cara mengatasi kulit iritasi pada wajah

Cara Mengatasi Kulit Iritasi pada Wajah – Kulit merupakan bagian tubuh terluar yang dimiliki oleh manusia. Selain berfungsi untuk melindungi organ dalam, kulit juga berguna sebagai indera peraba. Karena merupakan bagian tubuh terluar, kulit sangat rentan mengalami berbagai permasalahan. Dari sekian banyak permasalahan, iritasi kulit merupakan kondisi yang termasuk paling sering dikeluhkan.

Iritasi kulit dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Jika terjadi di bagian tubuh yang tertutup pakaian, hal ini mungkin tidak terlalu meresahkan. Namun ketika iritasi terjadi pada kulit wajah, hal ini tentu akan sangat meresahkan. Sebab selain dapat membuat rasa tidak nyaman, iritasi pada kulit wajah juga akan sangat merusak penampilan.

Apa itu Kulit Iritasi?

Kulit iritasi adalah sebuah kondisi penyakit kulit yang terjadi akibat zat-zat tertentu. Kondisi iritasi pada kulit wajah, biasanya dipicu karena lapisan terluar kulit yang sensitif, bersentuhan dengan zat yang tidak cocok dengan kulitnya.

Saat mengalami iritasi kulit, pasti kamu akan sangat merasa tidak nyaman. Sebab, kulit akan terasa gatal, bersisik, kering, dan berwarna kemerahan. Bahkan dalam kondisi yang parah, iritasi kulit dapat menimbulkan gejala nyeri dan perih. Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui cara mengatasi kulit iritasi pada wajah, agar dapat melakukan penanganan sedini mungkin.

Gejala Kulit Iritasi pada Wajah

Kulit iritasi lebih rentan dialami oleh orang yang memiliki kulit sensitif. Jika kamu termasuk orang dengan jenis kulit seperti itu, maka keluhan kulit iritasi akibat sebuah zat pasti akan langsung dirasakan. Berbeda dengan orang dengan jenis kulit normal, keluhan kulit iritasi umumnya terjadi pada satu atau dua hari setelahnya.

Gejala kulit iritasi sebenarnya berbeda-beda pada tiap orang. Namun di sini, kami akan berikan gejala umum sebagai informasi acuan bagi Beauties sekalian. Berikut adalah beberapa gejala umum saat kulit iritasi:

  • Kulit mengalami ruam dan gatal
  • Kulit mengalami pembengkakan
  • Permukaan kulit mengelupas
  • Bintik kemerahan berukuran kecil
  • Bibir dan mata mengalami pembengkakan
  • Mata berair, kemerahan, dan gatal
  • Kulit kering dan pecah-pecah

Jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut, kemungkinan besar kulitmu mengalami iritasi. Untuk dapat memulihkannya, kamu wajib tahu bagaimana cara mengatasi kulit iritasi pada wajah. Apabila dilakukan dengan cara yang benar, iritasi dapat sembuh dalam waktu yang lebih singkat.

Baca juga:

Hal-hal yang Menyebabkan Kulit Iritasi pada Wajah

Iritasi Kulit Wajah

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi iritasi. Lalu setiap orang juga tidak bisa disamaratakan faktor penyebabnya. Pasalnya, setiap orang memiliki jenis dan karakteristik kulit yang berbeda-beda. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang dapat menimbukan iritasi pada kulit:

Produk Perawatan Wajah (Skincare)

Penggunaan produk skincare sebenarnya sangat baik untuk kesehatan wajah. Namun dalam beberapa kasus, penggunaan skincare juga bisa menjadi bumerang bagi pemakainya. Sebab, kandungan yang terdapat di dalam produk skincare, dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit wajah. Beberapa kandungan yang dapat memicu terjadinya iritasi adalah alkohol, wewangian, serta beberapa zat iritan lainnya. Oleh sebab itu, sebelum kalian memilih dan menggunakan produk skincare, sebaiknya pilihah produk yang aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit. Untuk mengobatinya, kamu juga wajib paham tentang cara mengatasi kulit iritasi pada wajah yang benar.

Produk Makeup

Iritasi pada kulit juga dapat disebabkan oleh penggunaan produk makeup. Hal ini dapat terjadi akibat kandungan bahan obat yang terdapat di dalam makeup. Beberapa kandungan yang dapat sangat berpengaruh adalah bahan logam, nikel, pengawet, dan wewangian tertentu. Apabila kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih produk makeup.

Kulit Kering

Kondisi kulit yang terlalu kering, dapat menjadi salah satu penyebab dari kulit wajah iritasi. Hal ini dapat terjadi karena kulit terlalu banyak kehilangan minyak dan air. Apabila hal ini terjadi, maka kulit akan menjadi lebih sensitif, dan lebih mudah untuk mengalami iritasi.

Bahan Makanan

Iritasi pada kulit wajah, juga dapat disebabkan oleh bahan makanan. Biasanya, iritasi karena faktor ini ditandai dengan adanya rasa gatal dan ruam pada kulit. Terjadinya iritasi karena faktor makanan, biasanya terjadi ketika kulit kecipratan bahan makanan tersebut. Bahan makanan yang dapat membuat kulit iritasi, biasanya adalah makanan yang memiliki rasa asam dan pedas.

Cuaca

Faktor penyebab kulit iritasi lainnya adalah karena cuaca. Biasanya, cuaca panaslah yang paling berpengaruh dalam membuat kulit menjadi iritasi. Pasalnya, cuaca yang terlalu panas dapat membuat kulit menjadi terbakar. Gejala ini ditandai dengan ruam kemerahan, dan muncul rasa gatal pada permukaan kulit. Dalam kondisi yang parah, cuaca panas juga dapat menimbulkan pengelupasan pada permukaan kulit.

Baca juga:

Cara Mengatasi Kulit Iritasi pada Wajah

Face PDT - Cara Mengatasi Kulit Iritasi

Untuk mengatasi kulit wajah yang iritasi, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Misalnya seperti menggunakan masker bahan alami, ataupun melakukan perawatan di klinik kecantikan. Pada kesempatan kali ini, kami akan merekomendasikan sebuah perawatan yang dapat mengatasi iritasi kulit dalam waktu yang cepat, dan tentunya aman. Mau tahu apa jenis perawatan yang dimaksud? Berikut adalah penjelasannya:

Face PDT

Face PDT adalah sebuah perawatan yang dilakukan dengan metode terapi cahaya. Dengan cahaya yang dipancarkan, perawatan ini mampu mengatasi masalah iritasi kulit dengan cepat, aman, dan mudah. Selain dapat mengatasi iritasi pada kulit wajah, Face PDT juga dapat memberikan beberapa manfaat lain bagi kulit. Contohnya seperti membantu proses peremajaan kulit, mengurangi jerawat, serta mengurangi efek kemerahan pada wajah.

Perawatan ini dapat kamu temui dengan mengunjungi klinik kecantikan. Sebelum tindakan prosedur berjalan, kamu wajib berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter yang terkait. Hal ini menjadi penting agar dokter dapat melakukan pengecekan fisik, serta mendiagnosis perawatan yang tepat untuk kamu lakukan. Bagi kamu yang ingin merasakan Face PDT, Beautylogica Clinic adalah salah satu klinik kecantikan yang menyediakan jasa perawatan ini. Untuk konsultasi lebih lanjut, segera hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *