15 Cara Memperkuat Akar Rambut dengan Bahan Alami & Medis

15 Cara Memperkuat Akar Rambut dengan Bahan Alami & Medis

15 Cara Memperkuat Akar Rambut – Salah satu bagian tubuh yang sangat mempengaruhi penampilan adalah rambut. Dengan rambut yang sehat dan kuat, tentu pemiliknya akan lebih percaya diri. Sebab, rambut merupakan mahkota kepala yang mencerminkan keindahan seorang wanita. Oleh sebab itu, perawatan untuk rambut harus selalu rutin dilakukan.

Perawatan untuk rambut sangat penting, mengingat rambut adalah bagian tubuh yang sangat rapuh. Jika kamu tidak merawatnya dengan benar, rambut akan sangat rentan mengalami kerusakan. Beberapa masalah kerusakan rambut yang sering ditemui oleh wanita adalah kering, bercabang, kusut, hingga kerontokan.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas informasi tentang sebuah permasalahan rambut yaitu kerontokan. Kerusakan rambut ini, umumnya disebabkan oleh akar rambut yang tidak sehat dan kuat. Jika dibiarkan, akar rambut yang rapuh akan terus-menerus menghasilkan rambut yang rontok. Pada beberapa kasus, kondisi seperti ini bahkan bisa menciptakan kebotakan bagi para penderitanya.

15 Cara Memperkuat Akar Rambut Paling Ampuh

Upaya untuk memperkuat akar rambut, dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami maupun metode medis. Walaupun metodenya berbeda, kedua cara ini bisa dikatakan sangat efektif dalam memperkuat akar rambut. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak pembahasannya berikut ini!

Perawatan Akar Rambut dengan Bahan Alami

Penggunaan bahan alami memang sudah dipercaya memiliki banyak khasiat dari zaman dahulu. Bahan alami yang digunakan secara benar, dapat membuat tubuh kita menjadi sehat, termasuk rambut. Upaya memperkuat akar rambut, juga dapat digunakan dengan beberapa bahan alami, seperti:

  1. Santan

Buah kelapa dan olahannya memang terkenal memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk akar rambut. Olahan santan dari buah kelapa, juga sudah terbukti berhasil untuk mengurangi rambut rontok. Selain itu, kandungan protein yang terdapat di dalam santan ini juga dapat merangsang pertumbuhan akar rambut.

Penggunaan bahan alami yang satu ini pun cukup mudah untuk dilakukan. Caranya adalah dengan mengoleskan santan rambut secara merata, lalu diamkan kurang lebih selama 20 menit. Jika sudah, bersihkan rambut dengan keramas hingga bersih. Dengan rutin melakukan perawatan ini, kamu dapat membuat rambutnya menjadi lebih kuat dan lebih halus.

  1. Buah Alpukat

Bahan alami selanjutnya yang termasuk ke dalam 15 cara memperkuat akar rambut adalah buah alpukat. Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah menerapkan bahan alami ini untuk masker rambut. Pasalnya, buah alpukat memang sudah tenar karena manfaatnya yang baik untuk akar dan kulit kepala.

Cara penggunaannya, pertama-tama kamu hancurkan buah alpukat dan aduk hingga kental. Jika sudah, aplikasikan buah alpukat tersebut ke rambut secara merata. Barengi juga dengan gerakan memijat secara halus. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

  1. Jambu Biji

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C, B3, B5, dan B6 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bagi rambut sendiri, kandungan ini bermanfaat untuk mengatasi kerontokan, memperkuat akar rambut, dan membersihkan kulit kepala. Dengan banyaknya kandungan yang terdapat di dalamnya, wajar saja jika buah ini termasuk ke dalam 15 cara memperkuat akar rambut. Selain itu, kandungan pada jambu biji juga sangat efektif untuk treatment penumbuh rambut.

Perawatan rambut dengan buah jambu biji, dilakukan dengan cara menjadikannya sebagai masker. Pertama, siapkan buah jambu biji dan putih telur. Hancurkan buah jambu biji dan campurkan putih telur. Lalu aduk hingga tercampur secara merata, dan aplikasikan pada rambut. Diamkan selama 15 menit, dan bilas hingga bersih.

  1. 15 Cara Memperkuat Akar Rambut dengan Bahan Alami & Medis di Klinik kecantikan

    Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan rambut. Bahkan, tanaman ini pun telah digunakan juga sebagai komposisi produk perawatan rambut. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman ini adalah memperkuat akar rambut, merangsang pertumbuhan rambut, mencegah rambut patah, dll. Penyebab rambut rontok juga dapat diatasi dengan lebih mudah dengan perawatan bahan alami yang satu ini.

Penggunaannya pun cukup simpel, kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya secara merata ke seluruh bagian rambut. Jika sudah, diamkan kurang lebih selama 15 menit. Bilas hingga bersih, kalau perlu lakukanlah keramas. Dengan rutin melakukan perawatan ini, kamu bisa membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat. Karena manfaatnya yang sangat baik dan efektif, tidak ada salahnya jika kamu mencoba salah satu dari 15 cara memperkuat akar rambut dengan bahan alami ini.

  1. Teh Hijau

Di dalam teh hijau, terdapat kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, teh hijau juga bisa dimanfaatkan untuk memperkuat akar rambut dengan lebih efektif.

Cara penggunaannya adalah seduh dua kantung teh hijau. Lalu oleskan air rebusan tersebut pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih satu jam, lalu bilas hingga bersih. Kami juga menyarankan untuk menggunakan teh hijau asal Jepang agar perawatannya bisa lebih efektif.

  1. Putih Telur

Selain enak untuk dikonsumsi, putih telur juga memiliki banyak manfaat lho bagi perawatan rambut. Walaupun di dunia kecantikan putih telur terkenal untuk masker wajah, namun sebenarnya bahan alami ini juga bisa digunakan untuk masker rambut. Bahan alami yang termasuk ke dalam 15 cara memperkuat akar rambut ini terkenal karena memiliki khasiat baik karena proteinnya.

Putih telur juga memiliki kandungan sulfur yang dapat mengurangi kerontokan rambut. Kandungan ini juga dipercaya dapat memperkuat akar rambut. Cara penggunaannya pun sama dengan masker untuk wajah. Kamu hanya perlu mengoleskan putih telur secara merata, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas hingga bersih, dan lakukan perawatan ini secara rutin agar hasilnya bisa lebih maksimal.

  1. Buah Pisang

Buah pisang nampaknya belum terlalu populer untuk digunakan sebagai masker rambut. Padahal, buah ini juga sangat efektif dalam upaya memperkuat akar rambut.  Selain itu, penggunaan pisang untuk masker rambut juga dapat memperindah tampilan rambutmu.

Cara penggunaannya pun simpel, siapkan satu buah pisang. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun, madu, susu, atau santan. Jika sudah, haluskan buah pisang lalu campurkan dengan salah satu bahan tersebut. Aplikasikan secara merata pada rambut, dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Dengan rutin melakukan perawatan ini, rambutmu akan lebih berkilau dan tentunya lebih kuat.

  1. Yoghurt

Yoghurt adalah sebuah bahan alami yang termasuk ke dalam salah satu dari 15 cara memperkuat akar rambut paling efektif. Dengan mengaplikasikannya pada rambut, penyebab rambut kering dan rapuh akan lebih mudah untuk teratasi. Kamu juga bisa mencampurkan yoghurt dengan beberapa bahan alami lain, seperti minyak kelapa dan madu. Lakukan treatment ini agar rambut tetap sehat dan indah berkilau.

  1. Minyak Rosemary

Bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk memperkuat akar rambut adalah minyak rosemary. Selain untuk memperkuat akar rambut, minyak ini juga dipercaya efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Cara penggunaannya adalah oleskan minyak tersebut secara merata pada rambut. Namun sebelum penggunaan, jangan lupa untuk campurkan minyak tersebut dengan bahan alami lain. Sebab, minyak rosemary yang murni, memiliki efek yang lumayan keras. Lalu lakukan gerakan memijat dengan halus, dan diamkan selama beberapa menit. kamu juga bisa mencampurkan minyak rosemary ke dalam produk perawatan rambutmu, seperti sampo ataupun kondisioner.

  1. Minyak Geranium

Minyak geranium adalah salah satu 15 cara memperkuat akar rambut yang cukup efektif untuk dilakukan. Perawatan rambut dengan minyak geranium juga mirip dengan perawatan minyak rosemary. Bahan alami ini dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih baik. Selain itu, minyak geranium juga mampu meningkatkan sirkulasi pada akar rambut. Hal inilah yang membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, minyak geranium juga baik digunakan untuk pengobatan rambut yang tadinya mengalami kerusakan.

  1. Buah Lemon

Selain bagus untuk perawatan kulit, buah lemon juga berguna lho untuk perawatan rambut. Kandungan vitamin yang terdapat pada buah ini, dipercaya dapat memperkuat dan menyuburkan akar rambut. Cara penggunaannya adalah dengan mengambil sari dari buah tersebut. Lalu oleskan secara merata dibarengi dengan pijitan halus pada kulit kepala. Jika sudah, keramaslah hingga bersih.

  1. Mengonsumsi Makanan Asam Lemak Omega

Perawatan untuk rambut tidak hanya bisa dilakukan dari luar tubuh. Faktanya, perawatan dari dalam tubuh juga tidak kalah pentingnya. Perawatan dari dalam bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega. Kandungan ini dapat membantu sel tubuh manusia bekerja dengan baik dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi bahan makanan ini, kamu dapat memperkuat akar rambut sekaligus menambah kepadatan diameter rambut. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa melakukan konsultasi gratis dokter terlebih dahulu tentang bahan makanan apa yang cocok untuk kesehatan rambut. Jangan lupa juga untuk selalu memilih salah satu dari 15 cara memperkuat akar rambut yang telah disebutkan di atas.

Cara Memperkuat Akar Rambut dengan Metode Medis

Selain menggunakan metode alami, upaya untuk memperkuat akar rambut juga bisa dilakukan dengan metode medis. Perawatan ini, biasanya dilakukan di klinik kecantikan dan ditangani langsung oleh dokter spesialis. Berikut adalah jenis perawatan yang dapat dilakukan untuk memperkuat akar rambut:

  1. Hair PRP

Hair PRP adalah sebuah perawatan yang bertujuan untuk mempertebal diameter rambut, merangsang pertumbuhan rambut, dan mengurangi kerontokan. Namun selain itu, perawatan ini juga sangat efektif untuk memperkuat akar rambut. Dalam prosedurnya, salah satu dari 15 cara memperkuat akar rambut ini dilakukan dengan menggunakan serum Platelet Rich Plasma (PRP). Jenis perawatan ini sangat efektif sebagai cara menebalkan rambut dan sudah terkenal dengan harga murahnya.

Serum ini adalah hasil ekstraksi dari darah pasien sendiri. Nantinya, serum PRP akan dioleskan ke kulit kepala. Agar peresapannya bisa lebih maksimal, proses ini juga akan menggunakan alat yang bernama Microneedling. Jenis perawatan ini sangat cocok untuk orang yang mengalami penipisan rambut, kebotakan dini, dan sulit menumbuhkan rambut.

  1. Hair Growth Treatment

Hair Growth Treatment merupakan perawatan yang dilakukan dengan hair stamp dan serum khusus yang mengandung Protein Rich Growth Factor. Serum ini nantinya akan diaplikasikan ke area kulit kepala. Jenis perawatan ini sangat efektif untuk membantu proses pertumbuhan sekaligus memperkuat akar rambut, Selain itu, perawatan ini juga baik dilakukan untuk membuat rambut lebih lembut dan tebal.

Dalam prosedurnya, salah satu dari 15 cara memperkuat akar rambut ini membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit. Hair Growth Treatment sangat aman untuk dilakukan dan tidak menimbulkan efek samping. Setelah melakukan perawatan ini, pertumbuhan rambut akan mengikuti fase normal. Rambut akan mulai tumbuh setelah dua bulan treatment dilakukan. Untuk hasil yang maksimal, konsultasikan dengan Dokter untuk melakukan sesi pengulangan treatment.

  1. Hair Laser PDT

Hair Laser PDT adalah sebuah prosedur perawatan rambut yang dilakukan dengan terapi cahaya merah. Terapi cahaya merah ini juga dikenal dengan nama Photo Dynamic Therapy. Sinar atau cahaya merah yang akan ditembakkan memiliki panjang gelombang 640 Nm. Beberapa keuntungan dari jenis perawatan ini adalah memperkuat akar rambut, meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, merangsang pertumbuhan rambut baru, dan memperbaiki tekstur rambut

Prosedur akan dimulai dengan membersihkan rambut terlebih dahulu. Pembersihan ini dilakukan dengan menggunakan sampo dan conditioner khusus. Lalu, akan dilakukan pemijatan guna merangsang aliran darah pada kulit kepala. Ketika sudah, rambut akan dikeringkan dan proses penyinaran akan segera dimulai. Proses penyinaran rambut akan dilakukan selama kurang lebih 20 menit. Segera kunjungi Beautylogica Clinic untuk mendapatkan tiga dari 15 cara memperkuat akar rambut dengan cara medis terbaik dan termurah ini!

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *