Cara Efektif Mencegah Penuaan Dini pada Wajah

Cara mencegah penuaan dini pada wajah

Mencegah Penuaan Dini pada Wajah – Sebagai seorang wanita, pasti kalian selalu ingin tampil cantik dan awet muda. Hal ini sebenarnya sangat wajar dan naluri alami seorang wanita. Oleh sebab itu, setiap wanita pasti selalu ingin merawat kulitnya dengan baik agar tetap dalam kondisi prima.

Namun, memiliki wajah yang cantik dan awet muda tidaklah semudah yang dibayangkan. Pasalnya, ada berbagai macam masalah yang dapat menimpa kulit wajah, dan membuatnya tampak lebih tua. Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu tak perlu panik.

Pada kesempatan kali ini, Beautylogica Clinic akan membahas secara tuntas tentang masalah penuaan dini pada wajah. Mulai dari penyebabnya, cara mencegahnya, hingga bagaimana cara untuk mengatasinya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak pembahasannya berikut ini.

Penyebab Terjadinya Penuaan Dini pada Wajah

Penuaan dini pada wajah dapat dialami oleh siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Umumnya, kondisi seperti ini terjadi di usia 20-30 tahun. Selain mengetahui cara mencegah penuaan dini pada wajah, penting juga bagi kamu untuk mengetahui faktor-faktor penyebabnya.

Menurut dokter estetika dari Beautylogica Clinic, ada beberapa faktor yang menyebabkan penuaan dini dapat terjadi, seperti:

Baca juga:

Penyebab Penuaan Dini pada Wajah

Paparan Sinar UV

Terlalu sering terpapar sinar UV, dapat membuat jaringan kulit yang bernama elastin menjadi rusak. Saat jaringan ini rusak, maka kulit akan lebih mudah menjadi kendur dan meregang. Hal inilah yang membuat penuaan dini semakin cepat terjadi.

Kebiasaan Merokok

Rokok mengandung banyak sekali zat kimia berbahaya di dalamnya. Jika telah menjadi kebiasaan, zat tersebut dapat membuat kulit menjadi kering dan keriput. Kondisi ini terjadi karena adanya kerusakan pada pembuluh darah, sehingga asupan oksigen dan nutrisi bagi kulit tidak tercukupi.

Minum Alkohol dan Kafein

Jika kalian ingin mencegah penuaan dini pada wajah, maka sebaiknya kurangi konsumsi alkohol dan kafein. Sebab, kedua jenis minuman tersebut dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi, dan risiko kemunculan keriput menjadi lebih tinggi.

Pola Tidur yang Buruk

Pola tidur yang buruk juga menjadi salah satu penyebab penuaan dini dapat terjadi. Saat waktu istirahat tidak terpenuhi, maka kulit tidak dapat meregenerasi dirinya dengan baik. Hal ini dapat membuat kulit menjadi kusam, kendur, dan keriput.

Konsumsi Makanan yang Tidak Diatur

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan makanan tinggi gula dapat meningkatkan risiko kerusakan kulit. Menurut sebuah riset dalam jurnal Dermato-Endocrinology, sering mengonsumsi bahan makanan tersebut juga dapat mempercepat terjadinya penuaan dini pada wajah.

Mengalami Stres

Ketika mengalami stres, tubuh manusia akan mengeluarkan hormon yang bernama kortisol. Jika hormon ini diproduksi dalam jumlah banyak, maka hormon tersebut dapat mengganggu kolagen dalam tubuh. Hal inilah yang membuat penuaan dini dapat terjadi pada kulit wajah.

Faktor Lingkungan

Selain faktor-faktor di atas, lingkungan juga berperan besar dalam terjadinya penuaan dini pada wajah. Hal ini terjadi akibat polusi udara, cuaca, dll. Kulit yang terkontaminasi hal tersebut, tentu akan lebih mudah mengalami keriput, bintik hitam, dan tanda penuaan dini lainnya.

Baca juga:

Cara Efektif Mencegah Penuaan Dini pada Wajah

Agar wajah tetap kencang dan terlihat awet muda, sudah sewajarnya kita melakukan perawatan ekstra untuk kulit. Khusus untuk mencegah penuaan dini pada wajah, ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan, seperti:

Rutin Menggunakan Produk Perawatan Wajah

Produk perawatan wajah dapat memberikan efek yang begitu signifikan bagi kulit. Untuk itu, penggunaan produk perawatan wajah sangatlah direkomendasikan. Untuk mencegah penuaan dini pada wajah, ada beberapa jenis produk yang paling dianjurkan. Contohnya seperti tabir surya, serta produk-produk yang mengandung retinoid, peptida, dan antioksidan.

Melakukan Perawatan Eksfoliasi

Langkah pencegahan yang dapat kamu lakukan berikutnya adalah melakukan perawatan eksfoliasi. Dengan rutin melakukan eksfoliasi, regenerasi terhadap kulit wajah akan berjalan dengan lebih baik. Hal ini dapat mencegah penumpukan sel kulit mati, serta munculnya garis halus tanda penuaan pada kulit. Contoh perawatan yang dapat kalian lakukan adalah Facial, dan peeling wajah.

Cukupi Cairan untuk Tubuh

Selain menjaga tubuh agar tetap sehat, cairan dalam tubuh juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan mencukupi cairan untuk tubuh, kulit akan terhidrasi dengan lebih baik dan membuatnya terhindar dari kerutan. Ahli kesehatan juga menyarankan untuk minum delapan gelas air putih setiap harinya.

Hindari Kebiasaan Begadang

Apabila kalian ingin mencegah penuaan dini pada wajah, sebaiknya hindari kebiasaan begadang. Sebab, kebiasaan begadang dapat membuat kulit menjadi kering, kusam, dan muncul kerutan halus. Oleh karena itu, sebaiknya cukupi waktu istirahat agar kulit dapat meregenerasi dirinya dengan lebih baik.

Beberapa langkah pencegahan yang telah disebutkan di atas, sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, cukupi asupan gizi bagi tubuh dan terapkan pola hidup sehat. Dengan begitu, kulit akan terhidrasi dengan baik dan terhindar dari berbagai macam tanda penuaan dini.

Baca juga:

Perawatan untuk Mengatasi Tanda Penuaan Dini

Perawatan untuk Mencegah Penuaan Dini

Tanda penuaan dini dapat terlihat dengan berbagai macam ciri. Oleh sebab itu, memberikan perawatan lebih bagi kulit adalah hal yang sangat penting. Ada beberapa ciri yang menandakan bahwa seseorang mengalami penuaan dini, seperti munculnya kerutan, bintik hitam, kulit kendur, kulit kering, dan kulit kasar.

Selain mengetahui cara mencegah penuaan dini pada wajah, kalian pun harus tau bagaimana cara untuk mengatasinya. Bagi kalian yang mengalami serupa, berikut adalah beberapa rekomendasi perawatan yang dapat digunakan untuk mengatasi tanda penuaan dini:

HIFU

HIFU adalah prosedur non-invasif yang bertujuan untuk mengencangkan, dan mengangkat kulit yang mulai kendur. Dalam tindakan prosedurnya, perawatan ini menggunakan alat berteknologi High Intensity Focused Ultrasound. Dalam upaya mengencangkan kulit, HIFU bekerja dengan cara meningkatkan produksi kolagen. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih kencang, sehat, dan tampak awet muda.

Jenis perawatan ini sangat cocok bagi kalian yang mengalami tanda penuaan dini. Contoh tanda penuaan dini yang tepat diatasi oleh perawatan ini adalah munculnya garis halus, kulit kering, dan kulit yang mulai kendur. Dengan penggunaan alat berteknologi canggih, kalian tak perlu takut merasa sakit selama prosedur tindakan berlangsung.

Botox

Botox adalah perawatan yang dilakukan dengan menyuntikkan obat Botulinum Toxin ke dalam tubuh. Obat ini berfungsi untuk merileksasikan saraf dan otot agar kerutan pada permukaan kulit dapat tersamarkan. Jenis perawatan ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki masalah terhadap garis halus, dan tanda-tanda penuaan lainnya pada kulit wajah.

Untuk melakukan perawatan tersebut, para pasien lebih disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu. Dengan berkonsultasi, dokter akan lebih memahami dan melakukan pengecekan fisik pada kulit wajah pasien. Untuk berkonsultasi lebih lanjut, kalian bisa menghubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

 

About Ridwan

2 thoughts on “Cara Efektif Mencegah Penuaan Dini pada Wajah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *