Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Serta Rekomendasi Perawatannya

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Serta Rekomendasi Perawatannya

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah – Mengetahui jenis  kulit wajah adalah sebuah hal yang sangat penting. Sebab dengan mengetahui jenis kulit wajah sendiri, kita jadi bisa lebih tahu tentang bagaimana cara merawat kulit yang tepat.

Dengan perawatan yang tepat, kamu bukan saja bisa menerima hasil yang optimal. Namun, kamu juga bisa menghindari berbagai permasalahan yang mengancam kulit wajahmu. Oleh sebab itu, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis kulit wajahmu, sebelum melakukan perawatan lebih lanjut.

Namun, bagaimana sih cara mengetahui jenis kulit wajah yang kiita miliki? Nah, di kesempatan kali ini, Beautylogica Clinic akan berbagi tipsnya secara lengkap. Namun sebelum itu, yuk simak informasi tentang jenis-jenis kulit wajah berikut ini!

5 Jenis Kulit Wajah Manusia

Setiap orang pasti memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Untuk itu, perawatan yang dibutuhkan tidaklah bisa disamaratakan. Agar perawatan bisa lebih efektif, usahakan untuk menyesuaikan jenis tindakan dengan jenis kulit yang kamu miliki.

Nah, setidaknya ada lima jenis kulit wajah yang dimiliki oleh manusia, yaitu:

Baca juga:

5 jenis kulit wajah manusiaKulit Normal

Kulit normal ditandai dengan seimbangnya kadar minyak dan air dalam kulit. Dengan ciri tersebut, kulit jenis ini tentu menjadi favorit. Sebab, biasanya jenis kulit yang normal, akan sangat jarang mengalami permasalahan kulit. Selain kadar air dan minyak yang seimbang, kulit normal juga ditandai dengan ciri pori-pori yang tampak kecil.

Kulit Sensitif

Kulit sensitif biasanya lebih rentan terhadap kondisi kering, kemerahan, dan rasa gatal. Selain itu, jenis kulit ini juga sering merasakan sensasi seperti terbakar. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif, salah satunya adalah tidak tepat dalam memilih produk perawatan wajah. Untuk itu, sebaiknya kenali cara mengetahui jenis kulit wajah, agar terhindar dari masalah kulit sensitif.

Kulit Kering

Kulit kering biasanya ditandai dengan ciri permukaan yang bersisik. Hal ini disebabkan karena kurangnya kadar air, serta tingkat kelembapan yang ada pada lapisan kulit terluar. Kulit yang kering dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya seperti faktor cuaca, perubahan hormon, genetik, ataupun penuaan. Jenis kulit ini juga rentan mengalami berbagai permasalahan, contohnya seperti garis-garis halus, dan pori-pori lebih terlihat jelas.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak memiliki kondisi yang berbanding terbalik dari kulit kering. Jenis kulit ini, umumnya terlihat mengkilat di beberapa area wajah, atau bahkan seluruh wajah. Kondisi kulit berminyak, disebabkan oleh produksi sebum secara berlebih. Pemicunya adalah karena kelenjar keringat yang bekerja terlalu aktif. Kulit wajah yang berminyak, sangat rentan mengalami berbagai permasalahan. Contohnya seperti jerawat, pori-pori besar, dan wajah tampak kusam. Selain itu, komedo dan noda hitam juga sangat rentan dialami oleh orang dengan jenis kulit seperti ini.

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah perpaduan antara jenis kulit kering, berminyak, dan kulit normal. Jenis kulit semacam ini, biasanya mengalami kondisi kering atau normal di beberapa area, contohnya seperti pipi. Lalu pada area T-Zone (dahi, hidung, dan dagu), biasanya akan cenderung lebih berminyak. Kulit kombinasi, umumnya dihasilkan dari faktor genetik, masa pubertas, ataupun kelenjar keringat yang terlalu aktif.

Baca juga:

Tips dan Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Cara Mengetahui jenis kulit wajah yang kita punya

Setelah mengetahui jenis-jenis kulit wajah, sekarang kita masuk pada pembahasan bagaimana cara mengetahui jenis-jenisnya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mengetahui jenis kulit wajah adalah sebuah hal yang sangat penting. Selain untuk menghindari berbagai permasalahan kulit wajah, hal ini juga dapat bepengaruh terhadap bagaimana cara kita untuk merawat wajah.

Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui jenis kulit wajah, yaitu:

Melihat Kinerja dan Kondisi Kulit Sepanjang Hari

Cara yang pertama untuk mengetahui jenis kulit wajah adalah dengan melihat kinerjanya. Dalam hal ini, hasil tes akan terlihat ketika kita ada di penghujung hari. Setelah seharian beraktivitas, biasanya kondisi kulit akan terlihat lebih jelas. Berikut adalah beberapa indikator dari hasil yang dilakukan dengan metode ini:

  • Kondisi kulit sedikit berminyak dan sedikit bersisik (kulit normal).
  • Kulit mengalami kemerahan, gatal, hingga peradangan (kulit sensitif).
  • Kulit bersisik dan terasa sedikit perih (kulit kering).
  • Kulit berkilau dan mengkilat (kulit berminyak).
  • Area dahi, hidung, dan dagu berminyak, tetapi area lainnya terasa kering (kulit kombinasi).

Metode ini merupakan cara mengetahui jenis kulit wajah yang paling mudah untuk dilakukan. Namun walaupun mudah, kamu harus tetap teliti dalam melakukannya. Dengan begitu, metode yang kamu lakukan dapat bekerja dengan lebih efektif.

Mengetahui Jenis Kulit Wajah dengan Bantuan Tisu

Cara mengetahui jenis kulit dengan bantuan tisu juga cukup mudah untuk dilakukan. Ada beberapa tahapan dalam melakukan metode ini, yaitu:

  • Cuci dan bersihkan wajah sebelum tidur.
  • Keringkan kulit wajah dengan cara ditepuk-tepuk.
  • Jangan menggunakan produk perawatan wajah seperti pelembap, serum, dll.
  • Tekan tisu ke kulit wajah pada saat bangun di pagi hari.

Dengan cara tersebut, kamu dapat melihat hasil tes dari tisu yang kamu gunakan. Indikator hasil tes kulit wajah, sama seperti dengan metode yang sebelumnya. Walaupun terlihat sepele, namun cara ini juga cukup efektif untuk mengetahui jenis kulit wajah, lho!

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dengan Bantuan Selotip

Cara mengetahui jenis kulit wajah yang berikutnya adalah dengan bantuan selotip. Tes ini dikenal juga dengan istilah Tape Test. Cara melakukannya pun cukup mudah, yaitu:

  • Cuci dan bersihkan kulit wajah.
  • Keringkan kulit wajah dengan handuk.
  • Tunggu selama 20 menit.
  • Lalu tempelkan selotip dari ujung telinga satu ke telinga lainnya.
  • Diamkan selama 3 menit, lalu lepaskan selotip secara perlahan.

Untuk mengetahui jenis kulit dengan metode ini, ada beberapa indikator yang harus kamu pahami. Pertama, jika selotip menempel dan terlepas dengan mudah, maka kamu memiliki jenis kulit yang normal. Lalu jika selotip sulit menempel, maka berarti kamu memiliki jenis kulit yang berminyak. Sementara untuk jenis kulit kering, umumnya selotip akan terlihat keruh, dan serpihan kulit akan menempel pada selotip.

Baca juga:

Cara Merawat Kulit Sesuai dengan Jenisnya

Cara Merawat Kulit Wajah Sesuai Jenisnya

Setelah mengetahui tentang cara mengetahui jenis kulit wajah, kamu juga wajib untuk mengetahui tentang bagaimana cara merawatnya. Merawat kulit sesuai dengan jenisnya sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar kondisi kulit aman, dan terhindar dari berbagai permasalahan. Selain itu, hasil perawatan yang kamu lakukan pun nantinya akan lebih efektif. Nah, berikut ini adalah beberapa tips cara merawat kulit yang sesuai dengan jenisnya:

Cara Merawat Kulit Wajah Normal

Orang dengan jenis kulit wajah yang normal, akan lebih mudah dalam melakukan perawatan. Pasalnya, jenis kulit ini memiliki keseimbangan antara kadar air dan kadar minyak. Untuk merawatnya, kamu hanya perlu menggunakan pelembap berbahan dasar air, agar kulit tidak lengket dan terjaga kelembapannya.

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif

Jika kamu memiliki kulit wajah yang sensitif, berikut adalah tips dan cara untuk merawatnya:

  • Hindari cuaca atau suhu yang ekstrim.
  • Hindari paparan debu atau bahan kimia yang bersifat iritatif.
  • Pilih pembersih wajah dengan bahan alami, contohnya seperti lidah buaya atau teh hijau.
  • Hindari pemilihan produk yang mengandung alkohol, pewangi, dan zat asam.

Cara Merawat Kulit Wajah Kering

Kulit kering adalah salah satu contoh jenis kulit yang memerlukan perawatan ekstra. Untuk itu, setelah menerapkan cara mengetahui jenis kulit wajah, kamu wajib mengetahui bagaimana cara untuk merawatnya. Berikut adalah beberapa tips tentang cara merawat kulit kering:

  • Gunakan produk perawatan yang bersifat tidak iritatif.
  • Gunakan air bersuhu hangat untuk mandi, dan batasi waktunya maksimal 15 menit.
  • Hindari gosokan terlalu keras pada saat mandi.
  • Rutin menggunakan pelembap saat kulit terasa kering.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Berikut adalah beberapa tips dan cara merawat kulit wajah berminyak:

  • Rutin membersihkan wajah, minimal 2x sehari.
  • Hindari kebiasaan memencet jerawat.
  • Gunakan produk perawatan wajah berbahan dasar air.
  • Pilih produk perawatan yang berlabel non-comedogenic.

Cara Merawat Kulit Wajah Kombinasi

Dari beberapa jenis kulit di atas, mungkin kulit kombinasi adalah jenis kulit yang paling rumit dalam hal perawatan. Pasalnya, kondisi kulit wajah bisa berbeda-beda di tiap areanya. Berikut adalah beberapa tips dan cara merawat kulit wajah yang berjenis kombinasi:

  • Hindari penggunaan produk berbahan dasar alkohol atupun pewangi.
  • Gunakan pelembap pada area kulit wajah yang kering atau normal.
  • Gunakan produk perawatan untuk wajah berminyak pada area kulit yang berminyak.
  • Memilih produk perawatan yang mengandung AHA dan BHA.

  Baca juga:

Rekomendasi Perawatan Estetika Sesuai dengan Jenis Kulit

Cara mengetahui jenis kulit wajah sudah, tips dan cara merawatnya pun juga sudah. Lalu, sekarang saatnya mengetahui tentang perawatan estetikanya. Hal ini juga wajib untuk kamu ketahui. Sebab dengan perawatan estetika, penampilan kulit wajah tentu akan menjadi lebih maksimal.

Perawatan estetika memiliki peran yang cukup besar bagi kesehatan dan penampilan kulit wajah. Jadi tak heran jika banyak orang rela mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan ini. Bagi kamu yang ingin melakukan perawatan estetika dengan tepat, berikut adalah rekomendasinya:

Facial Treatment

Facial adalah perawatan yang bertujuan untuk membersihkan wajah, agar terlihat lebih sehat dan cerah. Proses pembersihan dari perawatan ini, dilakukan dengan menghilangkan tumpukan sel kulit mati yang ada pada wajah. Ada beberapa tahapan dalam melakukan perawatan facial, yaitu pembersihan, pemijatan, ekstraksi komedo, dan pemasangan masker pada wajah.

Jenis perawatan ini juga tersedia dalam berbagai jenis pilihan. Untuk itu, sebelum kamu melakukan perawatan ini, sebaiknya kenali dulu cara mengetahui jenis kulit wajah yang benar. Namun umumnya, jenis kulit normal sangat direkomendasikan untuk melakukan perawatan ini.

Face PDT

Face PDT adalah perawatan yang dilakukan dengan pancaran gelombang cahaya. Perawatan yang satu ini memiliki cukup banyak manfaat, misalnya seperti meremajakan kulit, mengurangi bakteri jerawat, serta menghilangkan beragam flek yang ada di wajah. Selain itu, pancaran gelombang cahaya yang digunakan, juga dapat bermanfaat untuk mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit wajah. Dengan manfaat tersebut, tentu jenis perawatan ini sangat cocok untuk kulit yang sensitif.

Oxy Infusion

Oxy Infusion dilakukan dengan perpaduan serum khusus, serta alat oksigen bertekanan tinggi. Jenis perawatan yang satu ini, berguna untuk mencerahkan, menghaluskan, serta mambuat kulit wajah menjadi glowing. Selain itu dengan serum yang digunakan, perawatan ini juga mampu memberi nutrisi lebih bagi kulit. Dengan begitu, tingkat kelembapan kulit akan menjadi lebih terjaga. Oxy Infusion adalah salah satu contoh perawatan yang cocok untuk dilakukan pada jenis kulit yang kering.

Laser Glowing Treatment

Laser Glowing Treatment berguna untuk membantu proses peremajaan kulit, mematikan bakteri penyebab jerawat, serta memudarkan flek-flek hitam. Selain beberapa manfaat tersebut, perawatan ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit. Dengan energi laser yang dipancarkan, perawatan ini mampu membuat wajah tampak lebih sehat, cerah, dan terjaga kelembapannya. Bagi kamu pemilik kulit berminyak, cobalah untuk melakukan perawatan ini agar kulit menjadi lebih sehat.

Bagi kamu pemilik kulit kombinasi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit, ataupun dokter estetika. Sebab, cara ini akan lebih efektif karena dokter akan melakukan pengecekan fisik terlebih dahulu. Dengan begitu, cara mengetahui jenis kulit wajah akan lebih tepat, dan perawatan yang dilakukan pun akan lebih efektif. Untuk konsultasi lebih lanjut seputar jenis dan perawatan kulit, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.