Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari agar Tidak Hitam

Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari agar Tidak Hitam

Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari agar Tidak Hitam – Orang Indonesia memiliki kebiasaan takut akan kulitnya menjadi hitam. Hal ini wajar, mengingat kebanyakan orang Indonesia, mengidam-idamkan kulit putih dan cerah bersinar.

Karena hal tersebut, kadang kebanyakan dari mereka hingga takut kepada paparan sinar matahari. Padahal, walau bagaimana pun matahari tetaplah dibutuhkan untuk kulit. Pada beberapa kasus, sinar matahari memang dapat memberikan dampak buruk bagi kulit. Namun jika kita tahu bagaimana cara menghadapinya, maka paparan sinar matahari tidak perlu lagi ditakuti.

Sinar matahari memang dapat membuat kulit menjadi lebih gelap dan tampak hitam. Nah, bagi kamu yang juga takut terhadap panas sinar matahari, kini kamu tak perlu khawatir. Sebab kami akan berikan cara melindungi kulit dari sinar matahari yang benar, agar kulit tidak menjadi hitam.

Mengapa Sinar Matahari dapat Membuat Kulit Menjadi Hitam?

Perlu kamu ketahui, tubuh manusia memiliki sebuah zat yang bernama melanin. Zat melanin sendiri fungsinya adalah untuk memberikan warna pada kulit manusia. Semakin banyak melanin yang ada di tubuh seseorang, maka kulit orang tersebut akan menjadi semakin gelap.

Lalu apa kaitannya dengan sinar matahari? Bagi kamu yang belum tahu, sinar matahari dapat menghantarkan radiasi yang berbahaya bagi kulit. Radiasi ini muncul dari sinar UVA dan UVB yang ada dari panas matahari.

Jika kulit terlalu banyak menerima sinar radiasi, maka kulit akan mengalami berbagai permasalahan. Bahkan dalam kasus yang parah, faktor ini dapat membuat kulit menjadi terbakar, dan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

Nah, dalam kasus kulit yang menghitam, sinar matahari yang memapar kulit akan merangsang peningkatan produksi zat melanin. Seperti yang disebutkan sebelumnya, semakin banyak zat melanin dalam tubuh seseorang, warna kulitnya pasti akan semakin gelap. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang Indonesia takut terhadap paparan sinar matahari.

Baca juga:

Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari agar Tidak Hitam

Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sebenarnya ada banyak cara yang dapat kamu lakukan. Hal ini sangat penting untuk kamu ketahui. Sebab selain dapat mencegah kulit agar tidak hitam, cara ini juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Berikut adalah beberapa tips melindungi kulit dari paparan sinar matahari:

Gunakan Tabir Surya (Sunscreen)

Tabir surya adalah sebuah produk skincare yang wajib untuk digunakan. Sebab, produk ini dapat memberikan proteksi lebih bagi kulit. Dengan proteksi yang lebih kuat, tentu kulit tidak akan mudah ditembus oleh sinar radiasi. Dengan begitu, kulit akan terhindar dari masalah kekusaman, ataupun masalah-masalah kulit lainnya.

Untuk keseharian, pilihlah suncsreen yang memiliki kadar SPF minimal 30. Lalu untuk penggunaannya sendiri, disarankan pada sekitar jam 10 pagi – 4 sore. Penggunaan suncsreen di jam-jam tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, di jam 10 pagi hingga 4 sore, radiasi sinar UV berada di tingkat yang tertinggi.

Penggunaan tabir surya merupakan cara melindungi kulit dari sinar matahari yang sangat efektif. Bagi kamu yang ingin menggunakannya, sebaiknya lakukan dalam 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Dalam aktivitas tertentu, penggunaan sunscreen juga dapat dilakukan lebih sering. Misalnya seperti pada saat berenang atau berkeringat, kamu bisa mengoleskan sunscreen tiap 80 menit sekali.

Gunakan Pakaian Tertutup

Apabila kamu ingin beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakanlah pakaian yang tertutup dan pelindung kepala. Hal ini menjadi cara melindungi kulit yang cukup efektif. Dengan menggunakan pakaian tertutup, kamu bisa meminimalisir terjadinya kulit kusam dan juga kotor.

Pakaian tertutup juga dapat menurunkan risiko kulit terbakar. Walaupun dapat menimbulkan keringat berlebih, namun hal ini masih jauh lebih baik dari pada risiko permasalahan kulit. Oleh sebab itu, biasakan untuk menggunakan pakaian tertutup, yaa! Khususnya ketika ingin beraktivitas di luar ruangan.

Mengonsumsi Vitamin

Cara melindungi kulit dari sinar matahari yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi vitamin. Berbeda dari kedua cara sebelumnya, perlindungan kulit dengan cara ini dilakukan dari dalam tubuh. Jadi agar hasilnya efektif, kamu harus melakukannya secara konsisten.

Pilihlah vitamin yang dapat meningkatkan antioksidan, serta dapat mengontrol produksi melanin dalam tubuh. Dengan begitu, kulit akan terhindar dari masalah gelap dan kekusaman. Dengan rutin mengonsumsi vitamin, kamu pun dapat meminimalisir terjadinya risiko terhadap gangguan kulit yang lain.

Baca juga:

Cara Mencerahkan Kulit yang Hitam Karena Sinar Matahari

Upaya untuk mencerahkan kulit memang tidak semudah yang dibayangkan. Sebab, kulit yang sudah menghitam akan sangat sulit untuk dikembalikan seperti sedia kala. Untuk itu, kamu butuh perawatan yang ekstra agar kulit kembali sehat, dan cerah bersinar.

Di kesempatan kali ini, kami punya solusi buat kamu  yang ingin mencerahkan kulit dengan cepat, aman, dan mudah. Cara ini direkomendasikan langsung oleh dokter kulit, ataupun dokter estetika yang ada di klinik kecantikan Beautylogica. Jadi selain mengetahui cara melindungi kulit dari sinar matahari, kamu juga wajib tahu tentang cara untuk mencerahkannya. Mau tahu apa saja jenis perawatannya? Mari simak penjelasan berikut:

Derma Peeling

Derma Peeling adalah sebuah perawatan yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, meremajakan kulit, mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit. Treatment ini menggunakan cairan peeling khusus berbahan kimia, dan dapat diaplikasikan di hampir seluruh area tubuh manusia. Perawatan ini sangat cocok bagi kamu yang mengalami kulit kusam akibat paparan sinar matahari.

Derma Skin Booster

Derma Skin Booster adalah perawatan pada wajah yang dilakukan dengan menggunakan capsugen atau batu apung. Perawatan ini bertujuan untuk membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, menghaluskan dan menutrisi kulit pada wajah. Jika kamu ingin mempercepat proses regenerasi kulit kusam, maka perawatan ini sangat cocok untuk dilakukan.

Snow White Infusion

Snow White Infusion adalah perawatan dalam bentuk infus yang bertujuan untuk memberikan nutrisi pada kulit tubuh. Infus yang digunakan dalam perawatan ini, mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kulit. Dengan perawatan ini, kamu tidak hanya dapat mencerahkan kulit, namun kamu juga bisa sekaligus membuat kulit lebih putih dan lembap.

Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan di atas, segera konsultasi dan kunjungi Beautylogica Clinic. Di sini, kamu juga bisa berkonsultasi lebih detil seputar cara melindungi kulit dari sinar matahari. Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *