Cara Memperbaiki Tekstur Kulit Wajah yang Bopeng Cara Memperbaiki Tekstur Kulit Wajah yang Bopeng

Cara Memperbaiki Tekstur Kulit Wajah – Kerusakan tekstur pada kulit wajah memang sangat meresahkan. Pasalnya, hal tersebut membuat kulit tampak tidak rata, dan mengurangi nilai estetika pada wajah.

Tekstur kulit wajah yang rusak juga sangat sulit untuk disembuhkan. Bahkan, jika tidak ditangani dengan benar, jenis luka ini dapat menjadi semakin parah dan permanen. Akibat kondisi ini, telah banyak orang yang menjadi minder dan kurang percaya diri, terutama dengan penampilan wajahnya.

Jika kalian mengalami hal yang serupa, sebaiknya segera lakukan langkah penanganan secepat mungkin. Sebab jika terlalu lama, tentu hal ini tidak baik untuk kesehatan kulit. Nah, sebelum mengetahui cara memperbaiki tekstur kulit wajah, yuk kenali lebih dalam tentang jenis luka ini!

Penyebab Rusaknya Tekstur Kulit Wajah

Kerusakan tekstur wajah dikenal juga dengan istilah bekas luka atrofi atau bopeng wajah. Permasalahan kulit yang satu ini, dapat diidentifikasi dengan ciri berbentuk lubang atau lekukan ke arah dalam kulit. Kondisi seperti ini, umumnya terjadi karena kebiasaan memencet jerawat atau cacar air yang pecah.

Saat jerawat dipencet, maka kelenjar minyak yang ada di dalam kulit akan menjadi pecah. Hal inilah yang membuat terjadinya luka jaringan parut muncul pada kulit. Dalam kasus kemunculan luka bopeng, jaringan parut akan menarik kulit lapisan atas, yang akhirnya menimbulkan cekungan pada kulit.

Kondisi bekas luka bopeng, diperparah akibat bakteri pada tangan yang kotor. Kebiasaan ini tentu saja dapat membuat luka semakin lebar, dan kondisinya semakin parah. Selain kebiasaan tersebut, penyebab rusaknya tekstur kulit wajah juga dapat terjadi akibat faktor genetik.

Baca juga:

Cara Memperbaiki Tekstur Kulit Wajah yang Bopeng

Cara Memperbaiki Tekstur Kulit Wajah

Untuk memperbaiki tekstur kulit wajah, kamu tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Pastikan untuk selalu ditangani oleh orang yang ahli, serta memang berkompetensi di dalam bidangnya. Sebab jika prosedur yang dilakukan salah, bekas luka seperti ini akan berpotensi mengalami kerusakan yang lebih parah.

Dalam dunia medis dan estetika, ada beberapa jenis metode yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Serangkaian perawatan ini, sangat direkomendasikan bahkan oleh setiap dokter kulit dan estetika. Mau tahu apa saja jenis perawatannnya? Mari simak penjelasan berikut!

Chemical Peeling

Chemical Peeling adalah sebuah perawatan yang dilakukan dengan cairan kimia khusus, dan berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Pada jenis perawatan ini, target pengelupasan ada di lapisan kulit pada bagian terluar.

Perawatan chemical peeling memiliki cukup banyak manfaat. Selain dapat mencerahkan kulit, perawatan ini juga dapat membuat kulit tampak lebih muda, mengurangi kerutan, dan menyamarkan bercak noda hitam akibat paparan sinar matahari.

Selain beberapa manfaat di atas, chemical peeling juga dapat berguna sebagai cara memperbaiki tekstur kulit wajah. Dengan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, perawatan ini mampu membuat tekstur kulit wajah yang rusak menjadi halus kembali.

Selain dapat mengatasi kerusakan tekstur wajah dengan tingkatan rendah, perawatan ini juga punya beberapa manfaat lain. Misalnya mengatasi kulit kusam dan mencerahkan kulit, mengatasi sel kulit mati yang menumpuk pada kulit, mencerahkan kulit, serta menghaluskan kulit.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan versi mikro dari dermabrasi. Perawatan yang satu ini menggunakan kristal alumunium oksida kecil untuk mengangkat sel kulit mati. Target pengelupasan kulit adalah epidermis atau kulit lapisan luar.

Perawatan yang satu ini cukup populer dan sangat aman untuk dilakukan. Terutama untuk mengatasi gangguan kulit seperti pori-pori besar, mengurangi kerutan, mengangkat sel kulit mati, flek, dan mengurangi bopeng pada kulit.

 

Selain mengikis lapisan sel kulit mati, Mikrodermabrasi juga dapat merangsang pertumbuhan epidermis dan dermis kulit. Ditambah lagi, dengan prosedur yang dilakukan, perawatan ini juga mampu merangsang sirkulasi darah dan oksigen, serta merangsang pertumbuhan kolagen kulit. Setelah melakukan Mikrodermabrasi, diharapkan akan terjadi peremajaan kulit sehingga kulit dapat tampak lebih segar, mulus, dan awet muda.

Perawatan ini juga dapat mengangkat penumpukan sel kulit mati, dan membuat kulit tampak lebih cerah. Jadi apabila kulitmu sering terpapar sinar matahari dan menjadi kusam, maka perawatan ini sangat tepat untuk dilakukan. Bahkan, perawatan ini dapat memberikan efek lebih optimal dibandingkan kamu menggunakan produk skincare.

Agar kulit secara langsung dapat lebih halus dan rata, pastikan untuk mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat. Hal ini tentu akan mempercepat proses pemulihan kulit yang tidak rata, serta untuk mengobati bekas jerawat berupa kerusakan tekstur. Dengan begitu, kulit dan wajah pun akan menjadi lebih cantik, dan kembali menawan seperti sedia kala.

Platelet Rich Plasma (PRP)

Cara memperbaiki tekstur kulit wajah yang berikutnya adalah dengan perawatan PRP. Platelet Rich Plasma atau PRP adalah sebuah perawatan dengan serum khusus, yang dilakukan dengan bantuan alat demaroller. Serum PRP dibuat dari ekstraksi darah pasien sendiri, dan nantnya akan diaplikasikan pada seluruh wajah.

Dermaroller atau skin needling adalah sebuah alat berupa penggulung kecil dengan ratusan jarum kecil yang menempel. Cara kerjanya yaitu dengan merusak jaringan kulit mati agar segera terbentuk kulit yang baru dengan menjalankan roller di atas kulit.

Ukuran jarum yang digunakan tergantung kedalaman bekas luka yang ada pada wajah. Semakin dalam bekas bopeng yang dimiliki, maka semakin panjang pula jarum yang akan digunakan agar hasilnya maksimal. Perawatan ini cukup populer di kalangan para Beauties. Sebab selain efektif, perawatan ini juga terbilang cukup ekonomis.

Growth Factor Rejuve

Growth Factor Rejuve dilakukan dengan alat bernama Microneedling dan serum khusus yang bernama Growth Factor. Perawatan yang satu ini cukup ampuh sebagai cara memperbaiki tekstur kulit wajah. Selain itu Growth Factor Rejuve juga dapat digunakan untuk mengencangkan serta meremajakan kulit wajah.

Cara kerja dari perawatan ini sebenarnya mirip dengan perawatan PRP. Dengan serum yang digunakan, perawatan ini akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, pada area-area yang mengalami kerusakan. Untuk hasil optimal, biasanya dokter akan merekomendasikan pengulangan prosedur, sesuai dengan kondisi kulit yang dimiliki oleh pasien.

Baca juga:

Tips Merawat Tekstur Kulit agar Tetap Mulus

Tekstur Kulit Wajah Rusak

Untuk mendapatkan tekstur wajah yang mulus, bukanlah sebuah perkara yang mudah. Pasalnya, ada begitu banyak faktor yang meningkatkan risiko kerusakan pada kulit. Oleh karena itu, sebaiknya hindari beberapa permasalahan kulit. Salah satu caranya adalah dengan menghindari sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit, lapisan kulit kering, dan kebiasaan memencet jerawat.

Selain itu, untuk meratakan tekstur kulit kamu juga wajib merawat kulit secara rutin. Hal ini bisa kamu lakukan dengan berkonsultasi dengan dokter kecantikan secara lebih intens. Dengan begitu, dokter dapat memberikan rekomendasi perawatan, sesuai dengan kondisi kulit wajah yang kamu miliki.

Untuk memperbaiki tekstur kulit dan membuat kulit terlihat mulus, kamu juga wajib meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Sebab dengan kolagen yang tercukupi, tubuh dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru dengan baik. Sebagai informasi, kolagen juga dapat berfungsi untuk menghindari tanda-tanda penuaan, serta untuk melindungi kulit dari beragam permasalahan.

Kamu juga dapat melakukan perawatan tertentu untuk mengikis penumpukan sel kulit mati. Hal ini sangat baik untuk diperhatikan demi kesehatan tekstur kulit wajah. Jangan lupa juga untuk selalu mencukupi asupan vitamin c dan rutin menggunakan face oil. Hal ini berguna juga untuk menghindari masalah kulit sensitif, dan menjaga kelembapan kulit.

Cara Mencegah Kerusakan Tekstur Kulit Wajah

Setelah mengetahui tentang cara memperbaiki tekstur kulit wajah, kamu juga wajib mengetahui tentang cara pencegahannya. Cara ini wajib kamu ketahui agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kerusakan tekstur wajah, misalnya sepert:

  • Hindari penggunaan kosmetik kosmetik seperti alas bedak atau sendiri pada kulit yang mengalami luka atau berjerawat baru. Jika dilakukan, ada risiko bakteri masuk, berkembang biak, dan “terjebak” oleh sumbat yang digunakan sehingga menyebabkan penyumbatan dan peradangan.
  • Agar jerawat tidak menyebabkan peradangan, infeksi, atau munculnya jerawat baru, jangan menggosok terlalu keras saat membersihkan wajah.
  • Jaga kebersihan jerawat, terutama saat jerawat tiba-tiba pecah. Oleskan toner pada kapas, lalu oleskan pada jerawat biasa untuk mencegah jenis jerawat ini.
  • Jangan menyentuh jerawat yang meradang. Jari yang digunakan untuk menyentuh jerawat belum tentu bersih, yang pada akhirnya justru memperburuk jerawat.
  • Jika kamu merasa perlu bantuan untuk menghilangkan jerawat di wajah, pastikan untuk pergi ke klinik kecantikan atau berkonsultasi dengan dokter kulit yang berkomitmen dan berpengalaman.

Nah, buat kamu yang ingin berkonsultasi seputar cara memperbaiki tekstur kulit wajah, kamu bisa langsung menghubungi Beautylogica Clinic. Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan lakukan live chat dengan kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.