Cara mengecilkan pori-pori wajah menurut dokter

Ragam Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Menurut Dokter

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Menurut Dokter – Pori-pori wajah yang besar adalah sumber dari berbagai masalah. Dengan pori-pori yang besar, wajah lebih berisiko untuk mengalami jerawat, kulit kusam, dan penumpukan sel kulit mati.

Ketika hal tersebut terjadi, tentu akan timbul permasalahan-permasalahan lain pada kulit. Oleh sebab itu, permasalahan pori-pori membesar yang disepelakan, seringkali menjadi malapetaka bagi orang yang mengalaminya.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan berbagi informasi seputar ragam cara mengecilkan pori-pori. Mulai dari penggunaan bahan-bahan alami, hingga tips dan cara mengecilkan pori-pori wajah menurut dokter kecantikan. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab Pori-pori Wajah Membesar Menurut Dokter

Menurut dr. Ratri Ramadianningtyas selaku dokter estetika dari Beautylogica, penyebab pori-pori wajah membesar adalah karena produksi minyak sebum yang berlebihan. Dengan kondisi ini, pori-pori terpaksa untuk membesar, agar minyak sebum yang ada di dalam kulit bisa keluar.

Selain karena produksi minyak sebum berlebih, pori-pori membesar juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lain, yaitu:

  • Kebiasaan merokok,
  • Terlalu sering membersihkan wajah,
  • Perubahan hormon,
  • Faktor usia,
  • Genetik atau keturunan, dan
  • Terlalu sering terkena paparan sinar matahari,

Jika beberapa faktor di atas sering kamu alami, sebaiknya ikuti cara mengecilkan pori-pori wajah menurut dokter. Dengan begitu, wajah akan terbebas dari berbagai permasalahan, dan kamu bisa tampil dengan lebih percaya diri.

Baca juga:

Ragam Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

Untuk mengecilkan pori-pori wajah yang besar, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Nah, pada pembahasan kali ini, kami akan membaginya menjadi 2. Pertama adalah dengan cara alami, dan yang kedua adalah dengan cara medis menurut dokter.

Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Wajah

Cara alami mengecilkan pori-pori wajah menurut dokter

Perawatan kulit yang memanfaatkan bahan-bahan alami, memang sudah dilakukan sejak lama. Bahkan hingga kini pun, produk dan perawatan modern pun masih ada yang tetap menggunakan bahan-bahan alami. Hal ini karena bahan alami dinilai lebih aman, dan memiliki khasiat yang begitu banyak bagi kulit.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah:

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah menurut dokter. Dengan kandungan linoleic acid yang terdapat di dalamnya, minyak zaitun juga dapat berguna untuk menjaga kadar air pada wajah. Dengan begitu, risiko terhadap keriput atau tanda penuaan dini lainnya, akan menjadi lebih terminimalisir.

Di dalam minyak zaitun, juga terdapat kandungan zat polifenol. Zat yang satu ini juga sangat bermanfaat bagi kulit. Selain dapat mencegah pori-pori membesar, zat ini pun mampu melindungi sel-sel agar dapat terhindar dari berbagai kerusakan.

Cara penggunaan minyak zaitun untuk mengecilkan pori-pori wajah juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menuangkan 1sdm minyak zaitun, dan campurkan dengan 1sdt madu. Lalu campurkan hingga merata, dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang punya banyak sekali manfaat. Kita semua tahu, dengan kandungan vitamin c dan anti-oksidan di dalamnya, buah ini mampu berguna untuk mengangkat sel kulit mati, mengatasi minyak berlebih, dan mencegah timbulnya jerawat.

Dengan kandungan di dalamnya, buah ini juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah menurut dokter. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu memeras buah jeruk nipis tersebut. Lalu, aplikasikan air perasan jeruk secara merata ke permukaan wajah. Diamkan hingga sekitar 15 menit, dan bilas dengan air bersih.

  1. Es Batu

Es batu menjadi salah satu cara alami yang paling efektif untuk mengecilkan pori-pori. Selain efektif, bahan yang satu ini juga lebih mudah untuk didapatkan. Oleh karena itu, sebagian besar lebih suka menggunakan cara ini.

Penggunaan es batu untuk mengecilkan pori-pori juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengambil sebongkah kecil es batu. Lalu bungkus dengan kain tipis, dan oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah. Lakukan cara ini sekitar 10-15 menit.

Baca juga:

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Menurut Dokter

Selain dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, upaya untuk mengecilkan pori-pori juga dapat dilakukan dengan cara medis. Metode yang satu ini, menjadi cara paling efektif yang dapat dilakukan. Bahkan, dalam kondisi pori-pori besar yang tergolong parah pun, bisa ditangani dengan metode yang satu ini.

Berikut adalah beberapa perawatan untuk mengecilkan pori-pori, yang telah direkomendasikan oleh dokter kecantikan:

1. Facial

Cara efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah dengan mengangkat kotoran-kotoran yang menyumbat di dalamnya. Cara ini bisa kamu lakukan dengan memilih perawatan Facial. Dengan perawatan ini, kamu bisa mendapatkan pembersihan kulit secara optimal, sehingga meminimalisir terjadinya pori-pori besar.

Buat kamu yang ingin melakukan cara ini, lebih dianjurkan untuk memilih pembersih wajah dengan tekstur gel. Namun jika kamu memiliki kulit yang cenderung kering, sebaiknya pilihlah pembersih dengan tekstur krim, dan hindari pembersih dengan tekstur scrub.

2. Chemical Peeling

Cara mengecilkan pori-pori wajah menurut dokter yang berikutnya adalah dengan Chemical Peeling. Perawatan yang satu ini, dilakukan dengan cairan peeling yang terbuat dari campuran bahan kimia. Meskipun begitu, cairan peeling ini telah diformulasi secara khusus agar aman untuk digunakan.

Selain dapat mengecilkan pori-pori besar, Chemical Peeling juga memiliki beberapa manfaat lain. Contohnya seperti mengangkat sel-sel kulit mati, mengencangkan, menghaluskan, serta menghilangkan flek hitam pada wajah.

3. Face Photorejuvenation

Face Photorejuve merupakan sebuah perawatan yang dilakukan teknologi gelombang cahaya. Alat yang digunakan dalam perawatan ini, bernama Intense Pulse Light (IPL). Dengan teknologi tersebut, perawatan ini mampu memberikan cukup banyak manfaat bagi kulit.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan adalah mengatasi masalah kulit kusam, jerawat, kemerahan, dan flek hitam pada wajah. Selain itu, perawatan ini juga efektif digunakan untuk mengecilkan pori-pori, serta menyamarkan guratan-guratan pembuluh darah.

Cara mengecilkan pori-pori wajah menurut dokter di atas, sangatlah direkomendasikan. Sebab selain efektif, beberapa cara di atas juga sangat aman untuk dilakukan. Dokter kecantikan dari Beautylogica juga menambahkan, tips untuk terhindar dari pori-pori besar, juga dapat dilakukan dengan rutin menggunakan sunscreen atau tabir surya. Nah, buat kamu yang ingin konsultasi lebih lanjut seputar perawatan ini, yuk silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.