Cara Mengecilkan Pori-pori di Hidung

Cara Mengecilkan Pori-pori di Hidung – Pori-pori besar adalah salah satu contoh permasalahan kulit yang cukup mengganggu. Sebab, selain dapat merusak penampilan, pori-pori besar juga rentan memicu terjadinya permasalahan kulit lain.

Bagi para perempuan, pori-pori besar bahkan dapat menimbulkan permasalahan lain. Contohnya seperti penggunaan makeup yang menjadi tak optimal. Walaupun makeup dianggap dapat menutupi pori-pori yang besar, namun faktanya hal tersebut tidaklah dapat berlangsung lama.

Masalah pori-pori besar dapat muncul di mana saja. Selain pipi, area wajah lain yang rentan mengalami masalah ini adalah hidung. Nah, pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan berbagi tips dan informasi, khususnya seputar cara mengecilkan pori-pori di hidung. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Penyebab Pori-pori Besar di Hidung

Penyebab utama dari pori-pori besar di hidung adalah produksi berlebih dari minyak sebum. Ketika produksi sebum menjadi berlebih, pori-pori pada wajah akan otomatis menjadi lebih besar. Hal ini terjadi karena pori-pori berusaha untuk mengeluarkan sebuh dari dalam tubuh.

Karena banyaknya sebum yang diproduksi, risiko terhadap permasalahan wajah tentu menjadi lebih meningkat. Lalu ketika pori-pori membesar, berbagai kotoran pun lebih rentan masuk dan menumpuk. Selain dapat merusak penampilan, jika dibiarkan hal ini tentu dapat membahayakan bagi kesehatan kulit.

Oleh karena itu, pori-pori besar sebenarnya harus ditangani dengan cepat, dan dengan cara-cara yang tepat. Namun sebelum mengetahui tetang cara mengecilkan pori-pori di hidung, simak terlebih dahulu tentang penyebab pori-pori besar berikut ini:

Baca juga:

Kebiasaan Merokok

Zat kimia yang ada pada rokok, dapat meningkatkan produksi sebum dalam tubuh. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penyebab dari pori-pori membesar adalah karena produksi sebum yang terlalu berlebihan. Selain dapat membuat pori-pori membesar, kebiasaan merokok juga dapat menurunkan elastisitas kulit, dan menyebabkan penuaan dini terjadi.

Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci atau membersihkan muka sebenarnya adalah hal yang baik dan wajib untuk dilakukan. Namun apabila terlalu sering, maka hal ini dapat menjadi bumerang bagi kalian. Sebab sabun muka yang digunakan, dapat membuat kulit menjadi iritasi dan pori-pori membesar. Jadi sebaiknya, bersihkan wajah secukupnya saja, yaa!

Mengatasi pori-pori besar di hidung

Paparan Sinar Matahari

Selain dapat membuat kulit kusam, ternyata terlalu banyak menerima paparan sinar matahari juga dapat memperbesar pori-pori di hidung, lho! Pasalnya, sinar UV yang dihantarkan matahari, dapat membuat kulit menjadi lebih tebal, dan pori-pori menjadi membesar. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya kenali cara mengecilkan pori-pori di hidung yang tepat, yaa!

Perubahan Hormon

Perubahan atau ketidakstabilan hormon memang dapat menimbulkan berbagai macam masalah wajah. Misalnya seperti jerawat, minyak berlebih, dan salah satunya adalah pori-pori besar. Biasanya, hal ini terjadi pada saat wanita sedang hamil, ataupun datang bulan.

Jenis Kelamin

Umumnya, masalah pori-pori besar memang lebih sering terjadi pada pria. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan hormon antara pria dan wanita. Selain itu, pria juga punya rambut yang lebih banyak sehingga pori-porinya pun ikut melebar.

Faktor Usia

Semakin usia bertambah, produksi kolagen dan elastin dalam tubuh pasti akan berkurang. Hal inilah yang membuat pori-pori jadi lebih besar ketika seseorang menjadi lebih tua. Agar terhindar dari masalah ini, sebaiknya kenali cara mengecilkan pori-pori dihidung sedini mungkin. Selain itu, berkurangnya produksi kolagen dan elastin dalam tubuh, juga menjadi salah satu penyebab terjadinya keriput dan kulit kendur.

Keturunan

Kulit tebal dan berminyak bisa terjadi karena faktor keturunan. Jika kamu memiliki jenis kulit serupa, maka wajar saja jika pori-pori yang kamu miliki lebih besar. Dalam hal ini, sebaiknya segera konsultasikan kondisi kulitmu dengan dokter terkait, agar bisa mendapat rekomendasi perawatan yang tepat.

Baca juga:

Cara Mengecilkan Pori-pori di Hidung

Untuk mengecilkan pori-pori di hidung, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Dari beberapa penyebab di atas, ada beberapa saran yang telah diberikan dokter untuk mengatasi pori-pori besar di hidung. Nah, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengecilkan pori-pori di hidung:

  • Batasi penggunaan penghilang komedo (jangan terlalu sering),
  • Jika setelah menghilangkan komedo, kompres hidung menggunakan air dingin, agar pori pori tetap kecil dan debu/kotoran tidak masuk ke pori pori wajah,
  • Jangan menyentuh wajah dengan tangan kotor, jika wajah terasa gatal gunakan tisu bersih untuk menggaruk.
  • Minum air yang cukup untuk mencegah kulit kering
  • Pakai tabir surya
  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor
  • Pilih kosmetik non-comedogenic
  • Jaga kebersihan wajah
  • Diet sehat, kurangi porsi makan berlemak (seperti: gorengan, tepung, fast food, dll), perbanyak makan buah dan sayur
  • Berolahraga 3-5 kali per minggu selama 30-45 menit

Beberapa cara mengecilkan pori-pori di hidung yang telah disebutkan di atas, bisa kalian coba sendiri di rumah. Namun apabila tidak memberikan dampak apa pun, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kulit ataupun kecantikan.

Dengan pergi ke dokter, kamu bisa mendiagnosis masalah dengan lebih jelas, serta mendapat penanganan dengan lebih tepat. Untuk berkonsultasi dengan dokter kecantikan terbaik, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.