Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

Cara Mengatasi Keringat Berlebihan – Keringat berlebih tentu akan membuat risih. Sebab, hal ini dapat merusak penampilan dan rasa percaya diri. Terjadinya keringat berlebih, dapat disebabkan oleh banyak hal. Misalnya seperti kondisi medis atau penyakit tertentu.

Dalam bahasa medis, keringat berlebih dikenal dengan nama Hiperhidrosis. Kondisi ini tentu tidak bisa dibiarkan. Sebab selain dapat membuat minder, keringat berlebih bisa menjadi sebuah gejala penyakit tertentu. Dalam kondisi sehari-hari, bahkan kondisi ini dapat menimbulkan rasa cemas dan stres

Pada dasarnya, keringat adalah mekanisme alami yang terjadi pada tubuh manusia. Saat tubuh mengalami peningkatan suhu, maka kelenjar keringat yang ada di dalam tubuh akan aktif. Hal inilah yang membuat keringat bisa muncul dari dalam tubuh.

Keringat sendiri sebenarnya memiliki peran yang cukup besar. Apabila tubuh mengalami peningkatan suhu, maka keringat berfungsi sebagai penetralisir untuk mendinginkan tubuh. Ada beberapa kondisi yang membuat tubuh mengeluarkan keringat. Misalnya seperti olahraga, makan makanan pedas, gugup, dll.

Apa Penyebab Keringat Berlebihan?

Sebelum membahas seputar cara mengatasi keringat berlebihan, kamu juga wajib tahu tentang penyebab dari hal ini bisa terjadi. Pada dasarnya, keringat berlebih atau Hiperhidrosis terjadi karena kelenjar keringat yang terlalu aktif.

Pada kondisi ini, kelenjar keringat terus memproduksi keringat bahkan ketika tubuh tidak membutuhkannya. Hiperhidrosis sendiri terbagi menjadi dua jenis. Untuk informasi lebih lengkap, simak pembahasannya berikut ini:

Baca juga:

Penyebab Keringat Berlebihan
Hiperhidrosis Primer

Penyebab dari hiperhidrosis primer sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini diduga disebabkan oleh adanya kelainan pada sistem saraf. Kelainan yang ada pada sistem saraf, mayoritas terjadi karena adanya faktor genetik atau keturunan. Dilansir dari Alodokter, sekitar 30 – 50 persen orang yang mengalami hal ini, ternyata memiliki riwayat keluarga yang serupa.

Hiperhidrosis primer memiliki ciri keringat berlebih pada salah satu area tubuh saja, Misalnya seperti telapak tangan, telapak kaki, kepala, wajah, ataupun ketiak. Kondisi ini tentu sangat meresahkan. Untuk mengobatinya, kamu butuh cara mengatasi keringat berlebihan yang tepat, dan ditangani langsung oleh dokter yang berpengalaman.

Hiperhidrosis Sekunder

Hiperhidrosis sekunder biasanya terjadi ketika seseorang telah menginjak usia dewasa. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh penyakit, ataupun gangguan medis tertentu. Berbeda dengan jenis primer, hiperhidrosis sekunder dapat terjadi di salah satu bagian tubuh, ataupun di seluruh tubuh penderitanya. Bahkan orang yang menderita hiperhidrosis sekunder, dapat mengeluarkan keringat walaupun saat sedang tidur.

Ada beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya hiperhidrosis sekunder, yaitu penyakit jantung, gangguan tiroid, diabetes, dan stroke. Selain karena penyakit, keringat berlebih juga dapat terjadi akibat konsumsi obat-obatan tertentu. Contohnya seperti obat antidepresan dan suplemen untuk mulut kering.

Ciri-ciri Orang yang Mengalami Keringat Berlebihan (Hiperhidrosis)

Ada beberapa ciri yang menandakan bahwa seseorang mengalami hiperhidrosi. Jika kamu memiliki ciri tersebut, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter yang terkait, Dengan begitu, kamu bisa mengetahui cara mengatasi keringat berlebihan yang tepat dan juga aman.

Berikut adalah beberapa ciri orang yang mengalami keringat berlebih:

  • Jarang ikut serta dalam aktivitas fisik, misalnya seperti olahraga dll.
  • Sering menghindari kontak fisik karena bagian tubuhnya selalu bereringat.
  • Kesulitan dalam memegang barang atau objek tertentu karena tangannya licin.
  • Sering mandi atau berganti pakaian untuk menghindari keringat berlebih.
  • Kurang bersosialisasi karena minder dengan keringat berlebihnya

Orang yang punya masalah terhadap keringat berlebih, pasti akan sangat risih berada di keramaian. Sebab, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya keringat berlebih di tengah keramaian. Jika kamu mengalami hal yang serupa, sebaiknya segera atasi dengan metode-metode yang disarankan.

Baca juga:

Cara Mengatasi Keringat Berlebihan ala Klinik Kecantikan

Cara Mengatasi Keringat Berlebih dengan Botox

Untuk mengatasi keringat berlebih, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Cara medis dipilih menjadi sebuah metode yang paling efektif, dan paling direkomendasikan oleh dokter. Di klinik kecantikan, ada sebuah perawatan yang cukup efektif untuk mengatasi keringat berlebih. Nama perawatan tersebut adalah Botox.

Suntik Botox untuk Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

Botox adalah sebuah perawatan yang dilakukan dengan teknik suntik, dan menggunakan sebuah obat yang bernama botulinum toxin. Pada dasarnya, perawatan ini lebih populer digunakan untuk mengatasi kerutan, dan kedutan pada mata.

Dalam kasus mengatasi keringat berlebihan, botox bekerja dengan cara merileksasikan otot dan memblokir saraf pada kelenjar keringat. Sehingga ketika lebih rileks, maka kelenjar tidak akan terlalu aktif dalam memproduksi keringat.

Suntik botox untuk cara mengatasi keringat berlebihan, dapat diterapkan pada beberapa bagian tubuh. Misalnya seperti ketiak, telapak tangan, dll. Suntik botox sendiri tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Untuk melakukannya, kamu harus ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah plastik, dokter kulit, ataupun dokter estetika (kecantikan).

Injeksi botox terbilang cukup efektif untuk mengatasi keringat berlebih. Bahkan dalam satu kali tindakan prosedur, efek Botox dapat bertahan hingga 6 – 12 bulan. Namun untuk hasil yang lebih efektif, botox disarankan untuk dilakukan secara berulang. Terutama ketika efek dari obat tersebut mulai mereda.

Selain menggunakan botox, cara mengatasi keringat berlebihan juga dapat dilakukan dengan Antiperspirant khusus, ataupun Lontoferosis. Namun untuk mendapat rekomendasi metode yang tepat, kamu harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait.

Bagi kamu yang ingin berkonsultasi, kamu bisa langsung menghubungi Beautylogica Clinic. Silahkan lakukan live chat di nomor 0819 0500 0000, dan lakukan perawatan Botox di semua cabang Beautylogica terdekat dari rumah kalian.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *