Bukan Cuma Untuk Gaya, Kondisi Ini Menunjukkan Kamu Memang Harus Menggunakan Kawat Gigi

Saat ini tren memang beragam macamnya, tidak terkecuali penggunaan kawat gigi yang digunakan banyak orang dalam rangka menunjang penampilannya. Tetapi kamu apakah kamu tau sebenarnya penggunaan kawat gigi tidak bisa digunakan sembarangan, terlebih lagi jika kondisi gigi kamu sudah bagus. Kawat gigi sendiri merupakan sarana yang biasanya digunakan dokter gigi untuk mengoreksi struktur gigi yang tidak rata atau rahang yang terlalu penuh. Meskipun pemasangan kawat gigi bertujuan untuk memperbaiki penampilan, tetapi sebenarnya pemasangan kawat gigi bermanfaat untuk kesehatan dengan tujuan memperbaiki fungsi mulut. Selain itu penggunaan kawat gigi dapat membuat kamu bisa lebih nyaman dengan penampilanmu, lebih percaya diri dalam melakukan segala aktivitas, dan pada akhirnya memiliki hidup yang lebih berkualitas.

Nah, untuk kamu yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan kawat gigi sebaiknya perhatikan beberapa hal diantaranya masalah gigi apa yang kamu miliki lalu jenis kawat gigi apa yang cocok dengan kondisi kamu. Bukan tanpa alasan hal ini harus menjadi perhatian, karena untuk mencapai hasil yang maksimal setiap permasalahan gigi setiap orang akan membutuhkan jenis kawat gigi yang juga berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan. Kawat gigi atau yang lebih sering disebut behel memiliki Batasan tersendiri usia berapa diperbolehkan menggunakan behel gigi. Usia yang diperbolehkan menggunakan kawat gigi adalah saat gigi yang tumbuh adalah gigi permanen. Ada baiknya pemeriksaan gigi sudah dilakukan sejak usia dini guna mendeteksi apakah nantinya akan mengalami masalah susunan gigi atau tidak.

Untuk kamu yang memiliki kasus gigi yang tergolong ringan kamu bisa menggunakan kawat gigi model lepasan. Behel lepasan atau yang dalam istilah kedokteran gigi lebih dikenal dengan retainer adalah sebuah alat ortodonti yang dapat dilepas dan dipasang sendiri oleh pasien. Retainer dapat berupa kawat yang terdapat lapisan akrilik untuk menyambungkan kawat-kawat tersebut. Retainer juga dapat berupa lapisan plastik transparan yang bentuknya sudah sesuai dengan posisi gigi geligi.

Behel yang sering digunakan oleh dokter ortodonti biasanya jenis behel metal. Behel ini biasanya dikombinasikan dengan karet elastis berbagai warna sehingga terlihat lebih menarik dan dapat menunjang penampilan. Harganya yang masih terjangkau dan dapat digunakan untuk berbagai kasus menjadikan behel jenis ini menjadi andalan dokter ortodonti dalam penggunaannya. Dalam menggunakan behel ini kamu harus melakukan control yang rutin untuk mengganti karet. Hal ini dikarenakan seiring berjalannya waktu karet akan kehilangan daya elastisnya dan tekanan ke gigi akan berkurang.

Bagi kamu yang tidak ingin terlihat sedang menggunakan behel gigi, behel dengan jenis transparan bisa menjadi alternatif. Kelebihan behel jenis ini adalah warnanya yang menyerupai gigi sehingga akan terlihat kebih samar jika kamu sedang menggunakan behel gigi. Behel ini tetap menggunakan karet dan juga kawat lengkung yang warnanya juga disesuaikan agar tetap terlihat samar. Akan tetapi kekuatan behel jenis ini tidak efektif jika digunakan pada kasus-kasus yang berat karena kekuatan yang dimiliki tidak sekuat ketika menggunakan behen metal.

Sebenarnya apapun pilihan jenis behel yang akan kamu gunakan, kamu bisa sesuaikan dengan kondisi gigi dan juga tentunya dana yang kamu miliki. Pada tahapan awal pemasangan mungkin kamu akan merasakan efek samping seperti rasa nyeri yang luar biasa, sariawan, namun hal tersebut hanya berlaku untuk sementara waktu. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri dan memberikan informasi bagaimana cara membersihkan gigi yang baik dan benar.

Dan jangan pernah sekali-kali kamu terpikirkan untuk memasang behel gigi di tukang gigi bukan di dokter ortodonti, karena tukang gigi tidak memiliki sertifikat yang jelas sebagai tenaga ahli yang dapat menangani kasus kamu. Meskipun dokter ortodonti lebih mahal dibandingkan dengan tukang gigi, keamanan yang kamu miliki dan risiko yang akan kamu hadapi ke depannya tentu tidak sebesar jika kamu memasang behel di tukang gigi.

Di Beautylogica Clinic tersedia dokter ortodonti yang sudah bersertifikat dan memiliki pengalaman untuk mengatasi semua masalah gigi kamu. Kamu bisa langsung datang ke klinik terdekat atau bisa menghubungi hotline untuk reservasi di nomor 0819-0500-0000. Kamu juga bisa kunjungi Instagram Beautylogica Clinic di @beautylogica.clinic atau websitenya di www.beautylogicaclinic.com

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *