cara memperkecil hidung yang besar dan lebar

Cara Memperkecil Hidung yang Terlalu Besar dan Lebar

Cara Memperkecil Hidung – Hidung yang besar dan lebar sering kali membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Pasalnya, hal ini membuat tampilan wajah menjadi kurang ideal. Oleh karena itu, orang yang memiliki hidung besar dan lebar, sering mengeluhkan tentang kondisi hidungnya.

Pada dasarnya, pertumbuhan hidung akan terhenti ketika kita memasuki usia dewasa. Usia yang dimaksud adalah sekitar 18 – 25 tahun. Namun perlu diketahui, bentuk dan ukuran hidung sangat dipengaruhi oleh faktor genetik.

Karena genetik berperan besar dalam hal ini, maka untuk mengubahnya hanya ada satu cara, yaitu dengan tindakan bedah plastik. Nah, pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan berbagi informasi seputar cara memperkecil hidung yang tepat. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Memperkecil Hidung yang Terlalu Besar dan Lebar

Informasi terkait cara memperkecil hidung, sebenarnya sangat mudah untuk kalian temukan. Namun, kebanyakan dari informasi tersebut, biasanya menyarankan dengan cara-cara alami. Misalnya seperti latihan napas, memijat hidung, hingga menggunakan es batu.

Padahal faktanya, hal tersebut tidaklah benar-benar efektif untuk mengecilkan hidung. Sebab seperti yang kita semua tahu, bahwa hidung terbentuk dari tulang rawan. Jadi tindakan yang berfokus pada otot ataupun lemak, tidak akan memberikan dampak yang signifikan.

Menurut dokter spesialis bedah plastik dari Beautylogica Clinic, cara memperkecil hidung hanya akan efektif jika dilakukan dengan operasi. Nah, dalam kasus ini, ada dua jenis tindakan bedah plastik yang dapat digunakan, yaitu:

Nose Reduction

Nose Reduction adalah prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk merekonstruksi ujung hidung, nose bridge, dan nostril. Dengan melakukan prosedur Nose Reduction, tulang hidung akan direkonstruksi ulang untuk mendapat bentuk yang lebih ideal. Dalam prosedur tindakannya, tulang hidung yang terlalu besar akan dibuat lebih kecil dengan teknik pengikisan.

Memperkecil hidung dengan operasi
Prosedur Nose Reduction

Prosedur dari Nose Reduction sebenarnya tidak berbeda jauh dari operasi hidung lainnya. Perbedaannya, hanya terletak pada area spesifik yang ditangani. Berikut adalah gambaran umum terkait prosedur Nose Reduction:

Konsultasi

Tahap pertama sebelum cara memperkecil hidung dilakukan ialah konsultasi. Pada tahap ini, dokter akan melakukan pengecekan fisik, serta riwayat kesehatan terhadap calon pasien. Hal ini berguna untuk mengetahui tindakan dan metode yang tepat, dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasien.

Anestesi

Tindakan pertama dalam prosedur Nose Reduction adalah anestesi. Pembiusan ini dapat dilakukan lokal ataupun total. Pada proses ini, pasien akan dibuat mati rasa agar tidak terlalu merasakan sakit.

Insisi

Proses insisi dilakukan tergantung pada hasil apa yang diinginkan pasien. Untuk cara mengecilkan ujung hidung yang besar, biasanya sayatan akan dibuat pada bagian dalam hidung.

Rekonstruksi

Proses rekonstruksi pada area ujung hidung, dilakukan dengan cara pengikisan tulang. Dalam proses ini, dibutuhkan keahlian khusus dari dokter. Pasalnya, proses pengikisan tulang hidung akan mempengaruhi hasil dari operasi.

Menutup Area Insisi

Ketika rekonstruksi telah selesai dilakukan, maka proses cara memperkecil hidung selanjutnya adalah menutup bekas sayatan. Proses ini dilakukan dengan teknik jahit dan menggunakan benang khusus.

Nose Alar Reduction

Nose Alar Reduction adalah prosedur bedah plastik yang berguna untuk mengecilkan cuping hidung. Dalam dunia medis, operasi ini dikenal juga dengan nama Alarplasty. Dalam tindakan prosedurnya, sayap hidung bagian kanan dan kiri akan dikurangi untuk mendapatkan bentuk hidung yang lebih ideal.

Dengan melakukan Nose Alar Reduction, tampilan hidung akan menjadi lebih ramping, dan lubang hidung menjadi lebih kecil. Bedah plastik ini sangat tepat dilakukan bagi orang yang ingin memperbaiki penampilan hidungnya. Terutama bagi mereka yang memiliki hidung terlalu besar dan lebar.

Cara memperkecil cuping hidung
Prosedur Nose Alar Reduction

Pada umumnya, cara memperkecil hidung ini mirip dengan operasi hidung lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada area tindakan. Saat melakukan Nose Alar Reduction, area tindakan adalah bagian kanan dan kiri sayap hidung, atau yang disebut cuping.

Berikut adalah gambaran umum dari tindakan prosedur Nose Alar Reduction:

Konsultasi

Pada tahap ini, dokter akan menjelaskan secara gamblang mengenai prosedur, risiko, serta hasil operasi yang dilakukan. Selain itu, dokter mungkin akan menggambar area tindakan untuk memvisualisasikan hasil prosedur.

Anestesi

Sebelum prosedur pembedahan dimulai, pasien akan diberikan anestesi terlebih dahulu. Pada proses ini, anestesi dapat dilakukan dengan bius lokal maupun total. Pemberian anestesi bertujuan untuk meminimalisir rasa sakit, serta membuat pasien tetap nyaman saat pembedahan dilakukan.

Insisi

Setelah anestesi mulai bekerja, maka cara memperkecil hidung dilanjutkan ke proses insisi. Pada tahap ini, insisi dilakukan pada bagian kanan dan kiri sayap hidung.

Rekonstruksi

Proses dilanjutkan dengan tahap rekonstruksi. Pada tahap ini, cuping hidung yang dirasa terlalu lebar akan dikurangi. Ukuran jaringan yang dikurangi menyesuaikan keinginan dan kebutuhan dari si pasien.

Menutup Area Insisi

Ketika jaringan telah selesai dikurangi, maka proses selanjutnya adalah menutup area insisi. Proses ini dilakukan dengan teknik jahit. Selain untuk menutup bekas luka, proses penjahitan berguna juga untuk memperkuat bentuk cuping hidung yang baru.

Setelah prosedur selesai, area tindakan akan diberi obat pereda nyeri, dan dilapisi dengan perban. Penting untuk kalian ketahui, pada masa penyembuhan diharapkan pasien selalu menjaga kebersihan. Pasalnya, apabila hidung terkena kotoran, bisa jadi kemungkinan infeksi akan muncul. Oleh sebab itu, pilihlah tempat cara memperkecil hidung yang tepat, yaa!

Tempat untuk Operasi Memperkecil Hidung

Tindakan prosedur dari operasi memperkecil hidung, tidak bisa kamu dapatkan di sembarang tempat. Pasalnya, tindakan ini membutuhkan keahlian khusus, dan harus ditangani oleh dokter yang profesional. Dalam tindakan prosedurnya, operasi ini harus dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Salah satu tempat terbaik untuk melakukan operasi ini adalah Beautylogica Clinic. Di sini kamu akan ditangani langsung oleh tenaga medis yang berpengalaman, dan memiliki sertifikasi khusus baik dalam maupun luar negeri.

Untuk melakukan operasi ini, kamu bisa mengunjungi Beautylogica Clinic yang ada di cabang Jakarta maupun Bandung. Di bulan ini, kami juga menghadirkan banyak promo menarik untuk plastic surgery, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, segera kunjungi Beautylogica Clinic terdekat dari rumahmu! Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.