya tidak ada standar pasti mengenai ukuran payudara ideal. Pasalnya, setiap wanita memiliki kondisi dan postur tubuh yang berbeda-beda. Jadi standar ukuran pasti mengenai ukuran payudara, tidak bisa diterapkan antar satu orang dengan orang yang lain.

Perlu kalian ketahui, tinggi badan rata-rata wanita Indonesia adalah 158,2 cm. Ukuran tersebut pun telah meningkat sekitar 8,1 cm dari 100 tahun yang lalu. Jadi dengan ukuran payudara yang rata-rata 127 milimeter, sebenarnya bisa dikatakan cukup normal. Jadi bagi kalian wanita Indonesia, jangan pernah merasa minder, yaa!

Baca juga: Bentuk Payudara Mencerminkan Kepribadian Seseorang? Simak Faktanya Berikut ini!

Cara Mengetahui Ukuran Payudara

Cara Mengetahui Ukuran Payudara - Cara Mengukur Payudara

Ukuran payudara tiap orang pasti berbeda-beda. Hal ini pun patut untuk kalian ketahui. Pasalnya, mengetahui ukuran payudara  sangat penting untuk menentukan pemilihan bra yang nantinya akan digunakan. Namun, apakah kalian sudah tahu bagaimana cara mengukur payudara yang tepat?

Nah, berikut ini telah kami rangkum beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk mengukur payudara, yaitu:

1. Mengukur dengan Ukuran Lingkar Dada

Untuk mengetahui ukuran payudara ideal, kalian perlu tahu bagaimana cara pengukuran payudara. Cara paling umum untuk mengukur ukuran payudara adalah dengan melihat ukuran lingkar dada. Caranya pun cukup mudah. Lingkarkan meteran pada dada kalian, dan taruh pada posisi dada yang paling menonjol. Lalu, lihatlah angka yang tertera dari pertemuan pita meteran.

2. Mengukur dengan Tali Bra

Mengetahui ukuran payudara yang tepat, dapat dilakukan dengan cara mengukurnya dengan tali bra. Berikut adalah cara mengukurnya:

  • Tarik pita meteran di sekitar area dada, hingga tepat di area bawah ketiak.
  • Kencangkan meteran tersebut, namun jangan sampai terasa sesak di dada.
  • Ketika menemukan angka ganjil, maka bulatkanlah angka yang tertera.

3. Mengukur dengan Ukuran Cup

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengukur payudara adalah dengan melihat ukuran cup. Cara menentukannya pun cukup mudah. Ketika kalian sudah mengetahui ukuran lingkar dada dan panjang tali bra, maka kurangilah kedua angka tersebut. Setelah sudah ketemu, angka yang tertera adalah referensi bagi ukuran cup kalian. Contohnya, ketika lingkar dada kalian adalah 51 inci dan tali bra kalian 46 inci, maka rekomendasi cup yang paling tepat adalah 5 (DD). Dengan kata lain, kalian dapat membeli bra dengan ukuran 46DD.

Lakukan pengukuran dengan mengurangi ukuran lingkar dada dengan panjang tali bra. Misalkan ukuran dada Anda adalah 51 inci dan ukuran tali bra Anda adalah 46 inci, maka ukuran cup Anda adalah 5 (DD). Dengan kata lain, Anda disarankan untuk membeli bra dengan ukuran 46DD.

Baca juga: Biaya Implan Payudara di Klinik Kecantikan Beautylogica serta Penjelasan Lengkapnya

Cara Mendapatkan Bentuk dan Ukuran Payudara Ideal

Setiap wanita pasti ingin memiliki bentuk dan ukuran payudara ideal. Dengan kemajuan ilmu medis dan teknologi, kini hal tersebut bisa didapatkan dengan cara yang cukup mudah. Ada berbagai metode medis dan perawatan estetika, yang mampu membuat payudara tampil lebih ideal.

Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk membuat payudara menjadi lebih ideal:

1. Breast Augmentation

Breast Augmentation adalah operasi plastik yang bertujuan untuk memperbesar volume payudara. Operasi plastik ini, dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah dengan menggunakan implan, dan yang kedua adalah dengan memanfaatkan perpindahan lemak.

3. Breast Rejuvenation

Breast Rejuvenation adalah prosedur kecantikan yang bertujuan untuk mengencangkan payudara, dengan memanfaatkan teknologi Radio Frequency dan pemijatan. Tindakan prosedur dari perawatan ini tidak memerlukan tindakan pembedahan. Jadi untuk hasil yang optimal, dibutuhkan beberapa kali sesi pengulangan prosedur.

Dua jenis tindakan tersebut, dapat digunakan untuk menciptakan bentuk dan ukuran payudara ideal. Dengan menyesuaikan ekspektasi dengan postur tubuh, maka payudara yang proporsional akan mudah untuk didapatkan. Bagi kalian yang ingin berkonsultasi tentang kedua jenis tindakan tersebut, silahkan hubungi Beautylogica Clinic di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *