Cara Mencegah Kebotakan pada Rambut Pria

Cara Mencegah Kebotakan pada Rambut Pria

Cara Mencegah Kebotakan – Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh pria adalah kebotakan. Masalah kebotakan pada pria, dapat dialami oleh siapa saja dan usia berapa saja. Bahkan, bagi para pria yang relatif masih muda, masalah rambut yang satu ini juga sangat mungkin untuk muncul.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi para pria untuk menjaga dan merawat rambutnya dengan tepat. Selain untuk menjaga penampilan, hal ini juga baik untuk merawat kesehatan rambut. Apabila rambut dirawat dengan tepat, maka penampilan pun akan menjadi lebih maksimal.

Sebelum kalian mengalami kebotakan, sebaiknya kalian harus mengetahui tentang penyebab, serta cara mencegah kebotakan. Hal ini penting, agar nantinya kalian tidak terlanjur menyesal. Seperti pepatah bilang, lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan? Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut.

Penyebab Kebotakan pada Rambut Pria

Salah satu penyebab kebotakan pada pria adalah faktor gen atau memiliki keturunan keluarga yang kebotakan. Menurut penelitian, kebotakan yang terjadi pada pria terkait dengan hormon seksual. Hormon seksual yang dimaksud adalah hormon androgen.

Setiap untai rambut memiliki siklus pertumbuhan. Ketika kebotakan dimulai, siklus ini mulai melemah dan mengecilkan folikel rambut. Akibatnya, helai rambut tumbuh lebih pendek dan lebih tipis. Cepat atau lambat, siklus pertumbuhan pada setiap untai rambut akhirnya berakhir sampai tidak ada lagi rambut yang tumbuh.

Kondisi kesehatan lainnya juga dapat menyebabkan kebotakan. Contohnya seperti ruam, kemerahan, rasa sakit, kulit kepala yang mengelupas, serta kerusakan rambut. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya kenali cara mencegah kebotakan yang tepat, dan rutin melakukan perawatan.

Baca juga:

Klinik Perawatan Rambut Rontok di Jakarta – Solusi Rambut Sehat Terbaik

Rambut Rontok Berlebihan Pertanda Apa? Intip Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Cara Mengetahui Gejala Kebotakan

Gejala Kebotakan pada Pria

Untuk menghindari kebotakan pada rambut, kenali juga tanda-tanda atau gejala sebelum kebotakan terjadi. Berikut ini telah kami rangkum beberapa tanda-tanda kebotakan yang paling mudah untuk diketahui:

1. Rambut menipis

Menipisnya rambut di beberapa bagian kepala, dapat disebabkan oleh kulit rambut yang tidak dapat menahan akar rambut, ini menghasilkan penipisan di beberapa bagian kepala. Pertumbuhan rambut yang tidak rata, di bagian lain rasanya tebal, tetapi ada bagian yang sangat tipis dan sangat jarang ditumbuhi rambut. Penipisan biasanya terjadi dari kepala depan ke tengah.

2. Penipisan rambut pada bagian tubuh lain

Hilangnya rambut di beberapa bagian tubuh menjadi salah satu karakteristik kebotakan, seperti di alis. Alis yang tiba-tiba tipis, perlu dipertimbangkan.

3. Rambut patah

Rambut yang rusak adalah salah satu gejala kebotakan. Rambut rapuh dan mudah rusak akan jatuh lebih cepat, ini menambah rambut rontok. Kerusakan pada rambut keratin dapat menyebabkan rambut jatuh lebih cepat dan rusak. Kulit kepala yang tidak sehat menjadi tidak dapat menahan akar rambut. Kulit kepala yang tidak sehat dapat diketahui oleh kehadiran jamur, seperti ketombe.

Cara Mencegah Kebotakan pada Rambut Pria

Meskipun banyak perawatan untuk kebotakan, tetapi tidak banyak menghasilkan hasil. Nah, inilah hal-hal yang dilakukan untuk mencegah kerontokan rambut, yaitu:

Mengurangi stres

Salah satu cara mencegah kebotakan dan kerontokan rambut adalah mengurangi stres yang sedang kalian alami. Pasalnya, stres dapat meningkatkan peradangan pada tubuh dan mempengaruhi hormon. Jika dibiarkan, hal ini dapat memperbesar risiko terhadap kebotakan pada rambut. Selain itu, ada kalanya kebotakan terjadi karena gangguan psikologis, seperti depresi. Untuk membantu mengatasi kebotakan terkait dengan masalah psikologis seperti ini, konseling dibutuhkan dengan psikiater atau psikolog.

Memenuhi kebutuhan akan nutrisi rambut

Protein, asam lemak omega-3, besi, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin D adalah nutrisi penting untuk menumbuhkan rambut dan menjaga kekuatan rambut. Untuk mencegah kebotakan, sebaiknya cukupi nutrisi-nutrisi yang tersebut untuk rambut. Kalian bisa mendapatkan nutrisi ini tersebut dengan mengonsumsi daging, ikan, telur, susu, dan kedelai setiap hari.

Hindari kebiasaan menarik rambut

Kebiasan menarik rambut, merupakan  salah satu tindakan yang dapat merangsang kebotakan. Pasalnya, tarikan pada rambut dapat membuat batang tubuh rambut menjadi patah, dan akar rambut menjadi lebih lemah. Nah, salah satu cara mencegah kebotakan yang cukup mudah untuk dilakukan, adalah dengan menghentikan kebiasaan menarik rambut.

Hindari perawatan rambut dengan bahan kimia

Perawatan rambut dengan bahan kimia memang dapat memberikan efek yang instan dan signifikan. Namun jika dibiasakan, hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Oleh sebab itu, kurangi kebiasaan dalam menggunakan produk berbahan kimia.

Gunakan penata rambut dengan benar

Umumnya pria hanya menggunakan sisir untuk menata rambut mereka. Pemilihan jenis sisir juga dapat berpengaruh bagi rambut. Sebaiknya, hindari penggunaan sisir yang bergigi terlalu rapat. Hal ini bertujuan agar rambut tidak mudah patah dan rontok.

Sisir rambut dengan lembut

Agar rambut tidak rusak dan mengalami kebotakan, sebaiknya mulai dengan kebiasaan menyisir rambut dengan halus. Apabila kalian memberi perlakuan kasar pada rambut, otomatis rambut akan mulai rapuh. Jika dibiarkan lama, hal ini dapat membuat risiko kebotakan menjadi lebih tinggi.

Jangan terlalu sering keramas

Sebagian orang berpikir bahwa sering keramas pasti akan membuat rambut menjadi lebih sehat. Padahal faktanya, hal tersebut tidaklah benar. Terlalu sering keramas dapat membuat minyak alami pada rambut menjadi berkurang, dan meningkatkan risiko kerapuhan rambut. Jika dibiarkan, hal ini dapat membuat rambut mengalami kebotakan. Bagi kalian yang ingin menerapkan cara mencegah kebotakan, sebaiknya mulailah dengan mengatur intensitas keramas.

Baca juga:

Cara Membuat Rambut Lembut dan Mudah Diatur yang Jarang Diketahui!

Klinik Kecantikan Terbaik & Terlengkap di Jakarta Barat!

Selain Mencegah, Ketahui juga Cara Mengatasi Kebotakan Berikut ini!

Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Pria

Setelah mengetahui penyebab, tanda-tanda, serta cara mencegah kebotakan, rasanya kurang lengkap jika tidak menyertakan tentang bagaiman cara mengatasinya. Pada dasarnya, kebotakan terbagi menjadi beberapa tingkat keparahan. Dari yang paling rendah, hingga yang sudah parah.

Apabila kalian mengalami kebotakan, kalian tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, kebotakan masih bisa diatasi dengan beberapa cara dengan metode perawatan estetika. Bahkan jika sudah terlalu parah, masih ada sebuah tindakan yang dikenal dengan nama Hair Transplant, atau tanam rambut.

Nah, berikut ini adalah beberapa perawatan yang ada di klinik kecantikan, dan dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut, serta mengatasi kebotakan pada rambut:

1. Hair PRP

PRP Hair adalah sebuah perawatan yang bertujuan untuk mempertebal diameter dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, perawatan ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Dalam tindakan prosedurnya, perawatan ini menggunakan serum Platelet Rich Plasma (PRP) yang kaya akan Growth Factor.

Serum PRP yang digunakan, merupakan hasil ekstraksi dari darah pasien sendiri. Saat prosedur dilakukan, serum PRP akan dioleskan ke kulit kepala, dan dibantu dengan alat Microneedling untuk memaksimalkan proses peresapan. Dalam prosedurnya, Hair PRP memakan waktu kurang lebih 60 menit. Selain sebagai cara mencegah kebotakan, perawatan ini cukup efektif dalam menjaga penampilan rambut.

2. Hair Growth Treatment

Hair Growth Treatment adalah perawatan dengan menggunakan growth factor khusus, yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru dan memperkuat akar rambut. Dalam tindakan prosedurnya, perawatan ini menggunakan alat Hair Stamp yang akan diterapkan pada area kulit kepala. Dalam satu kali sesi perawatan, Hair Growth Treatment membutuhkan waktu sekitar 60 menit.

3. Hair Laser PDT

Hair Laser PDT adalah perawatan rambut yang menggunakan terapi cahaya merah, dengan panjang gelombang 640 nm. Perawatan ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru, serta memperkuat akar rambut. Terapi cahaya merah ini juga dikenal dengan nama Photo Dynamic Therapy. Dalam upaya merangsang pertumbuhan rambut baru, perawatan ini bekerja dengan cara meningkatkan darah pada area kulit kepala.

About Ridwan