cara menambah imun tubuh

Cara Menambah Imun Tubuh – Semenjak pandemi melanda Indonesia, istilah imun tubuh sering kali disebut dan muncul di mana saja. Contohnya seperti di koran, televisi, sosial media, dan berbagai macam portal berita lainnya.

Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan imun tubuh? Apa kaitannya dengan pandemi Covid-19 ini? Nah, pada kesempatan kali ini, Beautylogica Clinic akan berbagi informasi seputar hal tersebut secara lebih lengkap.

Mengenal Apa itu Imun Tubuh

Imun tubuh adalah sebuah mekanisme sistem perlindungan yang ada di dalam tubuh manusia. Fungsi utama dari sistem imun tubuh adalah menangkal radikal bebas. Dengan menangkal radikal bebas, tubuh akan terhindar dari serangan berbagai jenis virus dan penyakit.

Dalam istilah lain, imun tubuh sering juga disebut dengan sistem kekebalan tubuh. Jadi ketika berbicara mengenai pandemi, tentu hal ini akan sangat berkaitan. Sebab, pandemi disebabkan oleh virus yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh kita.

Karena selalu dikaitkan dengan penyakit dan pandemi, banyak juga orang yang bertanya tentang bagaimana cara menambah imun tubuh. Nah, hal ini nanti akan kami jelaskan pada bagian selanjutnya. Imun tubuh sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  • Sistem Imun Tubuh Bawaan – Sistem imun yang terbentuk sejak seseorang dilahirkan.
  • Sistem Imun Tubuh Pasif – Sistem imun yang ditransfer dari individu satu ke individu lainnya.
  • Sistem Imun Tubuh Adaptif – Sistem imun yang didapat dari proses vaksinasi.

Setiap orang pasti memiliki sistem imun tubuh yang berbeda-beda. Namun, seiring bertambahnya usia, biasanya sistem kekebalan akan membaik, dan kebal terhadap berbagai penyakit. Namun dalam kondisi tertentu, imun tubuh pun bisa juga melemah, dan membuat seseorang rentan terserang oleh penyakit.

Baca juga:

Hal-hal yang Dapat Menyebabkan Imun Tubuh Melemah

Cara Kerja Sistem Imun TubuhAgar terhindar dari penyakit, kita harus selalu menjaga imun tubuh agar tetap dalam kondisi yang fit. Untuk itu, kamu harus mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan imun tubuh melemah. Hal ini berguna agar kamu dapat menghindari, dan mengantisipasi kelemahan imun tubuh.

Nah, sebelum mengetahui cara menambah imun tubuh, berikut adalah penyebab imun tubuh melemah yang harus kamu ketahui:

  • Kurang menjaga kebersihan
  • Kebiasaan begadang hingga menyebabkan kurang tidur
  • Pola makan yang buruk
  • Mengalami stres
  • Kurang olahraga

Agar imun tubuh yang kamu miliki tetap kuat, sebaiknya hindari beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Sebab ketika imun tubuh melemah, tubuhmu akan sangat rentan terkena virus dan berbagai macam penyakit.

Tanda-tanda Imun Tubuh Melemah

Untuk mengetahui imun tubuh yang melemah sebenarnya cukup mudah. Sebab, ada beberapa pertanda yang muncul dan dapat kamu ketahui. Namun kadang, sebagian orang terlambat untuk mengetahui dan imun tubuh pun terlanjur melemah.

 Oleh sebab itu, selain mengetahui cara menambah imun tubuh, penting juga bagi kamu untuk mengetahui tanda-tanda dari melemahnya imun tubuh. Berikut adalah beberapa pertandanya:

  • Tubuh melemah
  • Mudah terserang penyakit
  • Berat badan mudah bertambah
  • Mengalami stres yang berkepanjangan
  • Warna urine atau air seni tidak jernih

Jika kamu mengalami beberapa pertanda di atas, sebaiknya jangan pernah dianggap remeh. Sebab, bisa jadi hal ini merupakan pertanda bahwa imun tubuhmu sedang melemah. Apabila memang terjadi, sebaiknya segera ambil langkah-langkah pencegahan, terutama untuk meningkatkan kembali imun tubuh.

Cara Menambah Imun Tubuh

Untuk terhindar dari penyakit dan virus di masa pandemi, kita harus selalu menjaga imun tubuh kita agar tetap kuat. Dengan menjaga imun tubuh, tentunya fisik akan menjadi lebih bugar, dan tubuh pun akan menjadi lebih sehat. Untuk meningkatkan imun tubuh, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Contohnya seperti:

Berjemur

Dari hasil studi yang dilakukan, berjemur di bawah sinar matahari dapat meningkatkan produksi vitamin D yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika kamu ingin meningkatkan imun tubuh, kegiatan berjemur sangatlah dianjurkan.

Walaupun berjemur sangat dianjurkan, namun kamu harus tetap berhati-hati. Sebab jika salah dalam memilih waktu berjemur, sinar matahari dapat merusak kulitmu. Waktu yang paling tepat untuk berjemur adalah pukul 9-10 pagi, dan baiknya dilakukan dalam tiga kali seminggu.

Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi adalah salah satu cara menambah imun tubuh yang paling efektif. Ada beberapa kandungan yang diutamakan dalam hal ini, seperti vitamin, antioksidan, mineral, dan vitamin. Beberapa kandungan tersebut, bisa kamu temukan di buah-buahan, sayuran, ikan, telur, susu, dan berbagai macam biji-bijian. Dengan mengonsumsi beberapa bahan makanan tersebut, akan membuat imun tubuh menjadi kuat, dan tubuh pun terhindar dari berbagai macam penyakit.

Konsumsi Suplemen

Ketika telah mengonsumsi makanan bergizi, kadang beberapa kandungan yang ada di dalamnya tidak bisa terserap dengan baik. Oleh sebab itu, kalian butuh mengimbanginya dengan mengonsumsi suplemen. Contoh suplemen yang harus kamu konsumsi adalah yang memiliki kandungan vitamin C, D, dan Echinacea. Sebab, beberapa kandungan tersebut terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan imun tubuh.

Istirahat yang Cukup

Mencukupi waktu istirahat merupakan salah satu cara menambah imun tubuh yang kadang disepelekan. Padahal, hal ini terbukti sangat efektif untuk menguatkan imun tubuh, serta mengoptimalkan kondisi fisik. Biasakan tidur 7-9 jam perhari agar kondisi imun yang kamu miliki tetap stabil dan kuat. Jika kamu adalah seorang remaja, maka 8-10 jam adalah waktu istirahat yang cukup untuk diterapkan.

Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga bukan hanya dianjurkan bagi orang yang ingin diet. Namun, olahraga juga baik untuk menjaga imunitas tubuh kita. Dengan rutin berolahraga, diketahui bahwa dapat meningkatkan reaksi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Dengan begitu, imun tubuh pun akan menjadi lebih kuat, dan tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Baca juga:

Cara Menambah Imun Tubuh di Klinik Kecantikan

Sebagian dari kalian mungkin bingung, apa benar bisa menambah imun tubuh di klinik kecantikan? Jawabannya tentu saja bisa! Sebab, di klinik kecantikan ada sebuah perawatan yang dapat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mau tahu jenis perawatan yang dimaksud? Simak pembahasannya berikut ini:

Infus Detox

Infus Detox adalah sebuah perawatan yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Perawatan ini dilakukan dengan memasukkan cairan infus ke dalam pembuluh darah. Cairan infus ini memiliki kandungan yang kaya akan mulitivitamin dan sangat baik untuk tubuh.

Untuk menemukan perawatan ini, kamu bisa pergi mengunjungi Beautylogica Clinic. Sebab, belum banyak klinik kecanitkan yang menyediakan jasa perawatan ini. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *