Cara Membuat Lipatan Mata Sama

Cara Membuat Lipatan Mata Sama – Mata merupakan salah satu bagian wajah yang punya daya tarik tersendiri. Sebab, mata dapat memengaruhi penampilan wajah secara keseluruhan. Dengan tampilan mata yang indah, tentu akan membuat wajah tampak lebih cantik dan ideal.

Keindahan dari mata, dipengaruhi juga oleh lipatan yang ada pada kelopak mata. Dengan adanya lipatan mata, membuat tampilan mata menjadi lebih tegas. Hal ini yang membuat sebagian orang, ingin menciptakan lipatan pada kelopak matanya.

Kelopak mata sendiri berfungsi sebagai pelindung mata dari segala kotoran. Selain itu, kelopak juga berguna untuk mejaga mata agar tidak kering. Karena punya fungsi yang begitu vital, keberadaan kelopak mata harus selalu dijaga. Nah, sebelum membahas seputar cara membuat lipatan mata sama, yuk kenali terlebih dahulu bagian wajah yang satu ini!

Lipatan Kelopak Mata

Ada beberapa faktor yang memengaruhi lipatan mata pada setiap orang. Faktor yang paling berpengaruh adalah ras atau keturunan. Selain itu, otot, lemak, dan kulit yang ada pada kelopak mata, juga menjadi faktor lain yang memengaruhi lipatan mata.

Kelopak mata sendiri biasanya terdiri dari satu lipatan (mono eyelid), atau lebih dari satu lipatan (double eyelid). Contoh kelopak mata dengan satu lipatan, bisa kamu temukan biasanya pada orang dengan ras atau keturunan Tionghoa. Lalu untuk double eyelid sendiri, umumnya dapat ditemukan pada keturunan-keturunan lain, misalnya seperti orang Indonesia.

Baca juga:

Penyebab Lipatan Mata Tidak Sama

Operasi membuat lipatan mata sama

Pada beberapa kasus, sering ditemukan bahwa lipatan mata pada seseorang tidaklah sama. Hal inilah yang membuat beberapa orang, ingin mengetahui cara membuat lipatan mata sama.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan lipatan mata menjadi tak simetris, yaitu:

  • Faktor usia

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh pasti akan berkurang. Hal inilah yang membuat kulit menjadi kendur, dan kelopak mata menjadi kendur. Faktor ini juga dapat menyebabkan lipatan mata menjadi tidak sama.

  • Perbedaan jaringan

Perbedaan yang terjadi pada kelopak mata, bisa juga terjadi karena jaringan. Dalam hal ini, jaringan yang dimaksud adalah kulit, otot, dan lemak. Biasanya, perbedaan jaringan pada masing-masing kelopak matalah yang membuat lipatan mata jadi berbeda.

  • Gangguan saraf atau peradangan kelopak mata

Gangguan pada saraf di sekitar area mata, juga menjadi salah satu faktor penyebab dari berbedanya lipatan mata. Sebab, hal ini dapat membuat kelopak atau lipatan mata menjadi turun dan tidak simetris. Selain itu, lipatan mata yang berbeda juga dapat disebabkan karena peradangan kelopak mata. Dalam kasus seperti ini, cara membuat lipatan mata sama harus diawasi langsung oleh dokter ahli.

  • Ektropion

Ektropion adalah suatu kondisi di mana bagian tepi kelopak mata terlipat ke arah luar. Kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan. Sebab selain dapat membuat lipatan mata menjadi tidak sama, hal ini juga mengakibatkan bola mata menajdi terekspos. Bila hal ini terjadi, maka kelopak dan bola mata akan sangat rentan mengalami infeksi.

  • Entropion

Entropion adalah kebalikan dari Ektropion. Kondisi yang satu ini ditandai dengan melipatnya bagian tepi kelopak mata ke arah dalam. Hal ini biasanya diikuti dengan bulu mata yang ikut terlipat ke arah dalam.

Apakah Lipatan Mata Bisa Dibuat Menjadi Sama?

Perbedaan yang terjadi pada lipatan mata sebenarnya adalah hal yang wajar. Apalagi jika kondisi ini terjadi sejak seseorang lahir, atau dengan kata lain bawaan keturunan. Namun meskipun begitu, beberapa orang sering menganggap bahwa hal ini sangat mengganggu.

Kekhawatiran ini biasanya disebabkan karena masalah penampilan. Dengan kelopak mata yang tak sama, membuat tampilan estetika pada mata jadi berkurang. Apabila kamu merasakan hal serupa, ini juga bukan suatu kesalahan, kok!

Lalu, apakah lipatan mata bisa dibuat menjadi sama? Jawabannya tentu saja bisa! Salah satu cara membuat lipatan mata sama yang dapat kamu coba adalah dengan menggunakan eyelid tape atau eyelid glue.

Namun perlu kamu ketahui, penggunaan eyelid tape atau eyelid glue harus diganti secara berkala. Sebab lem kelopak mata ini hanya dapat bertahan dalam beberapa jam saja. Artinya, hasil yang didapatkan tidaklah permanen.

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki lipatan mata sama secara permanen, ada cara lain yang bisa dilakukan. Cara tersebut adalah dengan melakukan Blepharoplasty, atau yang dikenal juga dengan istilah operasi kelopak mata. Untuk mengenal lebih dalam tentang operasi ini, simak pembahasan berikut!

Baca juga:

Cara Membuat Lipatan Mata Sama – Blepharoplasty

Blepharoplasty adalah sebuah tindakan bedah kosmetik yang bertujuan untuk merekonstruksi kelopak mata. Dengan operasi ini, struktur dan bentuk kelopak mata dapat diperbaiki, sehingga membuat tampilan mata menjadi lebih indah.

Tindakan operasi ini hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik. Dalam tindakan prosedurnya, Blepharoplasty dapat dilakukan karena dua tujuan. Pertama adalah untuk alasan medis, dan yang kedua adalah untuk alasan estetika atau kecantikan.

Untuk alasan medis, Blepharoplasty biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah seperti ptosis, entropion, ektropion, dan kelainan-kelainan lain pada kelopak mata. Lalu untuk alasan estetika, Blepharoplasty biasanya digunakan untuk membuat lipatan mata, atau sebaga cara membuat lipatan mata sama.

Cara Kerja Blepharoplasty

Cara kerja dari Blepharoplasty dilakukan dengan membuang jaringan lemak atau kulit pada area kelopak mata. Dengan membuang atau mengangkat jaringan tersebut, nantinya dokter dapat membentuk kelopak mata sesuai dengan apa yang diinginkan pasien.

Operasi ini dilakukan di bawah pengaruh obat bius. Jadi pasien tak perlu takut akan merasakan sakit. Setelah efek anestesi mulai bekerja, dokter akan melakukan penyayatan pada area kelopak mata. Setelah itu, proses rekonstruksi akan dilakukan, sesuai dengan tujuan dari Blepharoplasty itu sendiri.

Ketika proses rekonstruksi selesai, dokter akan melakukan tahap akhir yaitu penjahitan. Tahap ini berguna untuk menutup area sayatan, serta mengunci area kelopak yang sebelumnya telah direkonstruksi. Prosedur Blepharoplasty hanya membutuhkan waktu sekitar 60-90 menit.

Konsultasi Cara Membuat Lipatan Mata Sama

Untuk melakukan operasi kelopak mata, dibutuhkan konsultasi secara mendalam dengan dokter yang bersangkutan. Dalam hal ini, dokter spesialis bedah plastik adalah orang yang paling berhak dan berwenang untuk menangani.

Proses konsultasi sendiri, bertujuan untuk menentukan kelayakan pasien dalam menerima operasi ini. Sebab dalam tahap konsultasi, dokter akan melakukan pengecekan fisik pada area yang akan dilakukan tindakan. Selain itu, dokter juga akan berdiskusi seputar ekspektasi pasien terhadap operasi ini.

Buat kamu yang tertarik untuk melakukan operasi kelopak mata, Beautylogica adalah salah satu tempat yang patut kamu kunjungi. Sebab, dengan pengalaman yang dimiliki, Beautylogica sudah dipercaya oleh berbagai kalangan untuk melakukan operasi plastik.

Untuk konsultasi seputar cara membuat lipatan mata sama, kamu bisa berkunjung ke Beautylogica cabang Jakarta dan Bandung. Silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000 untuk informasi lebih lanjut.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.