Cara mengatasi jerawat batu di pipi

Cara Mengatasi Jerawat Batu di Pipi – Jerawat batu merupakan salah satu jenis masalah kulit yang paling mengganggu. Pasalnya, jenis jerawat ini menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada permukaan kulit. Tidak cukup sampai di situ, jerawat ini juga meninggalkan jejak yang dapat merusak penampilan kulit. Oleh karenanya, banyak orang yang enggan mengalami jerawat seperti ini, dan ingin mengatasinya dengan secepat mungkin.

Jika kamu mengalami jerawat batu di pipi, sebaiknya jangan ambil langkah sembarangan. Sebab, jika penanganan jerawat dilakukan dengan tidak tepat, maka bukan tidak mungkin bahwa kondisi jerawat akan semakin parah. Oleh karena itu, sebaiknya lebih berhati-hati dalam menghadapi masalah jerawat, dan serahkan perawatan jerawat pada ahlinya.

Apa Penyebab Jerawat Batu?

Jerawat batu dikenal juga dengan istilah jerawat kistik. Terbentuknya jerawat batu, disebabkan oleh penyumbatan dan penumpukan sel kulit mati. Jerawat batu juga dapat muncul karena infeksi pada kulit. Terjadinya infeksi di kulit, biasanya terjadi akibat bakteri yang terperangkap pada pori-pori.

Pipi merupakan salah satu area wajah yang sangat rentan mengalami jerawat batu. Oleh sebab itu, cara mengatasi jerawat batu di pipi sangat wajib untuk diketahui. Sebab jika tidak ditangani dengan benar, jerawat batu akan meninggalkan bekas luka yang serius, dan bisa dikatakan permanen.

Selain karena sel kulit mati dan bakteri, jerawat batu juga dapat dipicu oleh terjadinya perubahan hormon pada tubuh.  Hormon yang sangat berpengaruh dalam kasus ini ialah hormon androgen. Saat tubuh mengalami peningkatan hormon androgen, maka kulit akan sangat rentan mengalami jerawat. Biasanya, hal ini terjadi pada saat usia remaja.

Baca juga:

Ciri-ciri jerawat batu di pipi

Ada beberapa kondisi lain yang memiliki risiko terhadap munculnya jerawat batu. Misalnya seperti pada saat menstruasi, hamil, dan menopause. Kemunculan jerawat batu, juga sangat mungkin terjadi pada saat menjalani pengobatan tertentu, ataupun tidak cocok dengan produk perawatan kulit.

Bagi kamu yang memiliki riwayat atau faktor genetik terhadap masalah jerawat, maka hal ini harus sangat diwaspadai. Sebab, jerawat batu juga dapat muncul akibat riwayat keluarga. Jika hal tersebut kamu alami, sebaiknya jaga kebersihan kulit wajah dengan lebih ekstra, dan hindari hal-hal yang dapat menyebabkan jerawat. Kamu juga wajib mengetahui cara mengatasi jerawat batu di pipi agar penanganannya bisa lebih tepat.

Ciri-ciri dan Gejala Jerawat Batu

Gejala batu yang muncul pada permukaan kulit, sebenarnya sangat mudah diidentifikasi. Jerawat jenis ini, memiliki ciri benjolan merah berukuran besar yang menyerupai seperti bisul. Jerawat batu juga memiliki tekstur yang lunak. Dalam beberapa kasus, sering juga dijumpai bahwa jerawat jenis ini menimbulkan rasa sakit, atau rasa nyeri ketika disentuh.

Ciri lain dari jerawat batu, bisa juga dikenali dengan adanya titik putih pada bagian atas jerawat. Titik ini dikenal juga dengan istilah mata jerawat. Selain itu, jerawat batu juga memiliki nanah yang ada pada bagian dalamnya. Saat jerawat pecah atau matang, biasanya nanah yang ada di dalam jerawat tersebut akan keluar dari mata jerawat.

Jerawat batu sering kali muncul pada bagian wajah, terutama pada area pipi. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat ini juga muncul pada area-area lain. Misalnya seperti dada, punggung, dan area di sekitar belakang telinga.

Jenis jerawat yang satu ini memerlukan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Bahkan dalam beberapa kasus, jerawat batu dapat bertahan selama berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Parahnya lagi, jika jerawat batu tidak ditangani dengan benar, maka akan menimbulkan bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya kenali cara mengatasi jerawat batu di pipi yang tepat. Sebab jika tidak, bekas jerawat akan menimbulkan noda kehitaman, atau bisa juga meninggalkan kerusakan tekstur pada kulit. Jika hal ini terjadi, maka bekas luka akan sangat sulit untuk dihilangkan.

Baca juga:

Cara Mengatasi Jerawat Batu di Pipi

Mengatasi jerawat batu di pipi

Untuk mengatasi jerawat batu di pipi, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Misalnya seperti menggunakan obat topikal (salep atau krim), terapi hormon, dan suntik jerawat. Nah dari ketiga jenis metode tersebut, kami akan membahas lebih lanjut tentang suntik jerawat.

Suntik jerawat menjadi salah satu metode paling efektif untuk mengatasi jerawat yang membandel. Jenis perawatan ini dapat menangani beberapa jenis jerawat, misalnya seperti papula, nodul, dan kista. Dalam tindakan prosedurnya, jenis perawatan ini dilakukan dengan suntikan kortikosteroid. Dalam bahasa medis, perawatan ini dikenal juga dengan nama Cortisore Injection.

Meski terbilang cukup efektif, suntik jerawat tidaklah bisa dilakukan dengan sembarangan. Agar aman dan memberikan hasil yang optimal, kamu butuh penanganan langsung dari dokter ahlinya. Dalam kasus ini, dokter yang berwenang untuk menangani suntik jerawat adalah dokter kulit dan dokter estetika.

Cara mengatasi jerawat batu di pipi dengan suntikan, dapat memberikan hasil dalam waktu yang singkat. Setelah satu atau dua hari pasca penyuntikan, peradangan jerawat akan mulai mereda dan kempis. Dengan melakukan suntik jerawat, kamu pun bisa meminimalisir terjadinya bekas luka jerawat yang berupa noda kehitaman, ataupun berupa kerusakan tekstur kulit (bopeng).

Cara Mencegah Jerawat Batu di Pipi

Selain cara untuk mengatasi, kamu juga wajib untuk tahu seputar cara pencegahan jerawat batu. Hal ini berguna untuk memaksimalkan proses perawatan, serta mencegah agar hal yang sama tidak terulang kembali. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kemunculan jerawat batu, misalnya seperti:

  • Hindari kebiasaan menyentuh dan memencet jerawat
  • Rutin membersihkan wajah, khususnya di pagi dan malam hari
  • Gunakan produk pembersih wajah yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit
  • Gunakan pelembap dan tabir surya agar kesehatan kulit tetap terjaga
  • Pakailah produk riasan wajah yang tidak menyumbat pori-pori (non-comedogenic)
  • Jangan lupa untuk membersihkan wajah sehabis penggunaan makeup

Cara pencegahan ini sangatlah efektif untuk menghindarkan kamu dari masalah jerawat. Bagi kamu yang sering kesal karena permasalahan jerawat, sebaiknya lakukan cara-cara tersebut agar permasalahan yang kamu alami tidak terulang. Dengan begitu, cara mengatasi jerawat batu di pipi tentu akan lebih cepat, aman, dan mudah untuk dilakukan. Untuk berkonsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *