Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas – Hampir setiap orang pasti pernah mengalami permasalahan kulit. Salah satu contohnya adalah kulit wajah kering dan sering mengelupas. Dikutip dari jurnal JAMA Dermatology, diketahui bahwa 59,1% wanita dan 42,8% pria sering mengalami masalah kulit ini.

Kulit kering dan mengelupas memang menjadi sebuah permasalahan yang rentan dialami setiap orang. Selain karena faktor lingkungan, permasalahan kulit yang satu ini juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lain. Nah, untuk informasi lebih lengkapnya, mari simak pembahasan berikut!

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Penyebab utama kulit kering dan mengelupas, sebenarnya adalah karena produksi sebum yang berkurang, dan dehidrasi (tubuh atau kulit kekurangan cairan). Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya kenali cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas yang tepat.

Hal ini guna menjaga kulit agar tetap terlihat sehat, dan terhidrasi dengan lebih baik. Dilansir dari laman mayoclinic.org, penyebab kulit kering meliputi:

  • Efek panas seperti pemanas ruangan, pembakaran kayu, dan tempat perapian.
  • Faktor lingkungan seperti iklim dingin, berangin, atau tingkat kelembapan rendah.
  • Terlalu sering mandi atau melakukan Kebiasaan mandi dengan air panas, dan terlalu sering melakukan srub, dapat menghilangkan minyak alami yang dimiliki oleh kulit.
  • Kandungan sabun terlalu keras. Penggunaan sabun, sampo, dan deterjen yang punya kandungan terlalu keras, dapat menghilangkan kelembapan kulit.
  • Kondisi kulit tertentu, seperti dermatitis atopik (eksim) atau psoriasis.
  • Perawatan medis. Beberapa kasus kulit kering dan mengelupas, disebabkan karena menjalani pengobatan kanker, cuci darah, dan konsumsi obat tertentu.
  • Faktor usia. Seiring bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih tipis dan produksi minyak alami pada kulit pun menjadi berkurang.

Baca juga:

Gejala Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Sebelum mengetahui cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas, kamu juga wajib untuk mengetahui gejala-gejalanya. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Tekstur kulit terlihat dan terasa kasar.
  • Timbul rasa gatal pada permukaan kulit.
  • Pengelupasan kulit secara ringan, yang menyebabkan kulit tampak pucat dan kusam.
  • Tekstur kulit terlihat seperti retak.
  • Timbul garis-garis halus di permukaan kulit.
  • Kulit mengalami kemerahan atau ruam ringan.

Beberapa gejala tersebut, sangat mungkin untuk menjadi semakin parah. Oleh sebab itu, sebaiknya segera lakukan langkah-langkah penanganan.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Upaya untuk mengatasi kulit wajah yang kering dan mengelupas, sebenarnya dapat dilakukan dengan banyak cara. Kamu bisa menggunakan ccara alami, produk kecantikan seperti skincare, ataupun dengan pergi ke klinik kecantikan. Untuk informasi yang lebih lengkap, kami akan membahasnya menjadi dua bagian, yaitu:

Cara Alami untuk Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Penggunaan bahan alami untuk perawatan wajah telah dilakukan sejak lama. Hal ini disebabkan karena selain lebih aman, bahan alami juga dinilai memiliki banyak kandungan baik bagi kulit. Berikut adalah contoh bahan alami yang dapat digunakan, untuk mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas:

  • Gel Lidah Buaya

Lidah buaya punya kandungan yang dapat menyejukkan dan melembapkan kulit. Beberapa kandungan dari tanaman ini adalah vitamin C dan E, beta-karoten, dan antiseptik.

Selain efektif untuk cara mengatasi kulit wajah kering, kandungan tersebut juga dapat berguna sebagai pencegah kulit pecah-pecah, iritasi, dan mencerahkan wajah.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengambil gel dari tanaman tersebut. Lalu oleskan secara merata ke permukaan wajah. Diamkan 10-15 menit, dan bilas dengan air bersih.

  • Masker Madu

Madu adalah salah satu contoh bahan alami yang punya begitu banyak manfaat. Selain baik untuk kesehatan tubuh, ternyata madu juga punya baik untuk kesehatan wajah, lho!

Bahan alami yang satu ini, punya kandungan antioksidan, anti mikroba, serta vitamin C dan E. Beberapa kandungan tersebut, dipercaya dapat berguna untuk mencerahkan, melembapkan, serta menghaluskan kulit.

Cara penggunaannya, oleskan madu ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil optimal, lakukan cara ini 3x dalam seminggu.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa sering dijadikan bahan untuk perawatan wajah, karena punya kandungan asam lemak di dalamnya. Kandungan ini dianggap sangat efektif, sebagai cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa secara merata pada wajah. Waktu yang disarankan adalah pada saat malam hari, dan bilas pada saat pagi hari setelah bangun tidur.

Bagi kamu yang ingin opsi lain, minyak kelapa juga dapat dioleskan setelah kamu mandi. Pasalnya dengan waktu ini, minyak kelapa akan lebih mudah untuk diserap.

Baca juga:

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas dengan Perawatan Kecantikan

Mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas, juga dapat dilakukan dengan perawatan di klinik kecantikan. Dengan pergi ke tempat ini, kamu bisa mendapat rekomendasi perawatan yang tepat, serta ditangani oleh orang-orang yang profesional. Berikut adalah contoh-contoh perawatan, yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas:

  • Oxy Infusion

Oxy Infusion adalah sebuah perawatan kulit yang dilakukan dengan serum, serta alat khusus yang dapat mengeluarkan oksigen bertekanan tinggi. Selain dapat mengatasi kulit kering dan mengelupas, perawatan ini juga punya beberapa manfaat lain, seperti:

  • Mencerahkan kulit wajah.
  • Melembapkan kulit wajah.
  • Mengenyalkan dan menghaluskan tekstur kulit.
  • Membersihkan dan memberi nutrisi lebih bagi kulit.
  • Mengatasi masalah jerawat yang ada pada wajah.

Perawatan ini sangat aman dan terbukti efektif dalam mengatasi permasalahan wajah. Selain itu, perawatan ini juga minim terhadap efek samping. Setelah perawatan dilakukan, kamu pun bisa langsung melanjutkan aktivitas seperti biasa.

  • Derma Skin Booster

Derma Skin Booster adalah perawatan wajah yang menggunakan serum khusus, dan alat capsugen atau batu apung. Perawatan yang satu ini, bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, menghaluskan, dan menutrisi kulit.

 Perawatan ini juga menjadi salah satu cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas yang sangat efektif. Dengan alat capsugen yang digunakan, Derma Skin Booster juga mampu membersihkan kulit wajah dengan lebih optimal.

  • Face PDT

Face PDT adalah perawatan wajah yang dilakukan dengan teknologi pancaran cahaya. Teknologi ini dipancarkan dengan panjang gelombang dan jenis-jenis tertentu. Face PDT sendiri juga punya cukup banyak manfaat.

Beberapa manfaat yang dimaksud adalah untuk meremajakan kulit, mengurangi masalah jerawat, kemerahan, dan iritasi pada wajah. Selain itu, face PDT juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan flek hitam, serta mengatasi pengelupasan kulit.

  • Skin Booster Injection

Skin Booster Injection adalah perawatan dengan teknik injeksi, yang menggunakan zat bernama Hyaluronic Acid. Dengan zat tersebut, perawatan ini mampu melembapkan kulit dengan lebih optimal, sehingga permasalahan kulit dapat teratasi dengan lebih baik.

Selain sebagai cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas, perawatan ini juga punya beberapa manfaat lain. Contohnya seperti mencerahkan dan meremajakan kulit, memberi nutrisi lebih bagi kulit, serta mengenyalkan tekstur kulit. Selain itu, perawatan ini juga efektif sebagai anti-aging bagi kulit.

  • Silk Peel

Silk Peel adalah sebuah perawatan eksfoliasi non-invasif, yang dilakukan dengan alat kristal mikro dan serum khusus. Tujuan dari perawatan ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati, menutrisi kulit, serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Dengan rutin melakukan Silk Peel, permasalahan kulit kering dan mengelupas tentu akan teratasi dengan lebih efektif.

Kapan Harus ke Dokter?

Konsultasi Dokter Kecantikan Wajah

Beberapa cara di atas, bisa kamu terapkan untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas. Namun dalam beberapa kasus, kamu juga perlu bantuan dokter agar perawatan bisa lebih efektif, dan aman untuk dilakukan. Berikut adalah saat yang tepat untuk pergi ke dokter, ketika cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas tidak efektif:

  • Telah melakukan perawatan, namun gejala-gejala tetap muncul.
  • Kulit meradang dan mengalami nyeri.
  • Mengalami rasa tidak nyaman sehingga mengganggu rutinitas.
  • Memiliki area kulit yang bersisik.
  • Memiliki luka atau infeksi.

Pada saat ke dokter, kamu juga bisa berkonsultasi lebih lanjut seputar cara pencegahan. Biasanya, dokter akan merekomendasikan beberapa cara. Misalnya seperti menggunakan pelembap, gunakan sunscreen, dan rutin melakukan eksfoliasi kulit.

Beberapa tips lain yang bisa dilakukan adalah perbanyak konsumsi air putih, dan pilih produk perawatan wajah yang tepat. Dengan begitu, selain kamu dapat mencegah permasalahan kulit, kamu pun bisa melakukan cara mengatasi kulit wajah kering dengan lebih efektif.

Konsultasi Dokter Kecantikan Wajah

Bagi kamu yang ingin berkonsultasi seputar cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas, silahkan berkunjung ke Beautylogica Clinic. Di sini kamu akan ditangani langsung oleh dokter yang berkompetensi, serta telah teruji pengalamannya.

Dokter kecantikan wajah yang dimiliki oleh Beautyogica, juga memiliki sertifikasi dan beragam lisensi yang bergengsi. Oleh karena itu, setiap perawatan yang dilakukan pasti akan lebih aman, dan dapat memberi hasil yang optimal. Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.