Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan Metode Medis

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Cara Mengatasi Jerawat Batu – Saat wajah memiliki jerawat, tentu akan menimbulkan rasa risih. Pasalnya, keberadaan jerawat membuat kulit terasa nyeri dan gatal. Apalagi, jika yang muncul adalah jenis jerawat batu. Jenis jerawat semacam ini akan menimbulkan rasa sakit yang berlebih. Belum lagi, jerawat batu mengandung nanah di dalamnya. Jika jerawat tersebut pecah, maka akan menimbulkan permasalahan lain pada kulit.

Selain menimbulkan rasa yang tidak nyaman, jerawat batu juga sangat mempengaruhi penampilan. Orang yang mengalami jerawat batu, pasti tidak percaya diri dengan penampilannya. Hal ini menyebabkan orang tersebut tidak leluasa dalam beraktivitas. Oleh sebab itu, orang yang mengalami permasalahn jerawat semacam ini, sebaiknya harus mengetahui tentang bagaimana cara menghilangkan jerawat batu.

Jerawat batu yang ada di wajah, harus ditangani dengan prosedur yang benar. Sebab jika tidak, jerawat batu akan menimbulkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi seputar bagaimana cara mengatasi jerawat batu yang benar. Mulai dengan metode alami, maupun dengan metode medis. Mau tahu bagaimana penjelasannya? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Apa Penyebab Munculnya Jerawat Batu?

Pada dasarnya, penyebab jerawat bernanah dan gatal disebabkan oleh pori-pori wajah yang tersumbat oleh penumpukkan sel kulit mati. Saat sel kulit mati menyumbat pori-pori, kadang bakteri ikut terjebak di dalamnya. Hal ini membuat area kulit tersebut mengalami bengkak dan kemerahan.

Sementara dalam kasus jerawat batu, infeksi terjadi lebih jauh masuk ke dalam kulit wajah. Bakteri yang ikut tersumbat, akan menimbulkan benjolan yang mengandung nanah di dalamnya. Dengan kondisi seperti ini, tentu kulit wajah akan mengalami peradangan, dan rasa sakit pada area sekitar jerawat.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa jerawat batu tidak hanya bisa muncul pada area wajah. Ada beberapa area lain yang dapat mengalami permasalahan kult yang satu ini, seperti pundak, punggung, lengan atas, hingga dada. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui tentang bagaimana cara mengatasi jerawat batu agar kondisinya tidak semakin parah.

Penyebab Jerawat Batu karena Faktor Hormon

Selain karena faktor sel kulit mati dan  bakteri, jerawat batu juga dapat disebabkan oleh faktor hormon. Salah satu hormon yang dapat ditunjuk sebagai pemicunya adalah hormon androgen. Hormon androgen adalah sebuah hormon yang mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan organ reproduksi, khususnya pria. Oleh sebab itu, hormon ini sering disebut dengan istilah “hormon laki-laki”. Walaupun dikenal dengan istilah hormon laki-laki, namun hormon androgen juga dapat ditemukan dalam tubuh wanita. Namun, produksi hormon androgen pada tubuh wanita, jumlahnya tidak sebanyak yang ada pada tubuh laki-laki.

Pada kasus jerawat batu, biasanya terjadi ketika produksi hormon androgen meningkat. Akibatnya, pori dan jerawat akan tersumbat. Pada umumnya, orang yang mengalami peningkatan hormon androgen, terjadi pada remaja dan wanita yang mengalami siklus datang bulan. Selain itu, orang yang sedang dalam masa kehamilan dan menderita sindrom ovarium juga berpotensi untuk menderita jerawat batu pada wajah. Oleh sebab itu, penting bagi kalian yang sering mengalami permasalahan ini, untuk mengetahui cara mengatasi jerawat batu dengan lebih efektif.

Jerawat batu juga dapat terjadi pada anak berusia 8 tahun dan orang paruh baya. Biasanya, hal ini disebabkan oleh faktor genetik. Artinya, ketika seseorang memiliki anggota keluarga yang pernah mengalami jerawat batu, maka keturunannya akan berpotensi mengalaminya juga. Untuk kasus semacam ini, disarankan bagi orang tersebut melakukan tindakan penanganan dengan cara medis. Sebab, penanganan dengan dokter di klinik kecantikan terbaik, akan membuatnya lebih aman dan efektif.

Cara Mencegah Kemunculan Jerawat Batu

Selain pentingnya untuk mengetahui cara mengatasi jerawat batu, kamu juga harus mengetahui tentang upaya pencegahan. Upaya untuk mencegah kemunculan jerawat batu, sebenarnya dapat dimulai dengan beberapa kebiasaan dan gaya hidup yang sehat. Contohnya seperti:

  • Berikan waktu agar pikiran lebih tenang, hal ini baik agar hormon tetap stabil
  • Cukupi waktu istirahat dengan jam tidur normal
  • Rutin berolahraga
  • Jaga tanga dan wajah agar selalu higienis
  • Hindari memencet jerawat
  • Jaga kebersihan alat yang digunakan pada area wajah, seperti masker, helm, dll.

Dengan menerapkan kebiasaan semacam ini, kondisi kesehatan dan hormon yang kamu miliki tentu akan stabil. Ketika hormon kamu stabil, dan ditambah kondisi tubuhmu tetap terjaga higienis, maka jerawat batu tidak akan muncul. Pastikan untuk selalu melakukan kebiasaan dan gaya hidup sehat agar kondisimu tetap dalam keadaan fit.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan Metode Medis?

Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan Metode MedisBagi kamu yang sedang mengalami permasalahan jerawat batu, maka metode medis adalah sebuah cara yang sangat efektif untuk dilakukan. Kamu bisa menerapkan beberapa terapi atau treatment yang cocok untuk mengatasi jerawat semacam ini.

Salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan penanganan jerawat yang efektif adalah klinik kecantikan. Di sini, kamu bisa mendapat berbagai macam pilihan treatment sesuai dengan permasalahan yang sedang kamu miliki. Berikut adalah jenis perawatan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat batu:

Cortisore Injection

Cortisore Injection adalah sebuah perawatan injeksi yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat meradang dan keloid.  Khusus untuk jerawat batu atau meradang, maka injeksi yang diberikan adalah kortikosteroid. Dengan injeksi semacam ini, jerawat batu atau meradang yang sedang dialami dapat mereda dengan lebih cepat.

Cara mengatasi jerawat batu dengan metode ini, tindakannya hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan estetika. Durasi yang dibutuhkan pun tidak terlalu lama. Dalam satu kali sesi perawatan, Cortisore Injection hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Jenis perawatan ini sangat aman dan efektif untuk dilakukan. Namun dengan catatan, harus dilakukan oleh dokter dengan komptensi yang telah disebutkan di atas. Hal ini sangat penting diperhatikan karena dalam proses injeksi, dosis yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika tidak dilakukan dengan benar, perawatan ini juga dapat menimbulkan beberapa efek samping/komplikasi, seperti:

  • Alergi
  • Iritasi
  • Atrophy scar
  • Keloid
  • Telangiektasia

Pasca Perawatan Cortisore Injection

Cara mengatasi jerawat batu dengan Cortisore Injection memang sangatlah efektif. Oleh sebab itu, perawatan ini juga sering menjadi favorit untuk cara atasi jerawat meradang. Walaupun tergolong simpel, namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika prosedur Cortisore Injection telah kamu lakukan, seperti:

  • Hindari penggunaan krim malam selama 1-2 hari, khususnya pada area yang diinjeksi
  • Pengulangan injeksi dapat dilakukan minimal setelah satu minggu
  • Hindari memegang, memencet bekas area yang dilakukan injeksi

Hal yang sudah disebutkan di atas, sangat penting untuk kamu perhatikan. Pasalnya, jika kamu langgar, maka hasil perawatan tidak akan maksimal. Umumnya, jerawat batu yang dialami akan mereda dalam kurun waktu 1-2 hari setelah prosedur selesai dilakukan.

Di Beautylogica Clinic, pasien yang telah melakukan Cortisore Injection juga diperbolehkan untuk melakukan beberapa kombinasi perawatan. Contohnya seperti Facial Acne, Face PDT, Peeling, dan Laser Q-Switched Nd Yag. Jadi tunggu apalagi? Segera rasakan cara mengatasi jerawat batu yang efektif hanya dengan mengunjungi Beautylogica Clinic!

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *