Cara mencegah kebotakan di usia muda

Cara Mencegah Kebotakan di Usia Muda dengan Lebih Efektif

Cara Mencegah Kebotakan di Usia Muda – Masalah kebotakan memang dapat terjadi pada siapa saja. Ketika seseorang mengalami masalah kebotakan, maka hal ini tentu akan sangat mengganggu mereka. Pasalnya, masalah kebotakan dapat sangat merusak penampilan.

Karena masalah kebotakan, tidak sedikit orang yang merasa minder akan penampilannya. Oleh sebab itu, merawat rambut adalah hal yang mutlak untuk dilakukan. Selain untuk menjaga penampilan rambut, perawatan secara rutin juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut.

Pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan membahas informasi seputar kebotakan. Mulai dari penyebab, cara pencegahan, serta cara untuk mengobatinya. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak informasi lengkapnya berikut ini:

Penyebab Kebotakan di Usia Muda

Selain mengetahui cara mencegah kebotakan di usia muda, kalian juga harus memahami apa penyebab kebotakan itu sendiri. Hal ini sangat penting demi melancarkan langkah pencegahan, serta pengobatan masalah kebotakan nantinya.

Botak usia muda terjadi karena faktor genetik. Kondisi ini banyak dialami oleh laki-laki ketimbang perempuan. Kebotakan di usia muda membuat orang yang mengalami merasa tidak nyaman. Apa saja penyebab botak di usia muda? Inilah beberapa faktor risiko penyebab botak di usia muda:

Baca juga:

Mencegah kebotakan di saat muda

1. Hormon

Perubahan hormonal menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka risiko kebotakan tentu akan semakin besar. Perubahan hormonal biasanya terjadi pada saat kehamilan, masa persalinan, menopause, atau masalah tiroid. Pada remaja perempuan, perubahan hormonal juga dapat terjadi ketika sindrom ovarium polikistik. 

Kondisi ini menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, kerontokan rambut, dan berat badan berlebih. Pada remaja pria, kondisi ini terjadi ketika hormon dihydrotestosterone mengikat testosteron di folikel rambut yang menyebabkan kebotakan. Jika kalian mengalami hal ini, sebaiknya konsultasikan cara mencegah kebotakan di usia muda dengan dokter yang bersangkutan.

2. Obat

Rambut rontok dapat terjadi akibat efek samping dari obat yang dikonsumsi. Kandungan obat yang memicu rambut rontok, biasanya terdapat pada obat kanker, arthritis, gangguan depresi, jantung, darah tinggi, dan asam urat.

3. Kekurangan Nutrisi

Kurangnya mengonsumsi nutrisi juga dapat menjadi salah satu faktor dari kebotakan. Nutrisi yang terpenuhi dengan baik, akan membantu pertumbuhan dan kekuatan rambut. Sebaliknya, jika tubuh kekurangan nutrisi, maka rambut tidak akan ternutrisi dengan baik. Nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut salah satunya adalah zat besi, protein, dan vitamin D.

4. Gangguan Psikologis

Stres dan depresi dapat menyebabkan botak usia muda. Pasalnya, gangguan psikologis tersebut akan mengganggu hormon tubuh. Akibatnya, hormon tubuh menjadi tidak seimbang, dan hal inilah yang menyebabkan kebotakan. Gangguan psikologis hanya akan membuat rambut rontok secara sementara, hingga kondisi psikologis membaik. 

5. Terapi Radiasi atau Kemoterapi

Terapi radiasi kepala menjadi salah satu penyebab dari kerontokan rambut yang berikutnya. Contohnya, terapi radiasi untuk kanker otak, dan terapi radiasi lain yang dilakukan di bagian kepala.

Baca juga:

Cara Mencegah Kebotakan di Usia Muda

Kebotakan di usia muda

Upaya mencegah kebotakan pada usia muda, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Sebenarnya, langkah pencegahannya cukup mudah untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa cara pencegahannya:

Membiasakan Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat, bukan saja baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, hal ini pun juga baik untuk kesehatan rambut. Bagi kamu yang ingin menghindari kebotakan di usia muda, sebisa mungkin terapkan gaya hidup sehat sedini mungkin. Hindari juga merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Minum Suplemen

Penggunaan suplemen atau obat-obatan bisa menjadi pilihan alternatif mencegah kebotakan. Beberapa obat akan membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menguatkan rambut. Suplemen yang bisa membantu mencegah kerontokan meliputi:

  • Selenium
  • Vitamin B
  • Vitamin D
  • Zat Besi
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E

Sebelum melakukan cara mencegah kebotakan di usia muda dengan suplemen, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui efek samping, ataupun risiko yang dapat ditimbulkan. 

Menggunakan Produk Perawatan Alami

Ada banyak sekali bahan kimia yang terdapat dalam satu jenis produk perawatan rambut. Perlu diketahui, bahan-bahan tersebut belum tentu baik untuk kondisi kesehatan rambutmu, lho! Jadi apabila kamu ingin lebih aman, sebaiknya gunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, atau biji kemiri untuk menyuburkan dan melebatkan rambut.

Hindari Mewarnai Rambut

Para-phenylenediamine atau PPD adalah salah satu bahan kimia yang ada pada produk pewarna rambut. Bahan ini amat rentan memicu terjadinya dermatitis dan alergi, terlebih pada kulit kepala yang tergolong sensitif.

Akibatnya, kulit kepala dan rambut bisa mengalami kerusakan. Dengan tidak mewarnai rambut, kamu pun telah menerapkan salah satu cara mencegah kebotakan di usia muda, lho!

Biasakan Menyisir dengan Lembut

Menyisir rambut terlalu keras, dapat mengakibatkan rambut patah dan menjadi rontok. Kebiasaan yang satu ini, tentu akan meningkatkan risiko dari kebotakan. Apalagi jika kamu menggunakan sisir dengan gigi yang rapat untuk menyisir rambut yang kusut. Sebaiknya, sisirlah rambut dengan lembut dan jangan dipaksakan. Untuk menghindari rambut patah, kamu juga bisa menyesuaikan sisir yang kamu gunakan.

Menggunakan Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan untuk mencegah kebotakan juga bisa menjadi alternatif lain yang bisa kamu pertimbangkan. Namun sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter terkait, apakah masalah kebotakan yang kamu alami memang harus diatasi dengan obat-obatan.

Baca juga:

Cara Mengobati Kebotakan di Usia Muda

Informasi mengenai cara mengobati kebotakan di usia muda memang sangat mudah untuk ditemukan. Terdapat beragam cara yang tersedia untuk mengatasi masalah rambut yang satu ini. Misalnya menggunakan obat-obatan, memanfaatkan bahan alami, dll.

Dari banyaknya cara pengobatan yang tersedia, ada salah satu metode yang dianggap paling efektif. Metode tersebut adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Berikut adalah jenis-jenis perawatan yang mampu mengobati, serta diterapkan sebagai cara mencegah kebotakan di usia muda:

Hair Growth Treatment

Hair Growth Treatment adalah perawatan dengan menggunakan growth factor khusus, yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru, dan memperkuat akar rambut. Dalam tindakan prosedurnya, perawatan ini menggunakan alat Hair Stamp yang akan diterapkan pada area kulit kepala. Dalam satu kali sesi perawatan, Hair Growth Treatment membutuhkan waktu sekitar 60 menit.

Hair PRP

Hair PRP adalah sebuah perawatan yang bertujuan untuk mempertebal diameter dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, perawatan ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Dalam tindakan prosedurnya, perawatan ini menggunakan serum Platelet Rich Plasma (PRP) yang kaya akan Growth Factor.

Serum PRP yang digunakan, merupakan hasil ekstraksi dari darah pasien sendiri. Saat prosedur dilakukan, serum PRP akan dioleskan ke kulit kepala, dan dibantu dengan alat yang bernama Microneedling. Dalam satu kali sesi perawatan, Hair PRP memakan waktu kurang lebih 60 menit. 

Hair Laser PDT

Jenis perawatan selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengobati, sekaligus cara mencegah kebotakan di usia muda adalah Hair Laser PDT. Perawatan ini dilakukan dengan teknologi cahaya merah, dengan panjang gelombang 640 nm.

Hair Laser PDT bertujuan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru, serta memperkuat akar rambut. Dalam bahasa medis, terapi cahaya merah ini juga dikenal dengan nama Photo Dynamic Therapy. Dengan teknologi tersebut, perawatan ini bekerja dengan cara meningkatkan aliran darah pada area kulit kepala.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.