Cara Mengatasi Kebotakan dengan Ampuh dan Aman? Coba Operasi Transplantasi Rambut!

Klinik Tanam Rambut di Jakarta Murah dan Berkualitas

operasi transplantasi rambutOperasi Transplantasi RambutRambut adalah mahkota yang sangat penting bagi manusia. Rambut yang sehat dan indah tentu akan menunjang seseorang  untuk tampil secara maksimal. Namun, dibalik keindahannya yang menawan, ternyata rambut sangat rawan untuk rusak.

Kerusakan pada rambut banyak sekali macamnya, sebut saja seperti kerontokan, rapuh, hingga kebotakan, dll. Dengan banyaknya masalah rambut yang mungkin saja bisa terjadi, tentu rambut memerlukan perawatan yang lebih ekstra. Maka jangan heran kalau banyak orang yang rela menggelontorkan banyak uang untuk perawatan rambutnya. Hal itu semata untuk menjaga rambutnya tetap sehat dan indah untuk dipandang.

Namun apabila rambut Anda sudah terlanjur mengalami kerusakan, Anda tidak perlu langsung panik. Masih banyak cara untuk mengatasi berbagai macam permasalahan rambut. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan masalah yang sedang Anda alami. Nah bagi Anda yang mengalami permasalahan rambut botak, ada sebuah jenis perawatan yang cocok untuk mengatasi hal tersebut, yaitu operasi transplantasi rambut.

Apa Penyebab Terjadinya Kebotakan Rambut?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai operasi transplantasi pada rambut / hair transplant, sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab terjadinya kebotakan rambut. Berikut adalah penjelasannya:

  • Terlalu sering menggunakan produk perawatan rambut untuk gaya tertentu
  • Efek samping dari penggunaan obat
  • Faktor keturunan
  • Hormon yang berubah
  • Mengalami kondisi penyakit tertentu (anemia, sifilis, tiroid, kekurangan gizi, dll)
  • Stres

Gejala Kebotakan

Perlu diketahui, pada dasarnya rambut dapat tumbuh disuruh bagian tubuh. Hanya beberapa bagian area saja yang tidak bisa ditumbuhi oleh rambut, seperti bagian telapak dan kelopak mata. Rambut terbentuk dari sebuah protein yang bernama keratin. Protein tersebut berada pada folikel rambut. Apabila folikel pada rambut Anda sehat, maka rambut Anda pun akan tumbuh dengan sehat dan menawan.

Rambut akan tumbuh dan rontok dengan sendirinya, sesuai siklus yang ada. Namun apabila kerontokannya tidak seimbang dengan pertumbuhannya, maka Anda sudah harus waspada. Mungkin saja hal tersebut adalah sebuah gejala dari kebotakan yang dapat Anda alami. Berikut adalah beberapa gejala yang dapat dijadikan indikasi bahwa seseorang akan mengalami kebotakan:

  • Rambut menjadi mudah patah
  • Rambut menjadi tipis/penipisan pada area tertentu
  • Kemunculan pitak pada area kepala
  • Garis batas rambut menjadi mundur
  • Kerontokan parah ketika menyisir

kebotakan rambut wanitaBagaimana Cara Mengatasi Kebotakan?

Kebotakan yang permanen pun masih bisa diatasi dengan berbagai macam perawatan medis. Selain operasi transplantasi rambut yang akan kita bahas secara mendalam, ada tindakan medis lainnya yang bisa dijadikan alternatif, seperti:

  • Terapi Laser Rambut

Jenis perawatan ini pada intinya bertujuan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Caranya adalah dengan menembakkan sinar laser pada area yang mengalami kebotakan rambut. Pada umumnya, jenis perawatan ini digunakan untuk kebotakan yang disebabkan oleh keturunan dan efek dari kemoterapi.

  • Platelet Rich Plasma (PRP)

Sama dengan terapi laser, jenis perawatan ini juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut. Caranya adalah dengan mengambil sedikit sampel darah pasien, lalu diproses agar plasmanya terpisah dari sel-sel darah tersebut. Nantinya, plasma yang sudah dipisahkan tadi akan disuntikkan pada area yang mengalami kebotakan. Hal inilah yang nantinya akan merangsang pertumbuhan rambut pada area kebotakan.

Operasi Transplantasi Rambut

Transplantasi rambut adalah prosedur yang bertujuan untuk menanamkan atau rambut okulasi ke daerah botak. Operasi ini dilakukan oleh ahli bedah plastik atau dokter kulit. Di seluruh dunia, ada 60 persen pria dan 50 persen wanita yang mengalami kerontokan rambut sepanjang hidup mereka.

Operasi transplantasi rambut merupakan alternatif bagi pasien dengan kebotakan ketika ia menggunakan obat penumbuh rambut, tapi hasilnya tidak efektif. Secara umum, tingkat keberhasilan dari transplantasi rambut tentu lebih tinggi daripada penggunaan obat penumbuh rambut.

Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini sebelum menjalani transplantasi rambut:

  • Sekitar 10-80 persen dari rambut yang ditransplantasi, akan tumbuh sepenuhnya dalam waktu 3-4 bulan.
  • Seperti rambut pada umumnya, rambut transplantasi juga bisa menipis dan mengalami kerontokan dari waktu ke waktu.
  • Transplantasi rambut kurang efektif untuk orang dengan memiliki folikel rambut tidak aktif. Kondisi ini berarti bahwa kantong akar rambut memiliki rambut di bawah permukaan kulit, tapi rambut tersebut tidak dapat tumbuh.

Mengapa Transplantasi Rambut Diperlukan?

Alasan dilakukannya transplantasi rambut adalah untuk memperbaiki penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri pada orang yang menderita kebotakan. Hal ini berarti, secara umum tidak ada indikasi medis untuk operasi transplantasi rambut.

Siapa yang Disarankan untuk Melakukan Transplantasi Rambut?

Berikut adalah kriteria bagi orang-orang yang disarankan untuk melakukan transplantasi rambut:

  • Kebotakan adalah di atas kepala atau kepala bagian depan
  • Kebotakan karena penyakit lupus, cedera, atau kondisi medis lainnya

Siapa yang tidak Cocok untuk Melakukan Transplantasi Rambut?

Operasi transplantasi rambut mungkin tidak efektif untuk semua orang. Operasi ini tidak dianjurkan untuk orang dengan masalah seperti:

  • Kebotakan rambut yang luas
  • Kebotakan akibat konsumsi obat-obatan
  • Jaringan parut yang tebal akibat dari cedera kulit kepala

Adakah Persiapan untuk Menjalani Transplantasi Rambut?

Sebelum menjalani transplantasi rambut untuk mengatasi kebotakan, tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Namun paling penting adalah lakukan konsultasi secara mendetail terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena akan berdampak dengan berhasil atau tidaknya proses operasi transplantasi rambut Anda. biasanya, orang yang akan transplantasi rambut juga akan disarankan untuk melakukan puasa sehari sebelum proses dimulai. Hal tersebut dilakukan karena pada proses transplantasi rambut akan dilakukan pembiusan secara total.

operasi tanam rambut murahBagaimana Prosedur Transplantasi Rambut Dilakukan?

Pada tahap awal, dokter akan memberikan anestesi kepada Anda. Setelah anestesi diberikan, barulah dokter dapat memulai prosedur operasi tanam rambut. Pada dasarnya, ada dua jenis prosedur transplantasi rambut. Dokter akan memilih salah satu prosedur tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda yang sudah dikonsultasikan sebelumnya. Dua jenis prosedur tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Follicular Unit Strip Surgery (FUSS)

Pada prosedur ini, dokter akan mengambil sebagian kulit kepala yang masih memiliki rambut. Area yang biasanya dilakukan sebagai donor ini biasanya ada di bagian belakang kepala. Kulit kepala yang tadi sudah diambil, nantinya akan ditanam/cangkokkan ke area yang mengalami kebotakan. Lalu bekas sayatan pada proses pengambilan kulit kepala tadi, kemudian akan dijahit dan ditutupi oleh rambut sekitarnya.

  1. Follicular Unit Extraction (FUE)

Prosedur operasi transplantasi rambut berikutnya adalah yang biasa dikenal dengan istilah FUE. Pada prosedur ini, dokter akan mencukur rambut di bagian belakang kepala dan menarik folikel rambut satu per satu. Folikel rambut kemudian ditransplantasikan ke daerah botak. Rambut yang dicukur pada area FUE akan tumbuh dengan baik. Efeknya hanya akan muncul bintik-bintik kecil dari bekas pencabutan folikel rambut. Namun, bintik-bintik kecil ini dapat ditutupi dengan rambut di sekitarnya.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Setelah Melakukan Transplantasi Rambut

Setelah menjalani transplantasi rambut, kulit kepala Anda mungkin merasa sangat sensitif. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menutupi area dengan balutan selama beberapa hari. Dokter juga akan meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi. Demikian pula, obat penghilang rasa sakit dan obat anti-inflamasi untuk mengurangi pembengkakan.

Secara umum, Anda dapat kembali ke aktivitas normal dalam kurun waktu sekitar seminggu. Apabila dokter melakukan penjahitan selama transplantasi rambut, benang jahit akan diangkat dalam waktu 10 hari setelah prosedur dilakukan.

Klinik Transplantasi Rambut

Jenis perawatan ini merupakan suatu tindakan medis yang membutuhkan keahlian khusus dalam pelaksanaan prosedurnya. Dokter spesialis sangat berperan penting untuk menentukan keberhasilan dari prosedur perawatan ini. Maka dari itu, Anda disarankan untuk berhati-hati dalam memilih klinik kecantikan untuk transplantasi rambut. Pilihlah klinik yang memang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi baik dalam bidang ini.

Salah satu klinik yang bisa dijadikan tempat untuk transplantasi rambut tentunya adalah Beautylogica Clinic. Selain dokter dan tenaga medis yang sudah berpengalaman, di sini Anda akan mendapatkan pelayanan yang aman dan nyaman. Tidak lupa juga harga yang ditawarkan oleh Beautylogica Clinic pun pasti lebih murah dari lainnya. Hal tersebut merupakan interpretasi kami untuk mengembangkan konsep “Beauty for Everyone”. Cantik tidak perlu mahal bagi Anda yang menginginkannya. Langsung kunjungi Beautylogica Clinic untuk mendapatkan Operasi Transplantasi Rambut terbaik dan berkualitas.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *